Pentingnya Menggunakan Media Promosi Online untuk Bisnis

Penerapan media promosi online kini dianggap sangat efektif dalam membantu meningkatkan penjualan hingga brand awareness dari sebuah produk atau jasa. Tak heran rasanya bila kini banyak pelaku bisnis yang mulai menerapkannya dalam mengembangkan usaha mereka. Akan tetapi, kebanyakan di antaranya mengalami kegagalan karena mereka tak mengerti cara pemakaian dan konsep penargetan dalam promosi online.

promosi online

Kegiatan promosi memang bukan lagi menjadi hal yang baru di dunia bisnis. Hal tersebut dikarenakan promosi mampu memperkenalkan produk kepada khalayak umum sehingga tercipta brand awareness serta lead yang dapat digiring ke closing. Saat ini memperkenalkan produk atau jasa di media online tentu sangat efektif. Oleh sebabnya para pelaku bisnis harus paham betul tentang pentingnya melakukan promosi secara online untuk mengembangkan usaha mereka.

Mengapa Media Promosi Online Penting?

Seiring berjalannya waktu, jumlah pengguna internet tentu saja sudah semakin meningkat. Oleh sebab itu peluang promosi di media online pun kini semakin meningkat. Bahkan saat ini seseorang lebih menyukai survei yang dilakukan secara online dibandingkan langsung secara offline. Maka dari itu, simak beberapa alasan memilih promosi online di bawah ini:

  • Jangkauan promosi menjadi lebih luas
  • Pemilihan target konsumen mudah untuk dilakukan
  • Membangun brand image secara maksimal
  • Dapat dijadikan sebagai media untuk menjalin komunikasi antara konsumen dengan penjual secara efektif.

Yang Harus Disiapkan dalam Melakukan promosi Online

Untuk bisa melakukan promosi online berbayar di internet, setidaknya Anda wajib memiliki sebuah situs web terlebih dahulu. Situs web disini dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sedangkan layanan periklanan tersebut nantinya hanya akan menampilkan deskripsi singkat untuk dialihkan ke situs web Anda.

Baca juga:  Apa itu Monetisasi TikTok dan Bagaimana Caranya?

Beberapa kategori situs web di antaranya adalah:

  1. Toko online
  2. Company profile
  3. Pribadi

Lantas, bagaimana caranya untuk membuat website yang baik? Tak perlu khawatir karena kini sudah banyak jasa pembuatan situs web yang bisa Anda manfaatkan. Dengan demikian kegiatan promosi online pun semakin mudah dilakukan oleh para pelaku bisnis masa kini.

Media Promosi Online Paling Efektif

Berikut ini adalah 4 jenis media promosi online yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis dalam menawarkan produk atau jasa mereka.

Google Ads

Google ads sendiri merupakan salah satu jasa periklanan yang dikelola oleh Google. Mengingat bahwa Googel telah lama menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia online maka banyak para pelaku bisnis yang menggunakannya untuk memasang iklan terkait produk atau jasa yang mereka miliki.

Salah satu keunggulan dari Google Ads adalah bisa menargetkan pasar sesuai dengan keinginan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset keyword atau kata kunci pada layanan Google Ads. Menarik sekali bukan?

Instagram Ads

Media promosi online yang kedua adalah Instagram Ads. Jenis layanan iklan ini adalah layanan periklanan berbayar dari platform Instagram. Beberapa keunggulannya adalah mampu meningkatkan brand awareness secara cepat pada platform media sosial yang populer satu ini. Bahkan hampir semua pengguna Instagram bisa mendapatkan iklan ketika mereka scroll timeline. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pengenalan brand bisnis dan mampu menarik daya beli calon konsumen.

Marketplace Ads

Selanjutnya ada marketplace ads. Ya, layanan ini digunakan untuk meletakkan produk atau jasa yang Anda tawarkan di halaman pertama pada suatu marketplace. Cara kerjanya juga hampir sama dengan layanan iklan Ads lainnya, yakni ketika calon konsumen mengetik kata kunci dari suatu produk, maka produk yang Anda tawarkan pun bisa berada di halaman teratas dan menjadi nomor satu.

Baca juga:  3 Cara Jitu Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Berapa kelebihan menggunakan marketplace ads di antaranya adalah menawarkan biaya yang murah, bisa disesuaikan dengan kata kunci dari target, dan juga tidak memerlukan sebuah situs web untuk melakukan kegiatan promosi.

Facebook Ads

Walaupun platform Facebook kini sudah mulai banyak ditinggalkan oleh para pengguna internet, namun Anda tetap bisa menggunakannya untuk meningkatkan periklanan pada platform tersebut. sebab semakin banyak jenis platform media sosial yang digunakan maka akan semakin banyak pula keuntungan traffic yang akan didapatkan.

Baca juga : 6 Cara Beriklan Di Facebook Ads Secara Profesional Dengan Mudah

Syarat untuk memakai Facebook Ads adalah Anda harus memiliki sebuah situs web. Kelebihannya juga hampir sama dengan jenis Ads lainnya, yakni bisa memilih keyword atau kata kunci, harganya bisa disesuaikan, dan jenis promosi yang murah.

Nah, itulah informasi menarik seputar media promosi online yang perlu Anda ketahui. Di era digital seperti ini, kegiatan promosi tentunya sudah semakin mudah dan murah untuk dilakukan. Hal ini tentu saja dapat memberikan banyak menguntungkan para pelaku bisnis, terutama dalam memasarkan produknya. Akan tetapi, pastikan Anda melakukan kegiatan promosi online dengan baik dan benar agar bisa meningkatkan penjualan dan brand awareness secara efektif.

 

Tags: manfaat media promosi online media promosi online pentingnya media promosi online

Tinggalkan pesan "Pentingnya Menggunakan Media Promosi Online untuk Bisnis"