Pentingkah Asuransi Kendaraan Ojek Online Bagi Driver?

Asuransi kendaraan ojek online – Saat ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan ojek online. Dengan menggunakan ojek online kini melakukan mobilisasi sangat mudah dan bisa dilakukan dengan simpel tanpa harus mendatangi pangkalan ojek terlebih dahulu. Sayangnya dari beberapa kasus yang terlihat di televisi, banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada driver ojek online tersebut. Kecelakaan tersebut ada yang mengakibatkan cacat permanen, kehilangan nyawa dan rusaknya kendaraan bermotor yang mereka miliki. Risiko kecelakaan ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, ditambah lagi hiruk pikuk di jalanan yang semakin ramai membuat driver rentan untuk mengalami kecelakaan tersebut.

Pertimbangan Asuransi Khusus Ojek Online

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang asuransi kendaraan ojek online. Saat kendaraan rusak driver tentunya akan mengalami kerugian finansial yang besar. Kendaraan ojek online yang dimaksud adalah roda dua maupun roda empat. Setelah mengajukan somasi kepada perusahaan akhirnya perusahaan ojek online memberikan perlindungan berupa asuransi. Tidak tanggung-tanggung asuransi yang diberikan adalah BPJS dan juga asuransi swasta. Kebijakan ini pun sejalan dengan regulasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor untuk kepentingan masyarakat yang diterbitkan mulai tanggal 11 Maret 2019 lalu.

Asuransi khusus ojek online

Asuransi khusus ojek online

Khusus ojek online yang sudah memiliki asuransi pribadi di perusahaan asuransi lainnya harus melapor karena awalnya kendaraan tersebut digunakan untuk keperluan pribadi. Karena digunakan untuk bekerja maka perjanjian awal perlu diubah yaitu dengan mengubahnya menjadi komersial. Hal ini digunakan untuk menghindari penolakan klaim karena perjanjian awalnya kendaraan atau mobil tersebut digunakan untuk pribadi. Polis dari kendaraan ojek online dan pribadi berbeda karena kendaraan yang digunakan untuk ojek online frekuensi penggunaannya meningkat dan risiko kerusakannya jauh lebih tinggi. Polis yang berbeda ini membuat besaran premi untuk kendaraan ojek online jauh lebih besar dibandingkan yang digunakan untuk kendaraan pribadi.

Pengajuan Asuransi Ojek Online

Meski sudah diberikan asuransi dari perusahaan ojek online, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan perlindungan dengan mengikuti asuransi pribadi. Asuransi ganda ini sangat penting karena kadang Uang Pertanggungan atau UP yang diberikan tidak sesuai sehingga dengan memiliki asuransi ganda diharapkan Uang Pertanggungan yang diberikan cukup dan mampu mengcover segala kerusakan yang ada. Berikut ini adalah beberapa tips pengajuan asuransi kendaraan ojek online yang penting untuk Anda lakukan:

  1. Melaporkan status kendaraan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melaporkan status kendaraan. Pemilik kendaraan harus melaporkan status kendaraan yang dimilikinya apakah untuk pribadi atau untuk komersial. Jika sebelumnya Anda sudah mendaftarkan dengan status kendaraan pribadi maka ubahlah dengan mengubah statusnya sebagai kendaraan komersial. Tidak hanya itu saja, jika Anda sudah mendaftarkan ke asuransi kendaraan pribadi maka Anda perlu memperbesar risiko yang dijamin oleh polis, kemudian Anda juga tidak dibolehkan berbohong. Banyak beberapa pemilik kendaraan yang tidak memberitahukan perubahan penggunaan kendaraan tersebut namun pihak asuransi bisa mengetahuinya. Hal itu dikarenakan asuransi bisa melakukan survei untuk mengetahui apakah konsumen berbohong atau tidak.

  1. Perubahan polis

Jika perubahan status Anda disetujui maka polis Anda akan berubah. Polis ini sangat penting karena menjadi bukti kepemilikan asuransi dan bermanfaat saat pengajuan klaim. Setelah itu Anda akan mendapatkan polis asuransi mobil yang menyatakan jika mobil tersebut digunakan untuk komersial.

Manfaat Asuransi Kendaraan Ojek Online

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika asuransi kendaraan ojek online yang Anda ikuti adalah asuransi ganda.  Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Melindungi dari efek kecelakaan

Manfaat yang sudah banyak diketahui adalah bisa melindungi kendaraan Anda dari kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Yang namanya kecelakaan ini tidak ada yang bisa memprediksi kapan akan terjadinya. Dengan asuransi ini Anda sebagai ojek online tidak perlu khawatir lagi saat berkendara dan saat mengojek.

  1. Mengcover kehilangan kendaraan

Manfaat yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah dengan asuransi kendaraan all risk adalah bisa mengganti kendaraan yang hilang jika Anda mengalami musibah seperti begal, pencurian, bahkan perampokan. Pihak asuransi akan memberikan jaminan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Banyak yang salah tafsir dengan manfaat yang diberikan satu ini sehingga ada baiknya Anda bertanya tentang manfaat satu ini terlebih dahulu kepada pihak asuransi agar Anda tidak menyesal kemudian hari dikarenakan kesalahpahaman tersebut.

  1. Meringankan beban pengeluaran

Manfaat yang terakhir adalah meringankan beban pengeluaran. Jika terjadi kerusakan mobil saat berkendara atau saat membawa penumpang, pihak asuransi akan menjamin mobil sehingga dana perbaikan dan perawatan yang awalnya harus dikeluarkan oleh Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Risiko dalam berkendara bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga pengemudi ojek online perlu bahkan wajib untuk bisa mengasuransikan mobilnya untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada penumpang demi meringankan bebannya saat bekerja dan berkendara. Oleh sebab itu bagi ojek online yang belum mengikuti asuransi kendaraan ojek online sebaiknya mulai mendaftarkan polis asuransi ini sekarang juga agar keamanan saat berkendara menjadi lebih terjamin.

Загрузка...

Tags: Asuransi kendaraan ojek online manfaat Asuransi kendaraan ojek online pengertian Asuransi kendaraan ojek online

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar