Mudah! Begini Cara Mendaftar Sebagai Agen BRILink

Cara mendaftar sebagai Agen BRILink – BRI tak hanya berekspansi dengan membangun kantor cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia saja, namun kini BRI memiliki program yang bekerjasama dengan nasabahnya, yaitu Agen BRILink. BRILink adalah perluasan layanan dari BRI, dimana terjadi kerjasama antara BRI dengan nasabah BRI sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat dan dilakukan secara real time online menggunakan fitur EDC atau Electronic Data Capture mini ATM BRI.

Program ini memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke bank, seperti setor tunai, transfer, pembayaran tagihan, hingga tarik tunai. Pembagian keuntungan Agen BRILink menggunakan konsep sharing fee, cukup menguntungkan bukan? Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung menjadi Agen BRILink, simak langkah pendaftarannya di bawah ini!

Sistem Kerja Agen BRILink

Sebelum masuk ke cara mendaftar sebagai Agen BRILink, ada baiknya Anda mengetahui dulu sistem kerja dari Agen BRILink. Misalnya saja si A perlu melakukan transfer kepada si B sejumlah Rp 1 juta. Namun, si A tidak memiliki rekening maupun kartu ATM. Alternatif yang dapat dilakukan oleh si A adalah pergi ke Agen BRILink terdekat. Melalui Agen BRILink, si A dapat melakukan transfer uang dengan mesin EDC atau Electronic Data Capture mini ATM BRI. Masing-masing Agen BRILink mematok biaya jasa per transaksi, misalnya saja Agen tersebut mematok Rp 5 ribu per transaksi maka si A harus membayar Rp 1.000.5000 kepada Agen BRILink.

Saat Agen BRILink telah memiliki suatu usaha yang memiliki banyak pelanggan tetap, maka akan jauh lebih mudah bagi agen tersebut untuk balik modal dan meraup keuntungan. Namun jika Agen BRILink belum memiliki banyak pelanggan, tak perlu berkecil hati karena agen tetap dapat mencari pelanggan dengan melakukan strategi marketing yang tepat.

Selain itu terdapat target transaksi yang harus dicapai oleh setiap Agen BRILink. Umumnya minimal target transaksi yang harus dicapai oleh setiap agen adalah 200 transaksi setiap bulannya, namun kebijakan tersebut dapat berbeda sesuai dengan peraturan yang ditetapkan masing-masing unit kerja daerah agen. Karena tak jarang ditemukan beberapa agen yang harus mencapai target sebanyak minimal 400 transaksi setiap bulannya. Apabila transaksi dibawah target yang telah ditentukan, maka pihak bank akan memberikan pinalti pada agen sebesar seribu rupiah untuk setiap transaksi yang tidak tercapai.

Layanan dan Fasilitas

Agen BRILink mendapatkan berbagai layanan dan fasilitas seperti T-Bank, Lakupandai dan Mini ATM BRI. Berikut penjelasan lengkapnya!

T-Bank

Adalah layanan keuangan berbasis digital dengan menggunakan server milik BRI. Agen hanya perlu mendaftar menggunakan nomor ponsel yang selanjutnya didaftarkan sebagai nomor rekening. Layanan yang tersedia untuk BRILink adalah setoran pinjaman, setoran tabungan, hingga tarik tunai.

Lakupandai

Adalah salah satu layanan bagi Agen BRILink dimana Agen dapat menyediakan berbagai layanan transaksi perbankan namun tidak melalui jaringan BRI. Layanan yang diberikan untuk fasilitas Lakupandai adalah fitur Cash In, Cash Out, Report, tarik tunai, setoran tunai, belanja di merchant pilihan, hingga melakukan pengisian pulsa.

Mini ATM BRI

Adalah layanan dari BRI untuk Agen BRILink dalam hal transaksi non tunai menggunakan mesin EDC mini ATM BRI. Fitur-fitur yang disediakan antara lain registrasi internet banking dan mobile banking, pembayaran tagihan, transfer uang, setor tunai, hingga isi ulang pulsa.

Modal Awal Menjadi Agen BRILink

Anda perlu mempersiapkan modal untuk menjadi Agen BRILink. Modal awal yang perlu Anda persiapkan untuk mendapatkan mesin EDC mini ATM BRI yang nantinya digunakan untuk bertransaksi adalah sebesar Rp 3 juta. Biaya tersebut juga termasuk biaya pendaftaran kerjasama. Tak hanya itu, sebagai agen Anda perlu mempersiapkan saldo yang cukup untuk keperluan transaksi, sehingga agen dapat memenuhi berbagai permintaan pelanggan. Misalnya saja agen mempersiapkan saldo awal RP 5 juta, maka total dana yang perlu dipersiapkan adalah sebesar Rp 8 juta.

Persyaratan dan Cara Mendaftar Agen BRILink

Pendaftaran untuk menjadi Agen BRILink dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu nasabah perorangan maupun badan usaha. Tak jauh berbeda dengan persyaratan membuka rekening pada umumnya, cara mendaftar Agen BRILink juga perlu mempersiapkan dokumen identitas diri dan juga mengisi formulir.

Pertama-tama Anda perlu mempersiapkan fotokopi dokumen identitas diri seperti KTP pemilik maupun pengurus dan juga NPWP bagi badan usaha pemilik. Bagi agen yang merupakan nasabah badan usaha maka perlu mempersiapkan dokumen legalitas usaha, yakni surat keterangan usaha dari RT maupun RW atau SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), akta pendirian, maupun surat izin usaha lain yang sah dan dapat dibuktikan kelegalitasannya.

Setelah itu siapkan rekening tabungan BRI maupun rekening koran beserta salinannya, apabila agen belum menjadi nasabah BRI maka perlu membuka rekening terlebih dahulu. Langkah terakhir, agen datang ke kantor cabang BRI terdekat guna meminta Formulir Pengajuan Agen BRILink Perjanjian Kerjasama BRILink.

Itulah cara mendaftar Agen BRILink bagi Anda yang tertarik untuk bergabung. Semoga informasi ini bermanfaat!

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara mendaftar sebagai Agen BRILink Cara mendaftar sebagai Agen BRILink Cara mendaftar sebagai Agen BRILink 2020

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar