Keuntungan Menjadi Blogger dan Kekurangannya

Kekurangan dan Keuntungan Menjadi Blogger – Di jaman now seperti ini, internet sudah menjadi kebutuhan. Bahkan ada yang sering galau bila tak punya kuota internet. Para generasi milenial ini lebih senang membaca, menonton, ataupun menulis di media sosial menggunakan internet. Kondisi inilah yang mendorong banyak orang yang tak hanya menggunakan internet ini untuk kesenangan semata tetapi juga mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan menjadi blogger yang menghasilkan uang.

Nah sebetulnya apa sih blogger itu? apa saja keuntungan menjadi blogger? Dan apabila memang menguntungkan, apa saja kekurangannya?

Nah pada kesempatan kali ini, CaraInvestasiBisnis.com akan mengulas mengenai mengenai kekurangan dan kelebihan menjadi seorang blogger sehingga nantinya Anda dapat mempertimbangkan hal tsb sebelum akhirnya memutuskan membuat blog dan tidak hanya sekedar ikut-ikutan teman.

Apa Sih Blogger Itu?

Blogger adalah seseorang yang membuat konten di blog. Konten ini dapat berupa tulisan, tulisan bergambar ataupun tulisan dengan ilustrasi video. Biasanya konten blog ini dibuat berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki oleh blogger tsb.

Untuk menjadi seorang blogger tentunya harus mengetahui cara membuat blog. Untuk membuat blog sendiri diperlukan domain, hosting, desain dan yang paling penting adalah konten itu sendiri. Konten yang disajikan harus menarik dan menjawab pertanyaan pembaca.

Untuk blogger pemula, Anda dapat memanfaatkan domain ataupun hosting gratisan yang disediakan oleh blogger.com ataupun wordpress.com.

Namun bila Anda memutuskan ingin menjadi blogger profesional, sebaiknya gunakan domain berbayar berupa TLD (top level domain seperti .com, .id, .co.id, .net, .info dll) dan hosting berbayar pula. Penggunaan domain berbayar akan meningkatkan kepercayaan dari para pengunjung / pembaca.

keuntungan menjadi blogger

keuntungan menjadi blogger profesional

Apa Saja Keuntungan Menjadi Blogger?

Penghasilan blogger ternama mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Itu sah-sah saja asalkan hal tsb dijadikan motivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Perlu Anda ketahui, menjadi blogger yang menghasilkan uang yang menggiurkan itu tak hanya diperoleh dengan cara instan, namun diperlukan suatu proses yang panjang. Apalagi sekarang semakin banyak blogger yang muncul dan itu artinya kompetisi pun semakin ketat. Anda pun perlu mengetahui cara menjadi blogger sukses tsb dan ingat selalu untuk menggunakan etika dalam berkarya. Jadi tidak hanya copy paste namun dapat memperbaiki dan menambahkan sesuatu sehingga nantinya ada add value atau nilai tambah di mata pembaca.

Oke langsung saja berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi seorang blogger yaitu:

Menyalurkan Hobi

Melakukan hobi dapat memberikan kesenangan tersendiri dan bahkan dapat meredam stress. Nah bila Anda hobi menulis, kenapa tidak menjadi blogger saja? Dengan menjadi blogger, Anda dapat menulis apa pun yang dirasa menarik. Walaupun Anda bebas menulis apapun, namun ingat bila blog tsb ditujukan untuk konsumsi publik, pastikan untuk menulis sesuatu yang berisi konten positif, tidak menyinggung SARA ataupun melanggar hukum ya!

Anda yang senang memancing dapat menulis blog tentang memancing, Anda yang senang tampil cantik dan pandai merawat kecantikan dapat menjadi beauty blogger, Anda yang senang memasak ataupun berwisata kuliner dapat menjadi food blogger, dll.

Dengan blog, tulisan Anda berpotensi dibaca oleh puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan pembaca di seluruh dunia.

Meningkatkan Kemampuan dan Wawasan

Untuk menjadi blogger profesional yang sukses dan terkenal dituntut dapat menyajikan konten yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan para pembaca. Tulisan yang menarik dan isi tulisan yang jelas dan lugas akan lebih disukai pembaca. Ini sebetulnya kaidah SEO (search engine optimization) yang paling utama sehingga nantinya tak hanya ramah pembaca namun juga ramah mesin pencari.

Oleh karena itu, para blogger mau tak mau harus rajin membaca untuk mendapatkan sumber referensi / rujukan, sehingga nantinya tulisan yang disajikan pun lebih ‘kaya’, berbobot dan terpercaya. Selain itu para blogger pun dituntut untuk dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga dapat dimengerti dengan mudah oleh para pembaca. Dengan latihan yang terus berulang, para blogger pun jadi terbiasa membuat tulisan yang menarik namun mudah dipahami. Bukankah pepatah bilang, alah BISA karena BIASA?

Nah inilah salah satu keuntungan menjadi blogger adalah memiliki wawasan yang luas karena selalu update informasi dan melatih kemampuan menulis yang sistematis namun jelas.

Menjadi Terkenal dan Memiliki Fans Setia

Bila Anda senang sekali menjadi orang terkenal, maka ini adalah salah satu keuntungan menjadi blogger yang dapat Anda raih. Dengan terus menyajikan konten yang bermanfaat secara konsisten, lambat laun nama Anda akan dikenal. Tak hanya di kalangan blogger namun juga di kalangan masyarakat umum.

Anda kenal Raditya Dika? Beliau adalah seorang blogger terkenal yang memiliki banyak fans. Nah Anda pun dapat seperti beliau asalkan Anda menggunakan nama Anda dan terus membagikan konten yang bermanfaat. Bila blog Anda terkenal dan Anda pun terkenal, akan lebih mudah lagi bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan. Betul tidak?

Melatih Kesabaran

Sudah saya singgung di atas sedikit, bahwa menjadi blogger yang sukses itu diperlukan proses yang panjang. Banyak orang yang tujuannya mendapatkan penghasilan dari blog secara cepat akhirnya kandas di tengah jalan. Cara membuat blog dengan tujuan seperti ini tidaklah salah, namun Anda harus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mendapatkan pengunjung yang banyak terlebih dahulu. Dengan banyaknya pengunjung / trafik blog maka penghasilan blogger pun akan mengiringi.

Ada blogger yang memerlukan waktu 1 tahun untuk mendapatkan trafik ribuan, namun ada juga yang memerlukan waktu bertahun-tahun hingga benar-benar sukses. Saya pribadi memerlukan waktu hampir 2 tahun untuk mendapatkan ribuan pengunjung di CaraInvestasiBisnis.com. Lama? relatif ya tergantung usaha dan kesabaran 🙂

Memberikan Kepuasan Batin

Anda tentunya akan senang bila hasil karya Anda dihargai dan bermanfaat untuk orang lain. Nah salah satu keuntungan menjadi blogger adalah mendapatkan kepuasan batin bila tulisannya tsb ternyata disenangi orang lain. Apa lagi bila Anda memasang statistik situs dan melihat berapa banyak pengunjung blog Anda, rasanya rasa lelah dalam membuat tulisan pun terbayarkan 🙂

Mendapatkan Uang dari Blog

Nah inilah keuntungan menjadi blogger yang paling disukai. Siapa yang tak suka uang? Saya pribadi pun menyukainya :).

Sebuah blog dengan trafik pengunjung bejibun akan memiliki potensi penghasilan yang bejibun pula. Penghasilan blogger ini didapat dari iklan yang ditayangkan baik berupa iklan mandiri ataupun iklan hasil kerja sama dengan perusahan periklanan, seperti Google Adsense ataupun perusahaan lainnya.

Iklan mandiri adalah jenis iklan dari perusahaan yang melakukan kerjasama dengan blog Anda secara langsung. Besaran penghasilan iklan mandiri ini biasanya dipatok per bulan dengan harga sesuai kesepakatan. Trafik yang banyak biasanya akan menaikkan tawaran harga iklan tsb.

Ikan hasil kerja sama dengan perusahan periklanan seperti Google Adsense mengharuskan Anda mendaftarkan dulu sebagai mitranya. Tak semua mitra dapat disetujui, hanya mitra yang mematuhi kebijakan Google saja yang dapat disetujui. Penghasilan blogger ini biasaya dibayarkan setiap bulan tergantung banyaknya iklan yang diklik oleh pembaca.

Nah itulah beberapa manfaat dan kelebihan menjadi blogger. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger profesional? Namun sebelum memutuskan, coba kenali dulu apa saja kekurangan menjadi seorang blogger.

Apa Saja Kekurangan Menjadi Blogger?

Selain mengetahui beberapa keuntungan menjadi blogger yang utama, Anda pun sebaiknya mengetahui kelemahan menjadi seorang blogger.

Tidak Percaya Diri Saat Menyebutkan Pekerjaan

Menjadi blogger memang bukan jenis profesi yang “umum” di kalangan masyarakat. Sehingga menyebutkan pekerjaan ini pun agak membuat tidak percaya diri. Apalagi bila Anda seorang pria yang hendak melamar wanita dan ditanyakan pekerjaannya oleh calon mertua Anda hehehe.

Tidak Memiliki Slip Gaji Sehingga Tidak Dapat KPR Rumah

Salah satu syarat mengajukan KPR rumah adalah memiliki slip gaji bagi karyawan ataupun memiliki SIUP bila memiliki usaha sendiri. Nah kekurangan blogger ini adalah tak memiliki keduanya karena blogger merupakan jenis pekerjaan yang kurang umum saat ini. Jadi bagi Anda yang full time blogger, cobalah menabung saja dan tak perlu mengajukan KPR, insya Allah bila penghasilan Anda besar, dalam beberapa tahun saja sudah dapat membeli rumah secara cash. Dan itu artinya, Anda pun tak dapat melakukan pinjaman pada bank.

Kurang Gaul

Banyak blogger yang menghabiskan waktunya di kamar. Walaupun salah satu keuntungan blogger adalah terkenal dan mendapatkan fans namun itu hanya di dunia maya. Sementara di dunia nyata, blogger seringkali kurang gaul sama tetangga. Untuk itu, para blogger jangan cuma berdiam di kamar saja, namun perbanyak interaksi dengan dunia luar, justru itu akan menambah wawasan Anda secara langsung. Hal-hal yang terjadi di sekitar rumah Anda dapat dijadikan bahan inspirasi untuk membuat konten blog yang lebih bermanfaat.

Gangguan Kesehatan

Kebiasaan para blogger yang terus-terusan bekerja di depan komputer juga kurang baik untuk kesehatannya. Selain gangguan pada mata, penyakit yang seringkali dialami adalah sakit pinggang dan punggung. Untuk mengatasinya, cobalah istirahat tiap 1 jam sekali, lakukan olahraga perenggangan, jangan lupa perbanyak minum air putih dan konsumsi buah dan sayur.

Nah itulah ulasan mengenai kekurangan dan keuntungan menjadi blogger. Bagaimana menurut Anda? Apa masih tertarik menjadi blogger?

Tags: kekurangan blogger keuntungan blogger penghasilan blogger

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Keuntungan Menjadi Blogger dan Kekurangannya"

5 Tips Memilih Tema Website WordPress Yang Tepat
Dalam membuat website ada beberapa pilihan platform
Ssst Ini Loh Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog!
Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog -

Tinggalkan pesan "Keuntungan Menjadi Blogger dan Kekurangannya"