7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah untuk Investasi

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah – Tanah saat ini menjadi salah satu properti atau aset yang menguntungkan. Harga tanah yang selalu naik setiap waktunya membuat siapa pun menjadi tertarik dengan investasi tanah tersebut. Meski begitu tidak boleh membeli tanah secara sembarangan terutama yang akan dijadikan untuk investasi. Alasannya tidak semua tanah cocok untuk dijadikan investasi. Jangan sampai akibat salah dalam membeli tanah justru investasi yang diidam-idamkan selama ini harus berjalan tidak sesuai dengan semestinya. Sikap cermat dan teliti dalam membeli tanah sangat diperlukan saat ini supaya tujuan dalam investasi tersebut bisa tercapai. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum membeli tanah yang wajib untuk Anda ketahui:

Letak Tanah

Letak Tanah

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah pertama adalah Anda harus mengetahui letak tanah tersebut. Apakah tanah tersebut strategis atau tidak. Semakin strategis letak tanah tersebut maka semakin mahal harganya karena bisa naik seiring berkembangnya waktu.  Hal itu dikarenakan tanah yang lokasinya strategis akan mudah dijangkau. Berbeda jika lokasinya tidak strategis yang mana membuat lokasi menjadi sulit dijangkau.

Letak tanah ini menjadi poin utama yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin berinvestasi. Letak ini tidak akan terlalu bermasalah jika tujuan membeli tanah untuk ditempati sendiri, sebab tanah yang belum banyak bangunan pun dipastikan akan penuh beberapa puluh tahun mendatang. Namun beda cerita jika tanah tersebut digunakan sebagai investasi, dimana nilai jual dan beli dari letak tanah tersebut harus dipertimbangkan dengan matang.

Ukuran Tanah

Selain letak tanah tersebut, yang penting diketahui selanjutnya adalah ukuran tanah tersebut. Ukuran tanah yang sempit tidak akan ideal karena terbatasnya fungsi dari tanah tersebut. Sebagai contohnya seperti ini, Anda memiliki tanah incaran dengan lokasi strategis, namun ukuran tanahnya tidak lebar atau luas. Sebaiknya Anda mengurungkannya. Sebab tanah dengan ukuran yang kurang luas kurang diminati oleh calon pembeli. Alasannya saat ini banyak orang yang menginginkan rumah dengan lokasi strategis namun dengan ukuran yang lebar sehingga nantinya bisa dibangun menjadi rumah elite yang besar. Ukuran tanah yang kecil hanya akan menjadi rumah minimalis yang tidak cocok di lokasi yang strategis.

Hadap Tanah

Entah dipercaya atau tidak, masih ada yang masih percaya dengan hadap tanah yang dipercaya akan membawa keberuntungan dimana erat kaitannya dengan feng shui. Tanah yang menghadap ke arah tertentu dipercaya lebih membawa hoki atau keberuntungan dibandingkan dengan ke arah lainnya. Hadap tanah yang banyak dicari oleh masyarakat adalah utara ke selatan, selain itu masyarakat juga menyukai tanah yang menghadap ke arah timur. Alasannya supaya ketika didirikan bangunan seperti rumah dan lain sebagainya bisa selalu mendapatkan sinar matahari. Bangunan yang mendapatkan sinar matahari lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan sinar matahari sama sekali.

Keamanan

Kemananan tanah

Selain lokasi dan ukuran, harga dari tanah yang akan dijadikan investasi tanah bisa menurun nilainya jika keamanan di lokasi tersebut tidak terjamin. Sebelum memutuskan untuk membeli tanah untuk investasi pastikan jika keamanan di lingkungan sekitar tanah tersebut terjamin. Lingkungan di sekitar tanah yang tidak aman membuat orang yang akan membelinya menjadi cemas dan khawatir jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lingkungan tanah yang akan dibeli.

Tingkat Kepadatan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah adalah tingkat kepadatan yang dimiliki oleh tanah tersebut. Harga sawah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pekarangan. Mengapa hal itu bisa terjadi?, alasannya tanah sawah gembur dan tidak terlalu padat sehingga diperlukan pengurukan jika ingin menjadikannya sebagai pekarangan. Biaya pengurukan tersebut tidak sedikit, selain itu akan ada perubahan pada sertifikat. Oleh sebab itu tentukan tujuan awal terlebih dahulu apakah ingin membeli pekarang atau sawah sebab jika berubah pikiran, prosesnya menjadi lebih rumit dan biaya yang dikeluarkan semakin besar.

Bentuk Tanah

Bentuk Tanah hunian

Bentuk Tanah hunian

Bentuk tanah ini bisa Anda dapatkan jika sudah mendapatkan ukurannya dengan pasti. Saat ini ukuran tanah yang ideal untuk dijadikan investasi adalah yang memiliki bentuk persegi maupun persegi panjang dan lebar pada muka tidak terlalu sempit. Jika lebar muka tanah tersebut sempit hanya cocok dijadikan sebagai gudang.  Dengan memiliki tanah persegi atau persegi panjang dan lebar muka tanah luas bisa menjadi dambaan bagi setiap orang dikarenakan multi fungsi dimana bisa dijadikan berbagai macam bangunan, sehingga jika dijadikan investasi akan banyak yang menginginkannya.

Legalitas

Syarat terakhir yang harus diperhatikan adalah legalitasnya. Untuk memudahkan proses perpindahan kepemilikan Anda harus membeli tanah yang sida dilengkapi dengan sertifikat. Jika baru letter C proses yang akan Anda lalui untuk perpindahan sertifikat tersebut membutuhkan proses yang lama. Semakin lama prosesnya maka biaya dan waktu yang harus  dikeluarkan juga semakin banyak.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah untuk Investasi -hal hal yang harus di perhatikan sebelum membeli tanah -hal hal yang perlu di tanyakan saat membeli sawah -tips dan trik membeli tanah sawah untuk aset -

Tags: apa saja Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Tanah Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Tanah Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Tanah terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah untuk Investasi"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan