Cara Mempromosikan Fanpage Facebook

Cara mempromosikan fanpage Facebook – Facebook dengan jutaan pengguna saat ini menjadi platform untuk menjalankan promosi yang terbilang efektif. Bagaimana tidak, hanya dengan membayar beberapa rupiah saja, maka konten yang disajikan pengguna bisa tersebar sesuai dengan target yang sudah ditentukan tanpa harus capek-capek turun dan menemui pelanggan langsung.

Sifatnya yang mudah, murah, dan ringkas menjadi nilai utama cara promosi yang satu ini menjadi primadona. Facebook Ads, itulah fitur yang khusus disediakan Facebook untuk mewadahi kebutuhan iklan anda. Lalu bagaimana cara mempromosikan fanpage Facebook lewat Facebook Ads?

Buat Postingan Promosi

facebook fanpage

facebook fanpage

Langkah pertama untuk mempromosikan fanpage adalah dengan mengisi fanpage tersebut dengan semua informasi terkait detail produk yang akan dipasarkan. Anda bisa memberikan konten yang menarik dan tidak membosankan supaya pelanggan betah berlama-lama di fanpage tersebut.

Jangan lupa untuk melengkapi postingan tersebut dengan gambar-gambar yang mendukung nilai barang yang dijual. Sertakan pula daftar harga dan fitur-fitur yang bisa didapatkan pembeli seperti gratis ongkir, diskon, dan lain-lain. Setelah dirasa cukup, maka tinggal menerbitkan iklan di halaman dengan memilih tombol publish.

Masuk ke Business Manager dan Mengisi Saldo Pembayaran

Facebook memiliki halaman khusus yang diperuntukkan sebagai tempat mengatur halaman promosi yang akan di edarkan. Anda bisa langsung masuk ke halaman https://business.facebook.come/home untuk mulai mengakses halaman tersebut.

facebook Business manager

Saat sudah masuk ke halaman bisnis manajer, silahkan pilih menu yang berada di pojok halaman bergambar garis tiga. Klik menu setting untuk masuk ke halaman pengaturan. Selanjutnya, anda akan melihat banyak pilihan pengaturan pada sisi atas halaman. Pilih menu pembayaran atau payment untuk memilih metode pembayaran apa yang akan anda gunakan.

Nah, untuk mulai memasukkan saldo ke akun anda, maka tinggal mengklik pilihan tambahkan metode pembayaran di bagian tengah halaman. Anda bisa memilih untuk membayar melalui kartu kredit maupun transfer ATM secara langsung.

Jika menggunakan kartu kredit, maka anda akan melihat kolom baru yang harus diisi mengenai detail informasi kartu kredit yang anda gunakan. Sedangkan jika menggunakan ATM, maka Facebook akan menampilkan langkah demi langkah cara transfer lewat ATM tersebut. Sesuaikan saldo yang akan anda isi dengan kebutuhan iklan seperti lama tayang, jumlah pengguna yang ditargetkan, jangkauan wilayah, dan lain-lain.

Membuat Promosi di Facebook

  • Masuk ke halaman Business Manager dengan mengunjungi halaman https://business.facebook.com/home/.
  • Klik tombol menu bergambar garis tiga di pojok kiri atas layar.
  • Setelah muncul berbagai macam fitur promosi, pilih menu Power Editor
  • Klik pilihan Create Campaign.
  • Isi kolom yang muncul untuk membuat promosi. Campaign Name adalah nama dari iklan yang akan anda tampilkan. Sebagai contoh, jika anda mengiklankan sepatu, maka cukup beri nama Shoes. Campaign Objective bisa anda isi dengan awalan PPE karena jenis promosi yang anda tampilkan adalah untuk menarik pengguna Facebook lain. PPE merupakan kepanjangan dari Post Engagement. Jadi anda bisa menuliskan PPE-Shoes. Untuk Adset Name, cukup ketikkan Shoes-Adset dan Shoes-Ads pada kolom Ad Name.
  • Klik Save to Draft
  • Anda akan melihat iklan atau campaign yang baru saja dibuat pada tabel yang sudah disediakan tadi. Selanjutnya adalah dengan mengklik campaign tersebut dan mengatur Adset nya.
  • Atur aset untuk membuat detail target pengguna yang akan dijangkau oleh iklan anda
  • Isi kolom Adset yang muncul. Mulai dari Daily Budget untuk menentukan biaya yang dikeluarkan setiap harinya untuk promosi, Schedule Start untuk menjalankan iklan mulai tanggal berapa, dan Schedule End untuk menentukan akhir masa promosi iklan.
  • Lanjutkan mengatur Adset dengan mengatur target pengguna yang dituju. Tentukan lokasi pengguna dengan mengisi kolom Location. Tentukan juga kira-kira berapa rata-rata umur pengguna yang ditargetkan. Anda juga bisa menentukan sasaran promosi dari jenis gendernya, laki-laki atau perempuan, atau keduanya. Pada kolom terakhir, ada menu Detailed Targetting yang juga penting untuk digunakan. Kolom ini bisa anda isi dengan daftar ketertarikan dan minat dari pengguna yang anda targetkan. Misalnya jika anda berjualan sepatu, maka anda bisa memasukkan kata Fashion pada kolom tersebut.
  • Masih pada menu Adset, masuk ke pilihan Placement.
  • Atur penempatan di mana promosi bakal tayang. Anda bisa memilih Automatic Placement untuk membiarkan Facebook mengatur penempatan promosi anda. Atau anda juga bisa mengatur sendiri di mana iklan anda akan tayang dengan memilih opsi Edit Placement. Jadi anda bisa mengatur apakah iklan hanya muncul di Facebook saja atau di Facebbok dan Instagram.
  • Tutup pengaturan Adset
  • Klik lagi campaign atau iklan yang akan di promosikan.
  • Pilih di antara mempromosikan halaman atau hanya mempromosikan satu saja postingan di halaman anda.
  • Setelah itu klik tombol Confirm untuk melihat preview iklan yang akan ditayangkan.
  • Status iklan akan berubah menjadi Delivery yang berarti iklan sudah dikirimkan ke pihak Facebook.
  • Setelah itu, status iklan akan menjadi Pending Review yang berarti pihak Facebook sedang menganalisis iklan anda.
  • Tunggu hingga berubah menjadi Active.
  • Iklan anda sudah diterbitkan.

Demikianlah cara mempromosikan fanpage Facebook menggunakan Facebook Ads. Tingkat keberhasilan promosi akhirnya kembali lagi kepada konten yang anda iklankan.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana cara mempromosikan fanpage Facebook cara mempromosikan fanpage Facebook cara mempromosikan fanpage Facebook dengan benar

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Mempromosikan Fanpage Facebook"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan