Pengertian dan Cara Membangun Bisnis Online

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja secara online saat ini, banyak para pelaku bisnis mencari tahu tentang bagaimana cara membangun bisnis online. Mengapa yang dicari adalah yang gratis? Tentu saja untuk melihat bagaimana respons pasar terlebih dahulu tanpa mengeluarkan banyak biaya tentang adanya toko online yang mereka buat. Selain itu, alasan meminimalisir modal juga menjadi pertimbangan selanjutnya.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak yang menyediakan domain dan hosting murah yang menawarkan paket yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Namun terkadang karena kurangnya informasi mengenai apa itu bisnis online dan bagaimana cara kerjanya, maka para pelaku bisnis lebih banyak mencari jasa domain dan hosting yang gratis terlebih dahulu sebagai perkenalan.

Sebagai model pemasaran yang sedang hits, memiliki toko online sendiri tentu menjadi impian bagi semua pelaku usaha. Maka ada baiknya sebelum mengetahui bagaimana cara membangun bisnis online, agar tahu seluk beluk dari bisnis online itu sendiri.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis dengan cara pemasaran produk memanfaatkan jaringan internet. Produk hasil keluaran sebuah usaha tidak lagi dijual secara konvensional dengan bertemu langsung dengan para calon pembeli. Sebaliknya, penjual akan menjajakan produknya secara online dengan menyertakan berbagai spesifikasi dan gambar dari barang yang dijual tersebut. pembeli akan melihat barang yang ditawarkan dan melakukan kontak dengan penjual untuk memastikan barang yang di jual tersebut. Semua komunikasi yang terjalin juga terjadi secara online.

Jika pembeli sudah menyetujui untuk membeli produk yang ditawarkan, maka selanjutnya adalah tahapan melakukan pembayaran yang biasanya disebut payment gateway. Ada banyak cara transfer pembayaran yang berlaku saat ini. Umumnya, penjual akan meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah harga barang yang dijual disertai berapa biaya tambahan seperti biaya pengiriman dan lain-lain. Tentu saja, penjual hanya perlu mengirimkan barang melalui jasa pengiriman yang sekarang juga sudah mendukung adanya bisnis online tersebut.

Lalu mengapa harus memiliki lini bisnis penjualan online?

Pentingnya Bisnis Online

Mungkin banyak yang bertanya, seberapa pentingnya untuk mempunyai bisnis online sendiri. Jawabannya tentu sangat penting. Bisnis online merupakan salah satu strategi pemasaran paling efektif saat ini. Bagaimana tidak, dengan modal yang terbilang sangat sedikit, penjual sudah bisa menjangkau pasar yang luas, bahkan bisa dibilang tidak terbatas. Selain itu, peluang untuk gagal dalam menjalankan strategi bisnis online juga tergolong minim.

Dengan latar belakang yang mengilhami pertumbuhan bisnis online, gaya hidup masyarakat modern turut mendukung strategi satu ini. Kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli akan sama-sama dipermudah saat melakukan transaksi secara online. Gaya hidup seperti inilah yang dicari masyarakat sekarang, cepat tanpa ribet. Maka sebaiknya pengusaha juga menyesuaikan dengan membuat layanan online untuk jajaran produknya.

Nah, dari poin ini, sepertinya pertanyaan tentang bagaikan cara membangun bisnis online semakin jelas. Tapi sebelum itu, perlu diketahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mulai membangun bisnis online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Persiapan Membangun Bisnis Online

  1. Perencanaan

Langkah pertama dalam persiapan membangun bisnis online adalah dengan melakukan perencanaan tentang produk apa saja yang akan dipasarkan, pangsa pasar yang ditargetkan, dan platform apa saja yang akan digunakan. Tentu saja selain membuat web toko online sendiri, penjual jua bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang tersedia. Yang perlu diperhatikan adalah apakah media sosial yang digunakan benar-benar bisa menyasar segmentasi pasar yang dibutuhkan atau tidak.

  1. Gunakan Website Official

Meskipun pemasaran bisa dilakukan dalam setiap lini media sosial yang ada, namun yang paling penting adalah adanya website official dari penjual yang menampung semua produk yang ditawarkan. Promosikan link website resmi yang sudah dibuat untuk mengarahkan pembaca ke website utama tersebut. Gunakan tampilan yang mudah dimengerti dan interaktif untuk memudahkan pembeli melakukan navigasi pada website official yang sudah dibuat.

Lalu bagaimana cara membangun bisnis online yang mudah, menarik, dan interaktif? Berikut adalah caranya.

Membuat Web Toko Online Gratis

Web Toko Online Gratis

  1. Tentukan tujuan membuat web online gratis. Langkah tersebut sangat penting karena nantinya penyedia layanan domain dan hosting akan menyesuaikan layanan yang diberikan dengan kebutuhan pembuat website. Biasanya layanan web memberikan 4 opsi pilihan berdasarkan tujuan pembuatan website, yaitu untuk log, toko online, portofolio pribadi, dan portofolio perusahaan.
  2. Langkah selanjutnya dalam cara membangun bisnis online dalam hal ini adalah toko online adalah memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan penjual. Jika berbicara mengenai layanan berbayar, tentu saja ada banyak sekali pilihan. Namun saat membicarakan website gratis, maka layanan yang didapat pun akan terbatas.

Ada spesialisasi dari masing-masing penyedia layanan web gratis tersebut. Blogspot.com dan Medium.com paling baik digunakan untuk keperluan blogging. WordPress.com untuk keperluan portofolio diri atau perusahaan yang profesional. Dan yang paling baik untuk membuat toko online adalah SIRCLO.com.

  1. Pelajar fitur apa saja yang disediakan dalam website untuk memaksimalkan fungsinya.

Demikianlah penuturan secara rinci mulai dari apa itu bisnis online hingga cara membangun bisnis online. Semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

pengertian inspirasi hidup -

Tags: bagaimana cara meningkatkan laba penjualan cara membangun bisnis online Cara Meningkatkan Laba Penjualan Cara Meningkatkan Laba Penjualan 2018 Cara Meningkatkan Laba Penjualan terbaru tutorial cara membangun bisnis online

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian dan Cara Membangun Bisnis Online"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan