Jangan Menyerah! Inilah 9 Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut

Cara bangkit dari usaha yang bangkrut – Mungkin karena banyak yang menghubungkan antara membangun bisnis dengan risiko kebangkrutan, maka hanya sedikit orang-orang yang berani mengambil jalan ini. Tapi memang takdirnya, bisnis dan bangkrut memang tidak bisa dipisahkan. Anda mungkin sudah banyak mendengar kisah orang-orang yang sekarang sudah sukses dengan usahanya. Namun pernahkah anda penasaran dengan jalan yang dilaluinya? Jalan yang tentu saja tidak selalu mulus, bahkan hancur karena bangkrut. Atau mungkin sekarang anda sedang berada di posisi tersebut? jika iya, maka anda mungkin memerlukan cara bangkit dari usaha yang bangkrut berikut ini.

Ikhlas

Belajar Ikhlas

Belajar Ikhlas

Cara pertama untuk bangkit dari usaha yang bangkrut adalah dimulai dari diri anda sendiri. Mungkin terdengar sepele. Namun ikhlas merupakan skill yang belum tentu siapa saja memilikinya. Anda mungkin sekarang masih merasa menyesal karena mengambil langkah yang ceroboh yang menyebabkan bisnis dan seluruh modalnya amblas. Ada rasa tidak terima yang mungkin juga sedang bergejolak di jiwa anda. Tentu saja itu wajar mengingat anda baru saja merasakan kehilangan. Namun terus meratapi hal yang sudah terjadi tidak akan membuat anda tumbuh. Sebaliknya, anda hanya akan terjebak di antara rasa tidak terima dan ketakutan-ketakutan lain. Maka latihlah skill ikhlas yang satu ini. Maka anda bisa melihat hikmah dibalik kegagalan yang anda terima.

Dunia Belum Kiamat

Benar sekali, sering kali saat seseorang mengalami kebangkrutan, dia akan merasa seolah-olah seluruh dunia runtuh menimpanya. Seolah tidak ada harapan lagi baginya untuk menjalani hidup di kemudian hari. Jangan sampai memelihara jiwa seperti itu. Itu hanya akan semakin membuat anda terpuruk. Lihat sisi baiknya. Lihat orang-orang yang anda sayangi di sekitar anda. Anda masih memiliki mereka! Maka bangunlah jiwa anda dengan hal-hal yang positif untuk menyiapkan rencana bisnis selanjutnya.

Pengalaman adalah Guru Terbaik

Pengalaman berharga

Pengalaman berharga

Satu langkah lagi untuk memperbaiki jiwa anda yang sedang terguncang. Anda harus menjadikan kegagalan sebagai guru anda. Benar sekali. Belum tentu setiap orang bisa merasakan kegagalan yang anda alami dan memperoleh hikmah dibaliknya. Jangan jadikan kegagalan sebagai momok yang menakutkan dan menghentikan langkah anda. Terjang rasa takut tersebut dan bersiaplah membangun bisnis lagi.

Anda Pernah Sukses

Saat berada pada titik terendah dalam hidup, anda perlu mengingat kesuksesan apa saja yang pernah anda capai. Hal tersebut sangat penting untuk tetap menjaga stabilitas emosi anda. Anda tidak bisa terus menerus mengecap diri anda sebagai pribadi yang gagal hanya karena satu kegagalan kecil saja.

Evaluasi

Evaluasi

Setelah anda menyelesaikan urusan dengan diri anda sendiri, kini saatnya anda mulai melakukan evaluasi terhadap usaha anda yang bangkrut. Anda perlu melakukan evaluasi dari segala sisi mulai dari biaya produksi, proses, hingga cara pemasaran. Perhatikan setiap detailnya supaya diketahui di mana titik kelemahan dari usaha anda sebelumnya. Kumpulkan semua staf untuk mendengarkan apa saja kiranya kritik atas kekurangan usaha anda.

Jadilah Pribadi yang Mau Terus Belajar

Saat anda memutuskan menyerah, berarti mental pebisnis anda masih kurang. Seorang pebisnis tangguh tidak segan untuk memperkaya wawasannya apalagi di saat-saat terpuruk. Kumpulkan semua informasi terkait dengan usaha yang anda geluti. Bandingkan dan temukan di mana letak kelemahan anda dan mulailah merancang kembali.

Sadar Saingan

Cara bangkit dari usaha yang bangkrut selanjutnya adalah dengan menyadari saingan usaha anda. Anda harus sadar bahwa anda bukanlah satu-satunya pebisnis yang menjalankan usaha tersebut. Apalagi jika anda memang menjalankan bisnis yang mainstream atau sedang tenar. Dengan begitu, anda tidak akan mengambinghitamkan pihak lain dan menjadi kehilangan fokus.

Beri Waktu

Selagi mengevaluasi kebangkrutan usaha anda sebelumnya, anda bisa sejenak melemaskan otot-otot tubuh dan memberikannya istirahat. Menyadari sebuah usaha yang dibangun runtuh akan sangat menguras energi dan emosi. Maka ada baiknya sebelum memutuskan untuk terjun kembali ke dunia usaha, anda beristirahat sejenak. Manjakan diri anda dan bangun kembali kepercayaan diri serta semangat anda. Jangan membatasi diri. Bahkan jika butuh selama beberapa bulan tidak masalah selama anda menggunakannya untuk hal-hal yang positif dan membangun mental anda kembali.

Berbaurlah dengan Orang-orang yang Positif

Pikiran positif akan menyebar. Maka berbaurlah dengan orang-orang yang positif dan selalu mendukung langkah anda. Pelajari dari mereka langkah apa yang mereka ambil saat mereka berada di posisi anda sekarang. dengan begitu anda akan merasa dikelilingi dengan orang-orang yang luar biasa dan membangkitkan semangat anda kembali.

bergaul dengan orang baik

Demikianlah cara bangkit dari usaha yang bangkrut. Anda tidak perlu meratapinya terlalu lama karena seperti yang sudah dipaparkan, bangkrut dan bisnis adalah satu kesatuan. Hanya beberapa orang saja yang cukup beruntung tidak pernah mengalami kegagalan. Yang paling penting, anda harus yakin jika anda adalah orang yang luar bisa.

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara bangkit dari bangkrut -

Tags: bagaimana Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut 2018 Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut terbaru tips bangkit dari Usaha yang Bangkrut

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Jangan Menyerah! Inilah 9 Cara Bangkit dari Usaha yang Bangkrut"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan