Banyak Diminati, Berapa Penghasilan Youtuber Sebenarnya?

Berapa penghasilan youtuber- Youtube adalah salah satu platform berbagi video yang disediakan oleh Google. Situs website yang dikembangkan tahun 2005 oleh tiga mantan karywan dari Paypal ini sekarang telah menjadi salah satu platform besar yang banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Youtube, tidak jarang dianggap sebagai ladang uang yang bagus bagi beberapa orang. Bahkan saat ini, artis-artis Indonesia telah mulai berpindah dari televisi menuju Youtube.

Kepopuleran platform youtube tak jarang di anggap telah menggeser televisi sebagai media hiburan bagi kebanyak orang. Istilah ‘youtube lebih dari TV’ pun sekarang sering kali di dengar. Sebenarnya, bagaimanakah yotube dapat memberi penghasilan bagi penggunanya, dari manakah penghasilan tersebut, dan berapa penghasilan youtuber sebenarnya? Tulisan berikut tentunya akan membantu kamu mengetahui lebih dalam mengenai youtube.

Dari mana Peghasilan Youtuber?

Untuk menjawab pertanyaan berapa penghasilan youtuber, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dari mana sumber penghasilan youtuber. Jika selama ini Anda mendengar bahwa sumber penghasilan youtuber berasal dari Adsense, maka itu benar. Akan tetapi, penghasilan youtuber ternyata tidak hanya dari satu sumber. Selain adSense ada sumber lainnya yang menambah pundi-pundi uang dari youtuber. Dari mana saja? Berikut adalah penjelasannya.

1.            Youtube Ads

Youtube Ads adalah penghasilan yang Anda terima dari iklan yang dipasangkan oleh Youtube pada video Anda. Sebagai dukungan biaya operasional dan hidup serta apresiasi terhadap unggahan youtuber secara rutin, Youtube memberikan komisi setiap bulannya. Istilah yang sering digunakan untuk ini adalah adSense atau komisi Youtube, bukan gaji. Untuk mendapatkan adSense tentu saja Youtuber harus melalui bermacam rupa syarat yang harus dipenuhi. Jika persyaratan Anda sudah terpenuhi, maka Anda akan mendapatkan pendapatan sesuai dengan berapa jumlah view yang Anda kumpulkan pada video yang diunggah. Semakin banyak view di video youtube Anda, maka semakin banyak pula komisi youtu atau adSense yang akan Anda terima dari youtube.

2.            Affiliate Marketing

Selain dari Youtube Ads atau adSense, sangat memungkinkan bagi seorang youtuber untuk mendapatkan penghasilan lain yang disebut dengan addiliate marketing. Apabila adSense Anda terim dari pihak youtube karena penambahan iklan pada video Anda oleh youtube, maka berbeda dengan Affiliate Marketing. Affiliate marketing Anda dapatkan berkat kerjasama Anda dengan perusahaan komersial, tanpa melalui youtube.  Setelah kesepakatan diraih, maka tugas youtuber adalah mengiklankan produk tersebut di video atau konten youtube miliknya. Misalnya, dengan memasukkan kode promo pada video atau discription box. Setiap kali ada pengunjung yang menggunakan kode promo tersebut, maka youtuber akan mendapatkan uang. Semakin banyak pengguna kode promo, maka semakin banyak pula uang yang dihasilkan youtuber.

3.            Endorsement

Sumber penghasilan terakhir untuk seorang youtuber berasal dari endorsement. Sama halnya seperti instagram, endorsement ini diperoleh ketika youtuber mengenalkan produk dari sebuah perusahaan atau instansi ke dalam konten mereka.

Berapa Penghasilan Youtuber?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa penghasilan youtuber adalah 1USD untuk setiap 1000 views pada konten video youtubenya. Namun hal tersebut tidak spenuhnya benar. Faktanya, nominal tersebut hanya berlaku untuk pasaran Amerika Serikat. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan Effective Cost Per Mille di Indonesia cenderung rendah. Di Indonesia untuk setiap 1000 views Anda akan mendapatkan 7000 rupiah. Berbeda dengan Amerika yang mencapai 1 hingga 7 USD. Katakanlah Anda telah mencapai 1 juta views pada konten youtube Anda. Maka pendapatan yang akan Anda terima adalah berkisar 550 USD, atau jika dirupiahkan sekitar 7 juta rupiah.

Untuk mendapatkan penghasilan tersebut pun tidak mudah. Pertama-tama, Anda harus membuat dan mengunggah konten yang meraik terlebih dahulu pada saluran youtube Anda. Setelah mencapai 4000 jam penayangan dalam waktu 12 bulan serta 1000 subcriber, adSense dari youtube tersebut barulah akan Anda dapatkan. Tidak mudah memang dilakukan untuk youtuber pemula. Akan tetapi apabila Anda rutin mengunggah video dan menyajikan konten yang menarik, bukan tidak mungkin target itu Anda dapatkan dalam waktu yang lebih singkat. Dalam youtube, penghasilan Anda akan ditentukan oelh BPS atau (Biaya per Seribu) dan juga BPK atau (Biaya per Klik)

Untuk mendapatkan banyak penghasilan dari youtube, setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti, jenis konten serta kuantitas unggahan konten video. Pasalnya jenis konten mengenai teknologi seperti smartphone, gadget, dan sebagainya akan membuat adSense Anda lebih besar. Intinya, setiap konten produk ‘mahal’ Anda akan membuat besar uang Anda bertambah untuk setiap kliknya.

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan dari mana sumber penghasilan youtuber serta berapa penghasilan youtuber. Apabila Anda memiliki minat untuk menjadi seorang youtuber, ada baiknya Anda membuat konten yang menarik, edukatif, informatif, menghibur, dan tentunya tidak mengandung unsur SARA. Hal tersebut tidak hanya menambah kuantitas penonton pada saluran youtube Anda, melainkan juga kualitasnya.

 

 

Загрузка...

Tags: Berapa penghasilan youtuber jumlah penghasilan youtuber penghasilan youtuber

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar