Ingin Menambah Penghasilan, 6 Contoh Usaha Menjelang Idul Fitri Ini Dapat Dicoba

Contoh usaha menjelang idul fitri- Idul Fitri kerap kali dimanfaatkan oleh orang-orang untuk mudik dan bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya pulang ke kampung halaman, momen idul fitri juga dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi uang. Salah satu cara menambah pundi-pundi uang adalah dengan membuka usaha atau bisnis.

Memulai sebuah usaha harus menyesuaikan kebutuhan pasar. Hal tersebut juga berlaku apabila Anda ingin memulai usaha di Idul Fitri. Tentunya usaha yang Anda mulai harus sesuai dengan kebutuhan atau keperluan selama Idul Fitri. Usaha yang dapat Anda lakukan menjelang idul fitri bermacam-macam. Berikut adalah berbagai contoh usaha menjelang idul fitri yang dapat Anda mulai.

1.            Pakaian

Lebaran atau Idul Fitri identik dengan pakaian atau baju baru. Oleh karena itu, kebutuhan sandang akan banyak dibutuhkan dan juga dicari oleh orang-orang. Karena sedang banyak-banyaknya dicari, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha pakaian, misalnya baju koko, celana, gamis, jilbab, sampai dengan peralatan ibadah seperti sajadah, sarung, dan mukena.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda dapat memulai bisnis ini dengan mudah. Apabila modal Anda tidak cukup besar untuk membuka outlet dadakan, Anda dapat memanfaatkan teknologi saat ini untuk menjadi dropshipper. Dropshipper saat ini banyak dilakukan oleh pebisnis untuk merintis usaha mereka. Selain tidak memerlukan modal yang banyak, sistem dropshipper ini juga cukup mudah dilakukan. Anda cukup menjual kembali barang dari toko atau supplier yang bekerja sama dengan Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu.

2.            Kue Kering

Selain pakaian, barang yang banyak dicari menjelang lebaran adalah makanan. Makanan yang banyak dicari menjelang lebaran biasanya adalah kue kering. Kue kering biasanya banyak dicari sebagai hidangan khas lebaran di rumah ataupun oleh-oleh untuk sanak saudara.

Keterampilan dalam membuat kue kering saat ini juga bisa dipelajari di youtube. Anda dapat melakukan beberapa inovasi pada kue kering yang akan Anda jual agar menjadi lebih unik dan spesial. Untuk membuatnya lebih indah dan menarik, Anda dapat membuat packaging yang unik, misalnya toples dengan bentuk unik dan sebagainya. Namun, apabila Anda malas untuk membuat kue kering secara mandiri, Anda juga dapat melakukan dropshipper ataupun reseller. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat sendiri kue kering jualan Anda.

3.            Parcel Lebaran

Contoh usaha menjelang idul fitri yang dapat Anda lakukan adalah berjualan parcel lebaran. Parcel lebaran biasanya banyak dicari orang-orang untuk dikirim ke sanak saudara, teman, maupun partner kerja. Biasanya, orang-orang akan saling mengirimkan hampers ini untuk menjalin silaturahmi.

parcel lebaran

Jika Anda ingin memulai usaha hampers, sebaiknya Anda mulai mengasah kreativitas Anda dalam merangkai parcel. Semakin unik parcel lebaran yang kamu buat, maka akan semakin banyak pula peminatnya. Untuk menambah kepuasan pelanggan, Anda dapat menyediakan jasa custom, sehingga customer dapat memesan hampers sesuai keinginan mereka.

4.            Penukaran Uang

Tradisi yang sering dilakukan ketika Idul Fitri adalah membagikan THR. Biasanya orang-orang akan membagikan uang kepada anak-anak di kampung halaman mereka. Anak-anak biasanya sangat senang apabila menerima uang yang baru. Oleh karena itu, orang-orang biasanya banyak menukarkan uang mereka menjelang lebaran.

penukaran uang

Jasa penukaran uang sebenarnya sudah disediakan oleh bank-bank. Akan tetapi, biasanya orang-orang malas ke bank karena antrian yang begitu panjang. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha jasa penukaran uang. Tidak perlu modal, Anda hanya perlu mengantri saja di bank.

5.            Amplop THR

Dahulu uang THR diberikan secara langsung. Akan tetapi, belakangan muncul kebiasaan membagikan uang THR dalam amplop-amplop kecil. Amplop ini digunakan untuk memasukkan uang agar terlihat lebih menarik ketika diberikan kepada anak-anak.

Agar lebih banyak peminatnya, Anda dapat membuat amplop THR dengan design menarik yang banyak disukai oleh anak-anak.

6.            Rental Mobil

Contoh usaha menjelang idul fitri terakhir yang dapat Anda coba ketika mejelang lebaran adalah rental mobil. Ketika menjelang lebaran biasanya orang-orang memerlukan transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Transportasi umum seperti kereta api, pesawat maupun bus biasanya dipenuhi oleh pemudik. Sebab itu, biasanya pemudik lebih memilih untuk mencari rental mobil agar mudik lebih nyaman. Memanfaatkan peluang tersebut, Anda dapat membuka usaha rental mobil ketika menjelang lebaran.

Lokasi usaha rental mobil

Demikianlah enam contoh usaha menjelang Idul Fitri yang dapat Anda coba untuk mendapatkan penhasilan tambahan. Jika Anda sudah memutuskan usaha apa yang ingin Anda buka, langkah selanjutnya adalah memasarkan usaha Anda tersebut. Pemasaran atau marketing sangat diperlukan agar usaha Anda banyak dikenal dan juga dilirik oleh masyarakat. Pastikan buat sistem pemasaran semenarik mungkin agar usaha Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis lainnya.

Tags: apa saja contoh usaha menjelang Idul Fitri contoh usaha menjelang Idul Fitri contoh usaha menjelang Idul Fitri 2020

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar