Bagaimana Cara Meningkatkan Laba Penjualan Barang? Intip 8 Trik Jitu Ini

Bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang? Pertanyaan ini tentu sering muncul di kalangan para pelaku usaha. Tidak dapat dipungkiri, bahwa peningkatan laba penjualan juga berarti meningkatnya penjualan, yang tentu saja akan membawa lebih banyak keuntungan. Meningkatnya laba penjualan juga bisa menjadi indikator bahwa produk barang maupun jasa yang Anda tawarkan dapat diterima baik oleh masyarakat atau konsumen.

Untuk Anda yang sedang menjalani sebuah usaha, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan laba penjualan barang atau jasa.

Meningkatkan Nilai Jual Produk

Jika Anda sering bertanya-tanya tentang bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.

 Cara Meningkatkan Laba Penjualan Barang

Cara Meningkatkan Laba Penjualan Barang

Untuk meningkatkan nilai jual produk, Anda bisa melakukan beberapa hal. Misalnya saja jika produk dijual di outlet, maka berikan kemudahan proses transaksi sehingga konsumen merasa dimudahkan tanpa harus melewati proses yang rumit. Anda bisa menambahkan metode pembayaran dengan e-money, EDC dan lainnya.

Tetap Menjaga Kualitas Barang

Dalam memilih atau  membeli suatu produk, tentu konsumen mempertimbangkan aspek kualitas. Tidak sedikit konsumen yang lebih memperhatikan kualitas dibandingkan dengan harga. Untuk itu, cobalah tetap mempertahankan kualitas Anda dan jangan pernah mencoba untuk menurunkannya hanya untuk mengejar harga lebih murah dari produk lain.

Jika sejak awal produk Anda sudah banyak dicari karena kualitasnya, maka konsumen akan bisa menilai sendiri produk Anda dan akan memutuskan untuk pelanggan setia dari produk Anda. Anda bisa menekan harga jual dengan cara melakukan efisiensi pada saat proses produksi agar jangan sampai menurunkan kualitas.

Promo Tenggat Waktu

Pemberian promo tenggat waktu juga bisa menjadi salah satu jawaban bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang. Promo tenggat waktu artinya promo yang diberikan dengan masa berlaku terbatas. Hal ini agar pelanggan Anda segera memanfaatkan promo dan tidak menunda pembelian. Umumnya, saat konsumen menunda pembelian kemungkinan mereka akan lupa atau justru batal untuk membeli.

Program Loyalitas Pelanggan

Salah satu cara meningkatkan laba penjualan barang atau jasa adalah dengan memberikan atau membuat program loyalitas pelanggan. Anda mungkin kerap menemukan outlet atau produk yang memberikan promo jika Anda sudah melakukan transaksi pembelian sebanyak 5 atau 10 kali. Atau bisa juga dengan sistem poin, dimana setiap kali belanja dengan nominal tertentu akan diberikan poin. Nantinya poin ini bisa diganti dengan hadiah langsung, atau bisa ikut undian berhadiah.

Program loyalitas semacam ini bisa membuat konsumen tetap setia dengan produk Anda, sebab mereka tahu bahwa Anda menawarkan sesuatu yang lebih dibanding tempat atau produk lainnya.

Manfaatkan Digital Marketing

Bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang yang selanjutnya? Yaitu dengan memanfaatkan digital  marketing, terutama jika saat ini Anda baru mengandalkan penjualan secara offline. Adanya digital marketing membuat produk Anda dapat dikenal lebih luas dalam berbagai target pasar yang berbeda.

Semakin banyak orang yang tahu produk Anda, kemungkinan untuk produk Anda terjual juga lebih tinggi bukan? Untuk menjalankan digital marketing ini Anda harus membangun branding yang kuat, serta harus bisa menonjolkan kekuatan atau unique value produk Anda. Sebab seperti yang Anda tahu, persaingan digital marketing saat ini juga semakin berat.

Cari Target Baru

Memberikan promo atau program loyalitas mungkin bisa menjaga agar konsumen lama Anda tetap setia. Tapi apakah ini cukup? Tentu saja tidak. Untuk dapat meningkatkan penjualan atau perolehan laba penjualan, Anda setidaknya harus menentukan atau menemukan target konsumen baru.

Sebagai contoh, jika sebelumnya target pasar Anda adalah orang-orang yang hidup di pusat kota maka cobalah untuk mulai membidik target pasar lainnya. Misalnya saja orang-orang yang hidup di desa, atau di wilayah pinggir kota. Berikan nilai, mengapa produk Anda juga cocok untuk mereka.

Lakukan Kolaborasi

Melakukan kolaborasi bisa jadi salah satu jawaban mengenai bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang. Saat ini banyak brand-brand besar yang mulai melakukan strategi ini demi mendongkrak penjualan produk. Kolaborasi juga tidak selalu harus dilakukan oleh dua jenis produk yang sama, bahkan bisa dilakukan oleh 2 bidang yang berseberangan.

Baca juga : 9 Ide Bisnis untuk Pensiunan Agar Tetap Produktif di Usia Senja

Sebagai contohnya, belum lama ini terjadi kolaborasi produk make up dengan produk jamu herbal. Ada juga produk sepatu lokal yang berkolaborasi dengan merk minuman ternama dan keduanya sukses membuat produk yang fenomenal.

Teknik Bundling

Banyak produsen yang kini mulai menggunakan teknik pembelian bundling. Dengan strategi ini, konsumen secara tidak langsung dituntut untuk membeli dua atau lebih banyak produk sekaligus. Umumnya penjualan bundling ini memberikan penawaran harga yang lebih murah dibanding saat konsumen membeli produk secara satuan. Teknik ini juga sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan dan laba.

Itu dia ulasan singkat mengenai bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang, selamat mencoba dan semoga beruntung.

 

Tags: Bagaimana cara meningkatkan laba penjualan barang cara meningkatkan laba penjualan barang

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar