9 Ide Bisnis untuk Pensiunan Agar Tetap Produktif di Usia Senja

Pensiun adalah waktu dimana Anda sudah tidak lagi bekerja karena faktor usia. Saat sudah memasuki masa pensiun terkadang Anda jadi merasa sepi dan kurang produktif, karena sudah terbiasa bekerja namun tiba-tiba saja berhenti. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mulai merintis bisnis untuk dijalankan di masa pensiun nanti.

Ide bisnis untuk pensiunan

Ide bisnis untuk pensiunan

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis untuk pensiunan yang bisa dijalankan dengan modal yang cukup kecil:

Beternak Berbagai Jenis Ternak

Beternak merupakan salah satu ide bisnis untuk pensiunan yang cukup potensial untuk dikembangkan dengan modal yang cukup kecil, atau bisa juga tergantung dari jenis ternak yang akan dibudidayakan.

Beberapa jenis ternak yang bisa jadi ide bisnis peternakan Anda misalnya:

  • Sapi pedaging;
  • Ayam petelur;
  • Sapi perah;
  • Ayam pedaging;
  • Bebek;
  • Burung kicau, dan sebagainya.

Untuk beternak selain memiliki modal dana Anda juga harus memiliki modal tempat untuk melakukan proses peternakan.

Jualan Pulsa dan Paket Data

Saat ini kebutuhan masyarakat pada pulsa dan juga paket data masih cukup tinggi. Anda juga bisa memulai bisnis ini untuk mengisi waktu-waktu Anda saat sudah pensiun. Selain menjual pulsa dan paket data internet Anda juga bisa menyediakan pulsa token listrik, menjadi agen bank, tempat pembayaran PDAM dan sebagainya. Ide bisnis untuk pensiunan ini cukup mudah untuk dikerjakan tanpa harus memiliki skill khusus.

Membuka Toko Kelontong

Untuk Anda yang ingin membuka bisnis di rumah sambil bisa bersantai maka membuka toko kelontong bisa jadi pilihan yang tepat. Sambil menunggu pembeli di toko kelontong, Anda bisa juga mengerjakan hal lainnya. Misalnya sambil menjalankan hobi, bermain dengan anak cucu dan kegiatan lainnya. Sehingga waktu Anda tetap produktif namun juga tidak terlalu melelahkan, karena biasanya saat sudah berada di usia pensiun Anda sudah tidak sebugar saat masih muda dan mudah menjadi lelah.

Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan franchise merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dengan tingkat kegagalan kecil yang cocok untuk para pemula bisnis. Bisnis waralaba terbilang sangat sukses dan terbuka untuk para pebisnis kecil. Untuk mengisi masa pensiun Anda agar tetap mendapatkan pemasukan, Anda bisa juga memulai bisnis waralaba ini. Misalnya bisnis franchise makanan atau minuman hits yang sedang banyak diminati.

Untuk operasional bisnis, Anda bisa mempekerjakan karyawan. Hal ini karena faktor usia Anda yang sudah tidak muda, sehingga membutuhkan bantuan tenaga kerja untuk kegiatan operasional sehari-hari yang mungkin cukup merepotkan dan melelahkan.

Kerajinan Tangan Rajut

Bisnis kerajinan rajut ini umumnya dilakukan oleh perempuan. Banyak perempuan yang sudah memasuki usia pensiun senang menghabiskan waktu mereka dengan merajut atau membuat aneka kerajinan tangan. Bahkan beberapa orang juga membuat komunitas untuk bisa merajut bersama.

Untuk Anda yang senang merajut atau membuat aneka kerajinan tangan lainnya, Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai pemasukan tambahan. Selain sebagai ide bisnis untuk pensiunan, merajut juga bisa dijadikan sebagai pengisi waktu agar lebih produktif.

Rumah Kos atau Kontrakan

Jika saat pensiun Anda mendapatkan uang pesangon yang cukup besar, maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membangun rumah kos atau kontrakan. Bisnis kos dan rumah kontrakan ini termasuk bisnis yang tidak perlu banyak usaha untuk operasionalnya. Anda mungkin membutuhkan bantuan tenaga penjaga untuk membantu penghuni kos atau kontrakan ketika terjadi problem dengan listrik, air dan sebagainya.

Bisnis ini bisa bertahan lama, bahkan bisa juga Anda wariskan. Selain jadi peluang bisnis, membangun rumah kos atau kontrakan juga bisa bernilai investasi.

Jasa Penyalur Petugas Keamanan

Ide bisnis untuk pensiunan ini cocok untuk Anda yang merupakan seorang pensiunan TNI atau Polri. Anda bisa membuka agen pelatihan dan penyalur petugas keamanan, misalnya satpam. Target pasar Anda adalah pribadi atau personal, perumahan, toko, pabrik dan sebagainya.

Sebagai anggota Polri dan TNi tentu saja lebih memahami tentang pelatihan fisik, undang-undang dan juga pengetahuan mengenai keamanan, sehingga bisnis ini akan cukup menjanjikan untuk Anda.

Potong Rambut

Untuk mengisi masa pensiun Anda juga bisa membuka bisnis jasa potong rambut. Anda mungkin akan membutuhkan pelatihan skill untuk bisa memotong rambut, namun ini bisa jadi ide bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan dengan modal yang cukup terjangkau.

Baca juga : 6 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Wajib Anda Coba!

Budidaya Tanaman Hias

Untuk Anda yang punya hobi berkebun dan merawat tanaman, Anda bisa memanfaatkan masa pensiun Anda untuk mengembangkan bisnis budidaya tanaman hias. Peminat tanaman hias ini akan selalu ada, meski mungkin tren tanaman yang dicari akan berbeda dari waktu ke waktu. Namun itu tandanya bisnis ini masih akan jadi peluang yang baik ke depannya.

Mengisi waktu di masa pensiun memang penting, ini agar tubuh tetap aktif dan tetap produktif. Beberapa Ide bisnis untuk pensiunan diatas bisa mulai Anda rintis sejak masa persiapan pensiun, yaitu setahun sebelum usia pensiun Anda.

 

Tags: contoh Ide bisnis untuk pensiunan Ide bisnis untuk pensiunan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar