Alasan Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO) Lebih Bermanfaat

Asuransi Kendaraaan TLO – Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari asuransi untuk kendaraan, tapi intinya lebih kepada faktor keamanan dimana segala resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan sepenuhnya dialihkan pada perusahaan asuransi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu kita memilih asuransi kendaraan adalah faktor kekuatan keuangan, jasa, dan biaya (beban).

Terkait dengan asuransi kendaraan ini terdapat dua jenis perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Yang pertama perlindungan Komprehensif (Comprehensive) yaitu jamianan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian atau keseluruhan kendaraan akibat tindak kejahatan, pencurian, kebakaran, dan segala jenis kecelakaan lalu lintas. Yang kedua perlindungan Total Loss Only (TLO) yaitu jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan TOTAL kendaraan akibat tindak kejahatan, pencurian, kebakaran, dan segala jenis kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Anda

Asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) Lebih Menarik

manfaat Asuransi Kendaraan Total Loss Only

manfaat Asuransi Kendaraan Total Loss Only

Banyak alasan mengapa orang lebih memilih asuransi kendaraan  TLO meski resiko yang dijamin lebih sempit. Meski menggunakan kata “Loss” yang berarti “hilang”, resiko yang harus ditanggung TLO tidak hanya sebatas kehilangan kendaraan saja tapi mencakup semua kerusakan yang disebabkan berbagai hal. Bahkan kerusakan yang ditanggung oleh asuransi TLO minimal 75 persen.

Baca juga: Tarif Premi Asuransi Mobil dan Total Lost Only

Pertanggungan kerusakan 75 persen memang menjadi patokan mengingat kendaraan dipastikan dalam kondisi rusak parah alias tidak bisa digunakan lagi. Itulah mengapa TLO disebut memberi perlindungan total, sementara di satu sisi pemilik tidak dapat melakukan klaim asuransi untuk kerusakan minor seperti bodi baret, spion patah, atau jenis kerusakan kecil lainnya. Sederhananya, asuransi kendaraan TLO menjamin kerugian bilamana kendaraan mengalami kecelakaan dengan tingkat kerusakan di atas 75 persen juga apabila kendaraan terbakar atau hilang dicuri maupun dirampas.

Banyak orang yang berpendapat bahwa asuransi kendaraan TLO jaminan pertanggungannya agak ‘nanggung’. Artinya tidak memberi perlindungan menyeluruh terutama kerusakan minor namun lebih fokus pada kerusakan mayor. Berikutnya bisa ditebak, orang lebih memilih asuransi All Risk dimana ada jaminan penuh terhadap semua jenis kerusakan baik minor atau mayor. Namun ada konsekuensi yang harus ditanggung saat memilih asuransi All Risk yaitu premi asuransi yang harus dibayarkan jauh lebih besar dibanding asuransi TLO.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil pada Perusahaan Asuransi

Asuransi TLO Membuat Kita Lebih Hati-hati

Saat kita memilih asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) sebenarnya bukan masalah mampu atau tidaknya kita membayar premi asuransi, melainkan mengukur dan menganalisa resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan. Kadang ini yang sering diabaikan, resiko apa saja yang mungkin terjadi pada kendaraan kita.

Asuransi Kendaraan Total Loss Only

Asuransi Kendaraan Total Loss Only

Karena resiko yang dijamin asuransi TLO lebih sempit maka hal tersebut membuat kita lebih berhati-hati dalam berkendara. Beda dengan asuransi All Risk yang cenderung akrab dengan kata-kata “Kalau kenapa-kenapa tinggal klaim”. Pola pikir seperti ini kadang membuat kita lalai dan ceroboh saat berkendara.

Sebaliknya jika ada resiko minor yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi memaksa kita untuk berpikir berulang kali untuk melakukan kecerobohan. Karena sekecil apapun resiko kecerobohan akan menjadi mahal harganya jika kita harus merogoh kocek pribadi, bukan dari asuransi. Kta bisa menjadi smart driver yang pintar membawa kendaraan dan mampu meminimalisir kecelakaan atau benturan dengan kendaraan lainnya. Dengan demikian resiko baret bodi, spion patah, atau kerusakan minor lainnya bisa dihindari.

Pada prinsipnya fungsi asuransi kendaraan adalah mengambil alih kerugian besar atas kehilangan atau kerusakan kendaraan yang tidak bisa ditanggung sendiri. Jadi tanpa mengabaikan resiko kerusakan minor, kerusakan fatal yang dijamin oleh asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO) lebih menarik apalagi dengan biaya premi yang ringan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

pengertian total loss only -arti total lost -istilah dari total lost -

Tags: asuransi kendaraan asuransi kendaraan bca asuransi kendaraan bermotor asuransi kendaraan bermotor terbaik asuransi kendaraan motor asuransi kendaraan sinarmas asuransi kendaraan terbaik pengertian asuransi kendaraan bermotor

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Alasan Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO) Lebih Bermanfaat"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan