8 Cara Bangkit Dari Kegagalan Usaha Paling Efektif

Cara bangkit dari kegagalan usaha – Saat ini banyak yang ingin memulai bisnis. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang tertarik menggeluti bisnis salah satunya adalah memperbaiki kondisi finansial.

Gagal adalah awal kesuksesan

Gagal adalah awal kesuksesan

Sayangnya menggeluti bisnis ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak pebisnis yang harus rela berujung pada kegagalan. Tentu semua orang ingin sukses dan tidak ingin gagal, sehingga ketika bisnis tersebut gagal banyak yang kemudian merasakan down yang berkelanjutan. Jika saat ini Anda berada di posisi yang sama, ada beberapa cara bangkit dari kegagalan usaha yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

Anggap Kegagalan sebagai Jalan Kesuksesan

Cara bangkit dari kegagalan usaha pertama adalah anggap kegagalan sebagai jalan kesuksesan. Anda yang gagal berbisnis tidak boleh patah semangat karena ada beberapa pebisnis besar yang sebelum sukses seperti saat ini harus melalui berbagai macam kegagalan demi kegagalan. Anda bisa belajar dan bercermin dari kisah mereka, selain itu jangan pernah berhenti mencoba dan terus berproses.   Salah satu kisah yang bisa dijadikan sebagai inspirasi adalah kisah dari Afit Dwi Purwanto. Dia adalah pendiri dan pemilik brand Holycow by Chef Afit. Dengan gerai yang cukup banyak membuat Holycow ini tumbuh dan berkembang pesat seperti saat ini.

Kesuksesan yang didapatkan saat ini tidak instan. Afit harus merasakan kegagalan yang bertubi-tubi. Salah satu kegagalan yang paling dirasakannya adalah di tahun 2012 bisnisnya putus kongsi dan cabang di Singapura tutup, bisnis harus mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah karena penalty dan utang dari supplier. Namun Afit tidak menyerah, bersama dengan istrinya dia terus membangun bisnisnya dan akhirnya bisa sukses seperti saat ini.

Evaluasi Diri

Cara bangkit dari kegagalan usaha selanjutnya adalah evaluasi diri. Evaluasi ini hanya bisa Anda lakukan saat pikiran jernih, kemudian bisa melakukan evaluasi apa saja yang menyebabkan bisnis Anda gagal. Ada beberapa hal yang menyebabkan bisnis gagal seperti manajemen waktu yang buruk, manajemen keuangan, sistem yang kurang terbangun, produk yang kurang bagus, dan masih banyak lagi lainnya. Saat melakukan evaluasi diri ini Anda bisa menerima masukan dari orang lain dan catatlah apa yang masukan yang orang lain beri tersebut.

Perbaiki Mindset

Cara bangkit dari kegagalan usaha selanjutnya yang bisa dilakukan adalah perbaiki mindset. Saat Anda gagal dalam usaha, tetaplah tenang dan janganlah menyalahkan orang lain di sekitar Anda. Anggaplah kegagalan sebagai pelajaran agar ke depannya bisa lebih sukses. Percayalah bahwa perusahaan besar seperti Microsoft pun pernah mengalami kegagalan. Kalau tidak gagal tidak mungkin bisa sebesar saat ini. Mindset adalah sumber kekuatan Anda untuk bisa berbisnis lebih baik lagi.

Berpikir Jauh ke Depan

Cara agar Anda bisa bangkit dari kegagalan usaha adalah berpikirlah jauh ke depan. Kesuksesan merupakan hal yang membutuhkan kerja keras pagi, siang, dan malam. Karena tuntutan tersebut banyak yang kemudian menyerah di tengah jalan. Yang membedakan adalah orang sukses akan pernah gagal berkali-kali dan pikiran berpikir jauh ke depan. Meski gagal mereka akan optimis dan terus bekerja dengan baik. Seperti halnya bambu Cina yang mana membutuhkan waktu 5 tahun untuk menumbuhkan akar terlebih dahulu. Pertumbuhan akar tersebut tentu tidak terlihat di atas tanah namun pertumbuhan akar dirasa lebih penting dibandingkan harus menumbuhkan batang terlebih dahulu karena dengan akar yang kokoh batang tidak akan pernah bisa tumbang.

Ingat Kesuksesan Terdahulu

Anda yang sedang down sebaiknya mengingat kesuksesan terdahulu Anda. Memang kegagalan akan membuat pikiran Anda menjadi negatif.  Namun cobalah untuk mengingat kesuksesan-kesuksesan terdahulu untuk membuat bangkit dari keterpurukan.

Merencanakan Kembali

Jangan pernah takut gagal. Lebih baik gagal dibandingkan dengan tidak mencoba samasekali. Setelah Anda gagal mulailah untuk merencanakan kembali apa yang akan menjadi langkah selanjutnya. Pikirkan dengan baik apa-apa saja yang ingin Anda perbaiki, apakah ada cara yang lebih baik untuk memperbaiki bisnis Anda dan apakah ekspektasi Anda terlalu berlebihan. Anda bisa mencari alternatif lainnya untuk menuju ke suatu hal jika cara yang direncanakan tidak berhasil.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Saat akan membuat rencana baru banyak yang merasa minder dan kurang yakin dengan kemampuannya sendiri. Terlebih kegagalan ini pernah terjadi sehingga rasa percaya diri akan banyak berkurang. Untuk bisa memulai bisnis kembali penting bagi Anda untuk terus percaya diri dan yakin terhadap apa yang Anda kerjakan. Meski begitu jangan sampai Anda over percaya diri yang mana bisa membuat Anda tidak menyadari risiko yang mengancam bisnis Anda saat itu juga.

Daya Saing Tinggi

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah ciptakanlah daya saing yang tinggi. Bisa saja Anda mengalami kegagalan dikarenakan daya saingnya rendah. Setiap pebisnis memiliki daya saing di dalam dirinya sehingga sifat tersebut harus dimunculkan. Yang harus Anda ketahui adalah persaingan bisnis sangat ketat sehingga Anda harus berinovasi dan melahirkan produk-produk yang unik, melakukan branding, dan tentunya memiliki tim marketing yang bagus.

Demikianlah beberapa cara bangkit dari kegagalan usaha yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara bangkit dari kegagalan usaha Cara bangkit dari kegagalan usaha tips bangkit dari kegagalan usaha

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar