7 Manfaat Program Tabungan Hari Tua ini Jamin Masa Depanmu

Program tabungan hari tua hadirkan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mendapatkan jaminan keamanan finansial bagi keluarga di masa mendatang. Sebagaimana diketahui, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Akan tetapi, jika anda mampu mempersiapkan diri dengan baik, sudah pasti anda dan keluarga akan bisa terhindar dari masalah ekonomi yang menjerat. Sebagaimana diketahui, kesulitan di hari tua hanya akan menimpa mereka yang tidak mempersiapkan diri sejak dini.

Dengan mempersiapkan diri menabung untuk hari tua, persentase munculnya problematika keuangan akan bisa diminimalisir. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari program tabungan hari tua antara lain sebagai berikut:

1. Terbebas dari Hutang

Terbebas dari hutang

Terbebas dari hutang

Menabung adalah jalan terbaik bagi anda untuk terhindar dari hutang. Pasalnya, hutang itu sendiri terjadi akibat anda tidak mampu mengelola uang dengan baik. Ditambah lagi, anda lupa untuk tidak mempersiapkan datangnya hari tua. Menabung pada dasarnya akan berguna ketika anda memerlukan uang tersebut untuk kebutuhan yang mendesak. Namun, dari sisi positifnya, jika tidak ada kebutuhan yang mendesak, maka uang simpanan tersebut akan tetap aman dan selanjutnya anda akan terbebas dari yang namanya hutang itu sendiri.

2. Ketersediaan Dana Ketika Sakit

Ketersediaan dana saat sakit

Ketersediaan dana saat sakit

Manfaat lainnya dari mengikuti program tabungan hari tua adalah memiliki ketersediaan dana ketika anda mengalami sakit. Dalam hal ini, siapapun memang tidak bisa mencegah jika sakit sudah datang. Tentu anda tidak mungkin mengandalkan uang dari anak-anak atau keluarga anda yang lain. Terlebih lagi, jika anda tidak ingin merepotkan mereka semua. Dengan memiliki tabungan, maka anda akan bisa menjadi pribadi yang mandiri pada saat hal-hal tak diinginkan seperti sakit terjadi.

3. Memberikan Pembelajaran Berharga Pada Anak Cucu Anda

Yang paling penting pula adalah memberikan pembelajaran sangat berharga pada anak cucu anda. Hal yang paling penting dalam keberlangsungan hidup adalah manajemen keuangan yang baik. Bukan berfoya-foya atau bersikap hedonisme. Dengan mengajarkan pentingnya menabung untuk hari tua, maka perilaku ini akan ditiru oleh anak cucu anda. Pada akhirnya nanti, mereka pun juga akan bisa menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

4. Memiliki Dana Yang Cukup Untuk Menikmati Hidup

Dana yang cukup untuk menikmati hidup

Dana yang cukup untuk menikmati hidup

Dengan bergabung bersama program tabungan untuk masa depan, maka di masa depan anda akan memiliki dana yang cukup untuk menikmati hidup, salah satunya adalah untuk liburan. Di masa tua, anda pastinya ingin berlibur di tempat yang menyenangkan. Dengan adanya kesiapan dana inilah maka anda pun akan bisa menyongsong kebahagiaan di masa tua dengan lebih baik lagi. Hal ini juga akan memberikan kepada anda kepuasan tersendiri karena berhasil meraih impian untuk bahagia dalam hidup sebelum akhir hayat anda.

5. Bisa Bernafas Lega Saat Pensiun

Adanya program tabungan hari tua ini juga akan mampu membuat anda bernafas lega saat pensiun datang. Rata-rata usia ketika pensiun adalah 55 tahun. Dari sini apakah dana pensiun yang anda dapatkan dari pensiun mencukupi? Mungkin iya, jika anda bekerja di perusahaan yang sangat besar dan bonafid. Tapi bagaimana jika tidak? Satu-satunya yang bisa menyelamatkan anda dari kesenjangan finansial di usia tua adalah menabung untuk hari tua. Dari sini anda akan benar-benar bisa terselamatkan dengan dana tambahan ketika pensiun tiba. Masa tua bisa anda nikmati untuk hal-hal yang lebih menyenangkan.

6. Tabungan Untuk Pendidikan Anak

Saat anda telah memasuki usia pensiun, besar kemungkinan anak anda masih duduk di bangku perguruan tinggi. Pertanyaanya, apakah anda sudah memiliki persiapan yang matang untuk tabungan pendidikan tersebut? Biaya perguruan tinggi tidaklah sedikit, bahkan meski sudah memiliki beasiswa sekalipun. Masih banyak hal-hal lain yang harus dipersiapkan dari sekarang. Dengan mengikuti tabungan hari tua, setidaknya anda akan terbantu secara finansial untuk mendukung pendidikan anak yang lebih tinggi lagi.

7. Memacu Semangat Anda Selagi Masih Muda

Ada pepatah yang mengatakan bahwa masa muda tidak akan datang dua kali. Terkadang ada banyak hal yang harus anda persiapkan ketika tenaga dan stamina masih kuat. Jangan sampai anda menyesal di masa tua karena tidak memiliki apa-apa, bahkan bisanya hanya merepotkan orang lain. Ketika masih muda maka anda wajib untuk memperhitungkan apa yang terjadi dengan kondisi finansial di masa depan.

Jangan berpikir bagaimana menghabiskan uang anda untuk Weekend dan belanja yang tidak penting. Tapi berpikirlah apa yang akan terjadi pada diri anda 10 tahun – 20 tahun ke depan. Tidak selamanya fisik dan pikiran kuat untuk mencari uang.

Semua belum terlambat, anda bisa mempersiapkan diri sejak dini dari sekarang. Semoga penjelasan tentang manfaat program tabungan hari tua di atas bisa membuka pikiran anda.

 

 

Загрузка...

Tags: apa saja Program tabungan hari tua manfaat Program tabungan hari tua Program tabungan hari tua

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar