9 Pengusaha Paling Dermawan di Dunia Versi Majalah Forbes

Pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes- Setiap tahunnya majalah Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya di seluruh dunia. Pada umumnya, orang-orang yang masuk dalam daftar orang terkaya adalah para pengusaha yang memberikan kontribusi besar dari sisi ekonomi, bisnis, maupun teknologi. Dari beberapa nama yang disebutkan, ada yang dikenal sebagai pengusaha paling dermawan di dunia. Mereka tak hanya fokus mengembangan bisnisnya namun juga ikut berkontribusi terhadap kesejahteraan umat manusia. Berikut ini beberapa pengusaha yang terkenal paling dermawan versi majalah Forbes:

1.     Bill Gates

Bill Gates

Bill Gates

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates, menjadi salah satu pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes. Meski bergelimang harta, Bill Gates tak lupa memperhatikan kehidupan sesama. Dia kerap kali ambil bagian dalam berbagai kegiatan amal. Bersama istrinya, Melinda Gates, dia mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan amal swasta tersebut menjadi salah satu lembaga amal terbesar di dunia.

Dengan adanya yayasan amal tersebut, Gates dan istrinya berharap dapat berkontribusi pada kesehatan global. Hal ini terlihat dari komitmen kerjasama antara Bill & Melinda Gates Foundation dengan Rotary International untuk memerangi polio.

2.     Mark Zuckerberg

Sosok di balik kesuksesan Facebook ini merupakan salah satu pengusaha yang terkenal dengan kesederhanaan hidupnya. Bersama dengan sang istri, Priscilla Chan, Mark berkomitmen untuk mendonasikan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan konstruktif di seluruh dunia.

3.     Warren Buffet

Warren Buffet merupakan seorang pengusaha jenius yang juga terkenal sebagai seorang filantropis. Pada tahun 2006, Buffet pernah menyumbangkan 85% hartanya melalui Bill & Miranda Gates Foundation. Selain itu, dirinya juga kerap kali terlibat dalam berbagai kegiatan amal yang berdampak baik bagi kehidupan sesama. Berkat berbagai aksi filantropinya tersebut, Warren Buffet mendapatkan penghargaan Presidential Medal of Freedom atau penghargaan tertinggi bagi rakyat sipil di Amerika Serikat.

4.     David Koch

David Koch

David Koch merupakan salah satu pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes. David Koch adalah salah satu pendiri industri bernama Koch Industries. Selama ini Koch berkomitmen untuk mendonasikan sebagian besar hartanya pada Lincoln Center dan Memorial-Sloan Kettering Center.

5.     Steve Ballmer

Steve Balmer merupakan salah satu mantan CEO perusahaan raksasa Amerika Serikat, Microsoft. Setelah menjabat sebagai CEO di Microsoft dari tahun 2000-2014, dia akhirnya memutuskan untuk pensiun. Setelah itu, dia membeli NBA Los Angeles Clippers seharga 2 milliar dollar Amerika Serikat. Sebagai pengusaha, Ballmer juga terkenal karena kedermawanannya. Hal ini terlihat dari program donasinya yang difokuskan untuk melepaskan orang Amerika sehingga bisa belenggu kemiskinan.

6.     Phil Knight

Phil Knight

Phil Knight adalah pendiri sepatu Nike. Semasa hidupnya, Knight tercatat telah menyumbangkan sebagian kekayaannya pada beberapa lembaga pendidikan. Dia menyumbangkan 797 juta dollar Amerika Serikat untuk University of Oregon dan 505 juta dollar Amerika Serikat untuk Stanford University yang merupakan tempatnya mendapat gelar MBA.

7.     Michael Dell

Michael Dell juga merupakan pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes. Dia adalah ketua dan CEO dari Dell  Technologies. Sebagian besar kekayaan Michael Dell terletak pada investasi pribadinya di perusahaan MSD Capital yang meliputi saham hotel dan restoran. Dengan kekayaannya yang begitu besar, Pada tahun 2017 Dell menyumbang 1 miliar dollar Amerika Serikat untuk yayasannya. Dia berkomitmen untuk menyelamatkan kehidupan anak-anak dari bahaya kemiskinan. Karena itulah, dia akhirnya memutuskan untuk mendonasikan 1,5 miliar dollar untuk fokus menyelesaikan permasalahan kemiskianan tersebut.

8.     Powell Jobs

Powell Jobs

Powell Jobs

Powell Jobs merupakan istri dari mendiang Steve Jobs, sang pendiri Apple. Sebagai pewaris saham di Apple dan Disney, Powell Jobs memiliki kekayaan yang begitu besar. Dengan kekayaannya, dia menjalankan perusahaan sosial nirlaba yang dirikannya pada tahun 2004 silam. Dia juga fokus untuk membangun pendidikan, imigrasi, dan lingkungan dengan berinvestasi di Make School yang merupakan salah satu sekolah coding startup skuter listrik.

9.     Michael Bloomberg

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg juga merupakan pengusaha yang terkenal dengan kedermawanannya. Dirinya adalah pengusaha sukses dan juga seorang politikus berpengalaman. Dia tercatat pernah menjabat sebagai mayor di New York City pada tahun 2002 hingga 2013.

Sebagai seorang filantropis, Bloomberg telah menyumbangkan sebagian hartanya pada hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak. Dia tercatat pernah menyumbangkan 5 miliar dollar Amerika Serikat untuk berkontribusi terhadap berbgai hal terkait politik, pengendalian senjata, serta perubahan iklim.

Itulah beberapa pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes. Para pengusaha tersebut menunjukkan pada kita semua bahwa meski kekayaan telah melimpah ruah, tapi ternyata tak membuat mereka lupa untuk peduli pada sesama. Justru dengan kekayaan tersebut mereka bisa turut berkontribusi pada  perbaikan kondisi kehidupan saat ini baik yang terkait masalah pendidikan, kesehatan, politik, hingga perubahan iklim. Semoga kita bisa meneladani sikap kedermawanan dari mereka semua.

 

Tags: daftar Pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes Pengusaha paling dermawan di dunia versi majalah Forbes

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar