Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan

Ads

Bisnis ternak kambing merupakan salah satu bisnis peternakan yang bisa menghasilkan untung yang banyak. Hal ini dinilai karena tidak semua orang bisa mengurusi dan merawat kambing karena memiliki bau yang tidak enak apalagi kambing merupakan salah satu ternak yang butuh perawatan ekstra. Selain pesaingnya yang sedikit, harga jual dari kambing tersebut juga sangat lumayan. Maka dari itu tidak salah jika Anda mengincar sektor bisnis ini. Merawat kambing membutuhkan beberapa pekerjaan khusus yang berbeda dengan ternak lainnya. Banyak hal yang harus diperhatikan dari kandang, pakan, dan sanitasinya agar pembuangan kotoran dapat terjaga dengan bersih. Banyak peternak kambing yang meliarkan kambingnya untuk mencari makan sendiri tetapi ada juga yang membuat kandangnya secara khusus. Untuk dapat mempelajari banyak hal tentang bisnis ternak ini Anda bisa melihatnya di bawah ini karena sistem pengelolaan dan strategi pemasarannya sangat mudah.

Bisnis Ternak Kambing yang Menjanjikan

bisnis ternak kambing

bisnis ternak kambing

Sponsor

Ternak kambing dianggap menjanjikan karena harga beli dan harga jualnya akan terpaut sangat tinggi. Misalkan pada satu anak kambing saja dihargai dengan kisaran 500 ribu rupiah sedangkan pada satu tahun perawatannya bisa menghasilkan anak kambing baru atau jika dijual bisa mencapai harga 3 juta rupiah. Bisnis ini sangat menjanjikan apabila Anda memiliki banyak modal sehingga untuk awal mulanya bisa memiliki banyak anak kambing. Dengan perawatan yang tepat ditambah dengan pengelolaan yang sesuai bisa melakukan panen pada 6 bulanan dan 1 tahunnya. Untuk pembelinya kadang juga ada yang datang dengan sendirinya ke peternakan Anda sehingga tidak terlalu sulit mendapatkan pembeli.

Pengelolaan Ternak

Pengelolaan bisnis ternak kambing merupakan hal yang tidak terlalu sulit jika Anda dapat melakukannya dengan kesabaran yang penuh. Masalah utama ternak kambing ini adalah bau dan kotorannya yang sering sekali membuat lingkungan sekitarnya menjadi enggan untuk mendekatinya. Terlebih lagi kambing dalam sehari membutuhkan makanan yaitu tumbuhan segar yang sangat banyak. Langsung saja lihat langkah demi langkah untuk mengelola ternak kambing yang sesuai.

Pilihan Kandang

peluang bisnis ternak kambing

peluang bisnis ternak kambing

Walaupun sebagian peternak kambing ada yang meliarkan kambingnya tetapi tetap saja harus menyediakan kandang. Pada dimensinya dibuat yang sesuai karena kambing besar normalnya memiliki panjang 2 meter dan lebar 0.5 meter. Hal ini akan menjadi perhitungan dari kandang untuk kambing tersebut. Ideal ruang gerak yang diberikan untuk satu kambing adalah 2 meter x 1 meter sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah kambing yang Anda miliki. Pilih juga kandang yang jauh dari pemukiman warga untuk menghindari bau yang dihasilkannya.

Pakan Ternak

Bisnis ternak kambing memang harus didasari dengan pemberian pakan yang sesuai agar didapatkan kambing yang memiliki berat yang ideal. Jika Anda menggunakan sistem kandang maka diwajibkan untuk memberi makan sehari 2 kali pada pagi dan sore hari. Pakan yang diberikan usahakan untuk tumbuhan yang masih segar yang baru dipotong dari ladang atau hutan.

Pengelolaan Sanitasi

Kambing memang ternak yang memiliki bau yang tidak tertahankan itulah mengapa perlu dilakukan sanitasi terhadap kandangnya. Pada kotoran kambing bisa ditumpuk pada satu tempat khusus yang nanti bisa digunakan sebagai pupuk tanaman sedangkan sisa pakan ternak bisa digunakan juga untuk menambah kapasitas pupuk kompos. Anda bisa membersihkan kandang setiap 2 atau 3 hari sekali dengan menyemprotkan alas kandang tersebut.

Pengelolaan dari bisnis ternak tersebut sangat mudah sekali hanya membutuhkan tingkat kesabaran dan disiplin yang tinggi. Untuk pemasarannya tidak terlalu susah karena bisa ditawarkan di pasar atau pada saat perayaan Idul Adha tiba. Itulah informasi yang bisa dibagikan dari bisnis ternak kambing yang sangat menguntungkan.

iklan

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara ternak kambing yang menguntungkan -bisnis ternak kambing yang menguntungkan -bisnis kambing -ternak kambing -cara bisnis kambing -bisnis ternak kambing -cara bisnis kambing yang menguntungkan -cara memulai bisnis ternak kambing -cara bisnis ternak kambing -peternak kambing -

Tags: bagaimana Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan cara Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan tips Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan

Posting Terkait "Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan"

4 Cara Daftar Bitcoin dan Bertransaksi dengan Aman
Cara daftar Bitcoin – Bitcoin saat ini
3 Cara Mendapatkan Bitcoin Berbayar Maupun Gratisan
Banyak yang bertanya bagaimana cara mendapatkan Bitcoin
5 Cara Membuat Bitcoin Wallet dan Kelebihannya
Cara membuat Bitcoin Wallet – Saat ini
9 Kelebihan dan Kelemahan Bitcoin yang Wajib Diketahui
Kelebihan dan kelemahan Bitcoin - Setelah dihebohkan

Tinggalkan pesan "Memulai Bisnis Ternak Kambing Yang Menguntungkan"