5 Tips Memilih Tema Website WordPress Yang Tepat


Dalam membuat website ada beberapa pilihan platform yang bisa anda gunakan seperti blogger ataupun WordPress. Untuk seorang pemula biasanya lebih memilih menggunakan platform dari miliknya Google yaitu Blogger karena mudah digunakan tanpa perlu keahlian khusus dan dapat digunakan secara gratis. Tetapi jika anda ingin fokus mengembangkan usaha atau ​brand, WordPress adalah pilihan yang tepat karena dapat dengan mudah di kustomisasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

WordPress memiliki banyak pilihan tema baik premium berbayar maupun gratis. Sebelum memilih tema WordPress yang sesuai untuk website anda harus mengetahui tujuan dari pembuatan website anda.

Tips Memilih Tema Website WordPress

contoh tema wordpress premium responsive (image: leap13.com)

Baca juga: Cara Install / Upload Template WordPress

Langkah / Tips Memilih Tema Website WordPress Yang Baik dan Benar

Pemilihan tema yang tepat akan membuat tampilan website anda terlihat profesional dan menarik pengunjung untuk membaca dan menikmati konten yang telah anda buat. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam memilih tema WordPress.

  1. Tema Harus Sesuai dengan Konten atau Isi Website

Dalam pemilihan tema, pastikan anda memilih tema yang sesuai dengan isi dari website anda. Jika website berisi berita atau informasi maka pilih tema yang mengutamakan kemudahan bagi pembaca dalam mengakses konten anda. Jika anda ingin membuat toko online maka pilih tema khusus toko online (​e-commerce) yang memiliki fitur-fitur untuk mendukung usaha anda.

Banyak sekali tema WordPress yang bisa anda pilih, mulai dari tema premium berbayar hingga tema wordpress gratis. Jika anda tidak memiliki budget untuk membeli tema premium maka anda bisa lihat artikel dari Hostinger Indonesia yang berisi kumpulan ​tema WordPress gratis dan terbaik yang bisa anda gunakan. Tema yang disediakan bermacam-macam seperti tema toko online, bisnis, fotografi, dan juga media online.

  1. Tentukan Fitur yang Anda Inginkan

Ada bermacam-macam fitur yang ditawarkan oleh tema WordPress, tapi tidak semua fitur penting untuk digunakan. Sebelum memilih fitur sebaiknya anda sudah memiliki gambaran dan rencana desain website anda sehingga anda tahu pasti fitur-fitur penting yang wajib dimiliki oleh website anda.

Pilih tema yang mendukung tujuan website anda. Tampilan website sebaiknya memang terlihat bagus dan menarik tapi jangan sampai mengabaikan aspek kegunaan dan keramahan bagi pengunjung.

  1. Tema yang SEO Friendly

Tema wordpress memiliki pengaruh besar terhadap SEO. Pilih tema WordPress yang ramah SEO baik secara tampilan maupun fungsi sehingga anda bisa bersaing dengan website-website lain di mesin pencari seperti Google. Selain harus SEO friendly, tema WordPress yang anda pilih juga harus responsif di bermacam perangkat dan browser. Jika tampilan website anda responsif di berbagai perangkat dan browser serta ramah SEO maka website anda memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik di mata google dan pengunjung, yang tentunya akan meningkatkan kredibilitas website atau usaha anda.

  1. Tema yang Mendukung Plugins

Keunggulan WordPress dibanding CMS lainnya adalah pada plugin-plugin yang ditawarkan, sehingga saat memilih tema website pastikan tema tersebut mampu mendukung plugin-plugin populer yang ingin anda gunakan.

  1. Tema Up to Date

Sebelum memilih tema ada baiknya anda membaca ​reviews dan ​ratings dari para pengguna tema tersebut sehingga anda tahu kelebihan dan kekurangan tema. Selain itu tema yang anda pilih sebaiknya juga rajin melakukan update. Hal ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan seperti bug ataupun yang lainnya. Tema yang rajin melakukan update secara berkala akan memberikan Anda keamanan ekstra dalam sisi tema.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi acuan anda dalam memilih tema WordPress. Jika tidak memiliki budget untuk membeli tema premium anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali tema WordPress gratis yang bisa anda gunakan. Tema premium memang menarik karena memiliki fitur-fitur canggih dan mudah dikustomisasi tapi tema gratis pun tidak kalah asalkan anda memilih tema sesuai kebutuhan.

Tags: Tutorial wordpress

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Berikan komentar