5 Tips Cara Membuat Podcast Sendiri untuk Pemula

Podcast adalah siaran audio yang cukup diminati orang dari berbagai kalangan. Sifatnya yang informatif dan menghibur membuat trend podcast menanjak signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak podcaster yang mulai mengunggah siarannya, dengan berbagai tema dan konten yang beragam. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai siaran, maka kami akan berikan 5 tips cara membuat podcast sendiri yang menghasilkan.

Rekam Podcast Menggunakan Smartphone

Bagi seorang pemula, Anda tidak perlu menggunakan peralatan podcast seperti microphone atau mixer yang harganya lumayan mahal. Manfaatkan saja dulu perangkat smartphone yang dimiliki, lalu rekam suara menggunakan headset atau earphone bawaan ponsel.

Di sisi lain, ada kendala yang mungkin dihadapi jika hanya menggunakan smartphone saja. Misalnya, kualitas suara yang bocor dan tidak jernih yang akan terdengar selama siaran berlangsung. Untuk menyiasatinya, Anda perlu memilih tempat yang hening dan tidak berisik selama merekam siaran. Intinya, alat bukanlah penentu utama dari kesuksesan podcast Anda. Sebab, banyak podcaster yang sukses dan mendapatkan jutaan views hanya dengan menggunakan perangkat ponsel saja.

Cara ini disarankan bagi Anda yang belum memiliki budget khusus untuk memulai siaran podcast. Namun, jika ingin mengelola podcast secara lebih serius, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan alat-alat yang lebih professional. Alat yang mempuni akan membuat kualitas siaran menjadi sempurna dan lebih nyaman untuk didengarkan.

Pilih Platform Utama untuk Siaran

Banyak platform online yang memudahkan Anda untuk mengunggah siaran podcast. Salah satu yang popler adalah spotify. Selain menyediakan streaming musik, spotify menjadi rumah bagi banyak podcaster pemula yang ingin meraih kesuksesan. Apalagi, menyiarkan podcast di spotify gratis alias tidak menggunakan biaya sepeser pun. Selain spotify, ada juga platform lainnya untuk siaran podcast seperti apple podcast, google podcast, buzzprout dan lain-lain.

Youtube bisa menjadi pilihan lainnya untuk memulai siaran podcast. Sudah banyak public figure yang menggunakan platform ini untuk bersiaran dan meraih eksistensi. Namun, jika memilih youtube untuk siaran podcast, maka sebaiknya dilakukan secara tim dan professional. Sebab, banyak hal yang harus dipersiapkan dan membutuhkan tenaga lebih dari satu orang.

Tentukan Tema Podcast Anda

Tips cara membuat podcast sendiri yang selanjutnya adalah menentukan tema podcast Anda. Sebaiknya, pilihlah tema perbincangan yang paling disukai atau dikuasai. Tema yang sesuai dengan passion dan keahlian akan membuat siaran terdengar lebih natural. Anda pun akan lebih paham dengan konsep pembicaraan sehingga tidak terdengar seperti omong kosong.

Kemudian, jika ingin siaran yang fleksibel maka boleh-boleh saja dilakukan. Misalnya, Anda membahas tema yang sedang viral dan banyak dibicarakan orang. Meskipun tidak sesuai dengan konsep utama dari podcast Anda, membahas konten viral tetap patut untuk dicoba. Sebab, terkadang pendengar membutuhkan sesuatu yang baru supaya tidak jenuh dan mudah bosan.

Konsisten dan Bikin Jadwal Upload yang Teratur

Jika ingin sukses dan mendapatkan penghasilan, maka jalankanlah podcast secara konsisten. Menjadi konsisten tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Apalagi jika podcast hanya dijadikan sebagai hobi sampingan untuk bersenang-senang. Namun, tidak ada salahnya untuk menjalankan hobi tersebut dengan konsisten, khususnya jika ingin terus mengalami perkembangan.

Konsistensi sangat diperlukan jika ingin terus eksis dan dikenal oleh pendengar. Namun, banyak orang gagal dalam berkarya karena tidak memiliki jadwal yang teratur. Ingatlah bahwa di awal karier podcast, eksistensi perlu dimiliki supaya Anda dikenal oleh pendengar. Oleh karenanya, semakin terjadwal podcast yang disiarkan, maka semakin cepat Anda meraih pendengar dan mendapatkan eksistensi.

Promosikan Podcast Anda

Cara membuat podcast sendiri yang terakhir adalah gencar melakukan promosi. Ada 3 strategi promosi yang bisa Anda pilih, misalnya:

1.      Ciptakan Cover yang Eye Catching

Cover adalah sarana promosi podcast yang tidak bisa disepelekan. Terkadang, minat seseorang muncul hanya dari hasil melihat cover saja. Oleh karenanya, cobalah untuk membuat cover yang menarik, eye catching dan juga unik. Jika perlu, tambahkan foto Anda sebagai pemanis untuk branding Anda di masa depan.

2.      Promosikan ke Teman Terdekat

Memanfaatkan circle pertemanan adalah sarana promosi yang cukup efektif. Anda bisa memulainya dengan menyebarkan link siaran podcast secara personal. Biasanya, teman Anda akan kembali menyebarkan link siaran jika konten siaran menarik untuk didengar. Secara tidak langsung, Anda berhasil menyebarkan podcast ke cakupan yang lebih luas lagi.

Baca juga : 5 Strategi Marketing Anti Mainstream yang Wajib Dicoba!

3.      Manfaatkan Sosial Media

Sosial media adalah media promosi terakhir yang bisa dipilih. Selain gratis, promosi di sosial media berpotensi menghadirkan pendengar dengan jumlah yang banyak. Sebab, jangkauan sosial media sendiri sangatlah luas dan tidak terbatas. Jadi, mulailah untuk mengiklankan podcast Anda di Instagram, facebook, twitter, dan di semua sosial media yang dimiliki.

Itulah tips Cara membuat podcast sendiri yang cocok untuk pemula. Mulai siaran dari sekarang, pastikan untuk tetap konsisten, dan promosikan podcast sesering mungkin.

Tags: bagaimana cara membuat podcast sendiri cara membuat podcast sendiri

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar