10 Tips Berbisnis ala Bob Sadino yang Wajib Diketahui Calon Pebisnis

Cara Berbisnis Bob Sadino – Anda berencana merintis sebuah bisnis? Jika ya, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips berbisnis ala Bob Sadino berikut sebelum memulai bisnis.

Dengan berbekal tips memulai bisnis dari salah satu pebisnis sukses di Indonesia ini diharapkan Anda punya pondasi yang kuat untuk memulai bisnis. Anda tentunya tidak akan mudah putus asa di awal perjalanan bisnis, mengingat seorang Bob Sadino pun ternyata memulai bisnisnya dengan beragam kesulitan.

Seperti apa tips berbisnis ala pengusaha yang selalu tampil nyentrik tersebut? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Tips Berbisnis Ala Bob Sadino Yang Menginspirasi

Berikut ini adalah beberapa cara berbisnis yang baik ala om Bob Sadino yang penting dipelajari oleh para pemula, yaitu:

Berani melangkah

tips berbisnis ala Bob Sadino

tips berbisnis ala Bob Sadino

Apapun bisnis yang akan Anda rintis nantinya, jangan pernah ragu untuk memulainya. Jika Anda ragu, maka ide bisnis yang Anda miliki tentunya tidak akan berkembang dan menghasilkan sesuatu. Inilah yang seringkali membuat seseorang gagal memulai bisnis. Padahal untuk bisa sukses berbisnis sebenarnya diperlukan ketekunan, bukanlah pertimbangan yang justru membuat seorang pebisnis ragu untuk membuat keputusan. Inilah salah satu tips berbisnis ala Bob Sadino yang perlu Anda terapkan, mengingat dalam menjalankan bisnis, almarhum cenderung tidak banyak pertimbangan.

Biarkan bisnis mengalir begitu saja

Selain berani melangkah dan mengambil keputusan, Om Bob Sadino juga menyarankan Anda untuk membiarkan bisnis mengalir begitu saja. Jangan membuat terlalu banyak rencana mengenai bisnis yang akan Anda jalankan. Hal ini untuk mencegah Anda terpaku pada rencana tersebut, sehingga ketika rencana tersebut gagal Anda tidak lantas putus asa.

Selain itu, rencana yang Anda buat diatas kertas seringkali justru berbeda dengan kenyataan bisnis di lapangan. Kenyataan di lapangan cenderung lebih rumit. Bisnis tidak akan terus menerus berjalan sesuai dengan rencana. Karenanya dengan menganut salah satu tips berbisnis ala Bob Sadino ini, Anda diharapkan bisa lebih leluasa dalam menjalankan bisnis tanpa melupakan tujuan awal Anda menjalankannya.

Tetap rendah hati

tips berbisnis ala Bob Sadino terbaru

tips berbisnis ala Bob Sadino terbaru

Salah satu tips berbisnis ala Bob Sadino yang juga perlu jadi pegangan adalah tetap rendah hati, terutama ketika bisnis mencapai kesuksesan. Jangan pernah merasa lebih dan teruslah merasa kurang. Hal ini akan membuat Anda terus belajar dan mau menerima masukan dari banyak orang. Dengan begitu, Anda berpeluang untuk lebih memahami bisnis yang sedang dijalankan. Dampaknya tentu akan semakin positif terhadap perkembangan bisnis Anda.

Jadi diri sendiri

Meniru bisnis orang lain memang sah sah saja. Namun akan lebih baik rasanya jika Anda bisa menemukan ide bisnis yang benar benar masih baru. Inilah sebenarnya inti dari menjadi diri sendiri yang juga merupakan salah satu tips berbisnis ala Bob Sadino. Dengan ide bisnis yang benar benar baru, bisnis Anda jadi lebih berpeluang untuk laku keras.

Namun untuk bisa menghasilkan sebuah ide bisnis yang benar benar masih baru memang tidaklah mudah. Jika kondisinya demikian, Anda bisa meniru bisnis yang sudah ada. Lalu lakukan sedikit inovasi terhadap produk atau jasa yang akan ditawarkan, sehingga produk atau jasa tersebut bisa memiliki nilai lebih di mata calon pelanggan.

Jangan takut untuk mencoba

Banyak orang yang gagal memulai bisnis karena sedari awal sudah takut untuk mencobanya. Apakah Anda juga pernah mengalaminya? Jika ya, coba hilangkan rasa takut itu. Menjalankan bisnis memang penuh dengan ketidakpastian. Namun jangan jadikan ketidakpastian dalam bisnis sebagai penghalang langkah Anda. Contohlah usaha Bob Sadino yang bahkan sejak awal bisnisnya sudah memiliki pesaing. Namun beliau tidak gentar sedikit pun, sehingga akhirnya bisnis yang ditekuninya tersebut bisa menuai kesuksesan.

Mulai semuanya dari bawah

tips berbisnis ala Bob Sadino 2017

tips berbisnis ala Bob Sadino 2017

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Apalagi jika bisnis tersebut Anda rintis dari awal. Namun dengan merintis bisnis dari awal, Anda jadi tahu seluk beluknya. Hal inilah yang juga ditekankan oleh seorang Bob Sadino pada para pebisnis pemula. Beliau yang sebenarnya merupakan seorang ahli waris dari kedua orang tua yang cukup berada justru memilih untuk merintis bisnis dari bawah. Intinya jangan pernah mengandalkan siapapun ketika menjalankan bisnis, sehingga Anda bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar.

Jangan membatasi diri

Cara berbisnis om Bob Sadino berikutnya adalah tidak membatasi diri. Ketika menjalankan bisnis, jangan pernah memberikan batasan batasan tertentu pada diri Anda. Seringkali orang menentukan target bisnis tertentu untuk dicapai. Membuat target bisnis memang sah sah saja. Namun seringkali target tersebut justru menjadi pembatas. Ketika target sudah tercapai, banyak orang yang tidak lagi mau bersusah payah untuk bisa melampaui target yang ada. Padahal bisa jadi dengan kemampuan yang dimiliki, ia bisa mencapai lebih. Karenanya dalam berbisnis, upayakan untuk tidak membatasi kemampuan Anda dengan target tertentu, sehingga Anda bisa lebih bebas berkreasi.

Jangan takut gagal

Bisnis memang tidak bisa diprediksi. Bisa jadi saat memulai bisnis, ia berjalan lancar dan mampu meraup keuntungan yang cukup besar. Namun setelah itu bisa jadi bisnis mulai mengalami penurunan. Pasang surut seperti ini seringkali membuat banyak orang ragu untuk menjalankan bisnis. Apakah Anda juga termasuk yang ragu untuk mulai menjalankan bisnis? Jika ya, maka bisnis Anda tidak akan pernah berjalan.

Untuk itu coba buang jauh jauh pikiran negatif tentang kegagalan bisnis. Sama halnya dengan keberhasilan, kegagalan juga bisa menimpa siapa saja. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya, sehingga ketika bisnis tak berjalan dengan baik, Anda bisa segera bangkit untuk mencari solusinya. Bukan malah ragu dan berprasangka bahkan sebelum memulai bisnis.

Tidak perlu menjadi pandai untuk memulai bisnis

tips berbisnis ala Bob Sadino 2017

tips berbisnis ala Bob Sadino 2017

Menurut om Bob Sadino, untuk memulai bisnis tidak perlu jadi pandai terlebih dulu. Bahkan menurut beliau rata rata orang yang memutuskan untuk berwirausaha adalah mereka yang memiliki nilai rendah di sekolah. Dengan nilai yang rendah, mereka jadi sulit diterima bekerja di perusahaan. Akibatnya mau tidak mau mereka harus berwiraswasta untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berbeda dengan orang yang memiliki nilai tinggi, mereka biasanya lebih mudah diterima di perusahaan. Hal ini membuat mereka jadi enggan untuk berwiraswasta, terutama jika sudah mencapai karir yang bagus dengan gaji tinggi.

Jangan perhitungan

Bisnis memang biasanya diidentikkan dengan untung rugi. Namun orang biasanya lebih fokus untuk mencari keuntungan. Padahal sesekali bisnis juga bisa mengalami kerugian. Namun justru melalui kerugian yang dialami Anda bisa belajar bagaimana cara untuk meraup untung. Karenanya jangan hanya fokus pada keuntungan semata. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi kerugian dan cari tahu apa yang menjadi penyebab kerugian tersebut.

Memulai bisnis memang diperlukan banyak pertimbangan dan persiapan. Namun jangan hanya terfokus pada keduanya. Anda justru disarankan untuk lebih sering menimba ilmu pada pebisnis lain yang lebih berpengalaman. Salah satunya dengan mencoba 10 tips berbisnis ala Bob Sadino yang kami bagikan tersebut di atas. Dengan tips tersebut diharapkan Anda bisa lebih termotivasi dalam menjalankan bisnis sehingga bisa meraih kesuksesan sesuai dengan yang diharapkan.

Загрузка...

Tags: bagaimana tips berbisnis ala Bob Sadino tips berbisnis ala Bob Sadino tips berbisnis ala Bob Sadino terbaru tips sukses berbisnis ala Bob Sadino trik dan tips berbisnis ala Bob Sadino

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.
    1. author

      Gadai Bpkb Cepat3 tahun agoBalas

      Tips yang memang perlu di pelajari jika ingin sukses seperti beliau

    Berikan komentar