10 Tips Persaingan Bisnis Secara Sehat

Bisnis Anda mulai ada pesaing? Jangan khawatir karena persaingan bisnis secara sehat merupakan hal yang wajar. Keberadaan pesaing sebenarnya sangat diperlukan saat menjalankan bisnis. Dengan adanya pesaing, maka Anda akan terus terpacu untuk melakukan yang terbaik dalam bisnis. Namun adakalanya keberadaan pesaing justru menenggelamkan bisnis Anda. Nah jangan biarkan hal tersebut sampai terjadi. Kenali tanda tandanya dengan baik dan segera lakukan sesuatu untuk melawan persaingan bisnis yang ada. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa bersaing dengan pesaing bisnis Anda.

Lakukan inovasi produk

cireng saus berupa bumbu rujak.

cireng saus berupa bumbu rujak.

Salah satu cara untuk menghadapi persaingan bisnis secara sehat ialah dengan melakukan inovasi produk. Misalnya Anda memiliki usaha cireng rumahan yang mulai banyak saingan. Nah agar cireng produksi Anda tetap diminati pelanggan, Anda bisa melakukan inovasi dengan cara menambahkan saus berupa bumbu rujak. Saus ini nantinya berfungsi sebagai pelengkap cireng, sehinggat bisa lebih nikmat saat disantap. Selain saus, Anda juga bisa menambahkan bahan isian seperti daging ayam, selai buah, abon dan bahan isian lainnya, sehingga cireng buatan Anda punya ciri khas.

Lakukan inovasi layanan

Inovasi produk ternyata juga perlu diimbangi dengan inovasi layanan sebagai salah satu cara untuk menghadapi persaingan bisnis secara sehat. Inovasi layanan yang dimaksud adalah dengan meningkatkan pelayanan Anda terhadap pembeli. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada setiap pembeli yang datang. Dengan pelayanan yang baik, maka pembeli tentu akan betah berbelanja di tempat Anda. Jika sudah demikian, ia biasanya akan menceritakan pengalamannya berbelanja di tempat Anda pada orang lain. Hal ini tentu bisa membantu meningkatkan penjualan Anda nantinya.

Pasang harga yang sesuai dan masuk akal

Masalah penentuan harga produk bisnis Anda ternyata bisa membantu Anda untuk menghadapi persaingan bisnis secara sehat. Harga produk bisa menjadi penentu mengenai berhasil atau tidaknya Anda memenangkan persaingan. Karenanya usahakan agar Anda tidak mematok harga produk yang terlalu tinggi. Berikan harga yang sewajarnya. Bahkan jika memungkinkan, tawarkan produk dengan harga yang lebih rendah dari harga jual yang ditawarkan pesaing. Dengan begitu pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

 

cireng saus berupa bumbu rujak enak

cireng saus berupa bumbu rujak enak

Memasang harga produk yang lebih rendah dari harga yang ditawarkan pesaing memang dapat membantu Anda menghadapi persaingan bisnis secara sehat. Namun jangan sampai melupakan perhitungan keuntungan. Masalah penentuan harga produk memang merupakan keputusan mutlak Anda sebagai pemilik bisnis. Namun sebelum memutuskan harga, lakukan beberapa pertimbangan sehingga Anda nantinya tidak merugi.

Tingkatkan kualitas produk

Kualitas produk sangat mempengaruhi minat para pembeli. Karenanya pastikan produk Anda memiliki kualitas terbaik. Hal ini sangat penting mengingat dengan memberikan produk yang berkualitas, besar kemungkinan bagi produk Anda untuk jadi pilihan utama para pembeli. Jika perlu kualitas produk Anda harus melebihi kualitas produk pesaing, sehingga nantinya pembeli akan memprioritaskan produk Anda dibanding produk pesaing.

Jangan terpengaruh dengan apa yang dilakukan pesaing

Seringkali dalam menjalankan bisnis, kita justru malah fokus pada apa yang dilakukan pesaing. Terlebih ketika produk pesaing ternyata lebih diminati dari produk bisnis kita. Hal ini perlu dihindari karena bisa mempengaruhi bisnis Anda. Jika Anda terlalu fokus pada apa yang dilakukan pesaing, maka Anda tentu akan kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan hal lain. Karenanya jangan sampai fokus Anda teralihkan.

cireng saus berupa bumbu rujak terbaru

cireng saus berupa bumbu rujak terbaru

Kendati akan lebih baik jika Anda tidak terlalu fokus pada pesaing, Anda tetap disarankan untuk belajar dari mereka. Pelajari bagaimana cara pesaing dalam menjaga kualitas produknya dan cara mereka melayani pembeli yang datang. Intinya ketika bisnis pesaing maju pesat, segeralah cari tahu apa rahasia mereka. Pelajari caranya kemudian implementasikan pada bisnis Anda sehingga bisnis yang Anda jalankan juga bisa meraih kesuksesan.

Perluas pasar

Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai menemui adanya pesaing, Anda tentu akan mulai berpikir untuk memperluas pasar Anda. Lakukan perluasan pasar sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Jika di tempat Anda berbisnis kini sudah ada pesaing, perluasan jangkauan bisnis memang perlu dilakukan. Anda bisa memanfaatkan keberadaan internet dan sosial media untuk menggaet konsumen baru. Dengan cara ini diharapkan bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik meski banyak saingan.

Lakukan evaluasi

Ketika bisnis mulai terhambat oleh adanya pesaing, segeralah lakukan evaluasi. Lakukan penilaian tentang apa yang sudah Anda lakukan untuk bisnis yang dijalankan. Misalnya apakah penjualan tetap berjalan dengan baik saat muncul pesaing? Atau apakah produk Anda masih diminati pelanggan? Lakukan evaluasi secara rutin untuk mendapatkan solusi menurunnya penjualan produk Anda. Jadi jangan menyerah begitu saja pada pesaing. Lakukan sesuatu agar produk Anda bisa tetap jadi prioritas pembeli sehingga penjualan bisa meningkat.

Temukan produk baru

Ketika produk Anda mulai mendapat pesaing, jumlah penjualan tentunya akan menurun. Nah saat hal ini terjadi coba pikirkan mengenai produk baru yang nantinya bisa kembali mendongkrak penjualan Anda. Produk baru yang dimaksud tidak selalu harus benar benar baru. Anda bisa menciptakan produk baru dengan memodifikasi produk sebelumnya. Kenali kekurangan dari produk sebelumnya. Jika memungkinkan jangan sampai pesaing tahu akan hal ini, sehingga ketika produk baru Anda muncul, Anda bisa kembali menguasai penjualan.

Jangan meremehkan pesaing

Seringkali ketika pesaing muncul, pebisnis lantas menganggapnya sebagai musuh. Karenanya wajar jika kemudian terjadilah persaingan bisnis yang tidak sehat. Padahal hal ini tidak ada untungnya sama sekali. Justru dengan bersahabat dengan pesaing, Anda bisa belajar dari mereka. Kenali produk mereka dengan baik dan cari tahu apa yang membuat produk mereka lebih disukai pembeli. Dengan begitu, Anda dan pesaing tetap bisa menjalankan bisnis masing masing karena produk yang Anda jual kali ini sedikit berbeda dari pesaing.

Kenali kebutuhan pelanggan

customer bisnis

customer bisnis

Menjalankan bisnis bukan hanya tentang bagaimana Anda menjual produk, melainkan juga tentang bagaimana Anda mengenali kebutuhan pelanggan. Kenali kebutuhan pelanggan dengan baik. Dengan mengenalinya, besar kemungkinan akan munculnya ide produk baru yang bisa jadi primadona, seperti halnya produk smartphone. Dulu untuk mengirim telepon genggam hanya bisa digunakan untuk telepon, berkirim pesan dan bermain game sederhana.

Namun berkat adanya smartphone, orang bisa melakukan semua hal dengan smartphone. Perusahaan smartphone telah berhasil mengenali kebutuhan banyak orang akan sebuah perangkat telepon yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga bisa membantu mengerjakan tugas tugas lainnya seperti mengetik, mengedit foto dan lain sebagainya.

Adanya persaingan bisnis memang seringkali dijadikan pertanda buruk oleh pebisnis. Namun ternyata tidak selamanya persaingan yang ada bisa berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis Anda. Terlebih jika Anda mau mengaplikasikan tips persaingan bisnis secara sehat diatas. Semoga bisa membantu bisnis Anda tetap bertahan di tengah persaingan yang ada.

 

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menghadapi persaingan yang tidak sehat -cara bersaing -contoh bersaing secara sehat -cara mengatasi persaingan usaha tidak sehat -cara bersaing secara sehat -cara bersaing dalam dunia bisnis -cara bersaing secara sehat dalam penjualan -cara bersaing dalam usaha yang sehat -bersaing secara sehat -cara bersaing sehat dalam bisnis -

Tags: bagaimana persaingan bisnis secara sehat cara persaingan bisnis secara sehat persaingan bisnis secara sehat persaingan bisnis secara sehat seperti apa tips persaingan bisnis secara sehat trik persaingan bisnis secara sehat tutorial persaingan bisnis secara sehat

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "10 Tips Persaingan Bisnis Secara Sehat"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    1. author

      showcasemu1 tahun agoBalas

      Artikel sangat bermanfaat sangat informatif. 🙂

    Tinggalkan pesan "10 Tips Persaingan Bisnis Secara Sehat"