Mau Mulai Investasi Emas? Kenali Keuntungan dan Kerugiannya

Hingga kini investasi emas memang masih terus menjadi pilihan para investor karena dianggap sebagai jenis investasi yang paling aman. Bagi para investor pemula yang ingin meminimalisir risiko besar, maka investasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan investasi emas termasuk ke dalam investasi yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Gadai Emas Tanpa Surat

Akan tetapi, sebelum mulai melakukan investasi emas, Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu semua hal yang berkaitan dengan emas terlebih dahulu. Misalnya mengenali keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan ketika berinvestasi emas.

Keuntungan Berinvestasi Emas

Ada berbagai jenis keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika memilih untuk berinvestasi emas. Apa saja keuntungannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Bisa Dijadikan Alat Tukar

Keuntungan pertama yang akan dirasakan ketika memilih investasi emas adalah dapat berguna ketika kondisi ekonomi sedang tidak menentu. Hal tersebut dikarenakan emas bisa dijadikan sebagai alat tukar. Ketika sedang mengalami situasi krisis, Anda tentunya bisa menggunakan jenis alat tukar yang satu ini untuk melakukan transaksi. Pasalnya emas sendiri merupakan jenis aset yang tidak akan terpengaruh oleh inflasi.

Cocok Disimpan Sebagai Dana Darurat

Keuntungan kedua dari investasi emas adalah cocok disimpan sebagai dana darurat. Selain tak akan terkena dampak dari inflasi, emas juga bisa disetarakan sebagai dana darurat yang efektif. Ketika terjadi terjadi inflasi, emas dan uang tunai tentunya dapat disetarakan, sehingga menabung atau berinvestasi emas akan jauh lebih mudah untuk dapat dijadikan sebagai alat pembayaran ketika terjadi krisis ekonomi. Menarik bukan?

Tak Ada Potongan Bunga

Keuntungan ketika dari investasi emas adalah tidak memiliki potongan bunga. Meskipun beberapa jenis tabungan emas kini menerapkan sistem emas, akan tetapi ada juga yang tidak menggunakan bunga ketika dilakukan. Contohnya adalah tabungan emas di Pegadaian. Di sini setiap orang sudah bisa memiliki tabungan emas tanpa harus dikenai potongan karena adanya bunga. Potongan sendiri bisa terjadi karena adanya biaya administrasi yang harus dibayarkan.

Baca juga:  Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Kerugian Berinvestasi Emas

Meskipun menawarkan beberapa keuntungan, namun investasi emas juga punya berbagai jenis kerugian yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda mulai berinvestasi. Di bawah ini adalah kerugian berinvestasi emas yang wajib Anda ketahui.

Harganya Fluktuatif

Harga emas yang sering mengalami naik turun atau fluktuatif tentunya menjadi kelemahan pertama dari instrumen investasi satu ini. meskipun harganya cenderung mengalami peningkatan, akan tetapi hal yang perlu diingat adalah kenaikannya tidak terjadi setiap hari. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang sebelum memilih jenis investasi ini.

Selain itu, kenaikan harga emas juga tidak akan terjadi dalam waktu yang cepat. Terkadang, emas juga bisa mengalami penurunan. Perubahan harga emas ini tentunya akan sering berdampak pada sulitnya para investor emas dalam menghitung nilai yang dimiliki dari instrumen investasi ini di masa mendatang.

Bersifat Investasi Jangka Panjang

Jika Anda mencari investasi dalam jangka waktu pendek, investasi emas tentu tidak akan cocok. Fluktuasi harganya memasang bisa terbilang besar tidak dapat dijadikan sebuah jaminan seorang investor bisa mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu singkat.

Baca juga : Anti Ribet, Ini Dia 7 Aplikasi Investasi Emas Terpercaya yang Bisa Anda Coba!

Kecenderungan harga emas naik tentunya membutuhkan proses yang memakan waktu panjang. Ini artinya, investasi emas bersifat investasi jangka panjang. Jika ingin menikmati keuntungan dari selisih beli dan harga penjualan yang tinggi tentunya tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat dan juga cepat. Jadi para investor pun harus lebih sabar dalam menunggu momentum yang tepat.

Kenaikan Harga Emas Cukup Lambat

Kelemahan lainnya dari investasi emas adalah pertumbuhan harganya yang lambat. Harga emas memang cenderung mengalami peningkatan saat keadaan perekonomian dalam keadaan tidak stabil. Akan tetapi, bisa saja pada waktu tersebut terjadi inflasi yang dapat mengakibatkan kenaikan sekaligus juga penurunan harga emas secara bersamaan. Ketika inflasi terjadi lebih tinggi daripada yang diperkirakan, tentunya tidak menutup kemungkinan jika harga emas jadi lebih tinggi. Namun begitu pula sebaliknya.

Baca juga:  Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan

Itulah informasi tentang keuntungan dan kerugian berinvestasi emas yang perlu diketahui. Sebelum memulainya, Anda sebaiknya mempelajari semua hal yang berkaitan dengan investasi emas agar dapat menikmati keuntungan secara maksimal.

Tags: cara Investasi Emas Investasi Emas

Berikan komentar