Intip Peluang Usaha Limbah Plastik dengan Untung Puluha Juta

Peluang usaha limbah plastik – Limbah, mendengar kata itu yang terlintas di benak adalah benda yang menjijikkan dan kurang bermanfaat. Karena memang limbah merupakan sesuatu yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Limbah jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan berbagai macam bencana yang tidak terduga. Bencana yang sering diakibatkan adalah banjir bahkan limbah yang menggunung dan berserakan bisa mengurangi keindahan dan menjadi sumber penyakit bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Untuk mengatasi limbah yang sudah tidak terkendali tersebut dibutuhkan daur ulang. Alasannya limbah plastik tidak akan pernah terurai meski sudah terpendam puluhan tahun lamanya sehingga akan mencemari sungai dan tanah di sekitarnya.

Prospek Bisnis Limbah Plastik

Sampah plastik

Sampah plastik

Untuk peluang usaha limbah plastik ini akan selalu prospektif mengingat saat ini banyak ditemukan limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar.  Mencari limbah plastik ini juga tidak sulit, selain itu Anda juga bisa bekerja sama dengan pemulung sampah atau pengepul. Bahan atau limbah plastik yang sudah terkumpul ini nantinya akan dicuci dan kemudian di giling menggunakan mesin, setelah itu diubah menjadi biji plastik dimana biji itulah yang akan dijual ke pabrik besar.

Prospek bisnis limbah plastik ini juga sangat cemerlang karena masih sepi peminat, namun keuntungan yang bisa didapatkan sangat menggiurkan. Keuntungan lainnya dengan adanya bisnis daur ulang limbah plastik lingkungan menjadi lebih bersih dan terbebas dari sampah.

Modal Awal

Untuk bisa menggeluti bisnis limbah plastik ini Anda harus mengeluarkan modal awal yang tidak sedikit. Alasannya adalah alat yang dibutuhkan untuk daur ulang sampah ini cukup banyak dan harganya pun cukup mahal. Modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha limbah plastik ini kurang lebih 25 juta rupiah dimana dengan modal tersebut Anda bisa membeli mesin giling plastik, mesin oven pengering, pompa air, selang, timba, kursi, pisau crusher, alat pres manual, mesin penggerak, dan juga peralatan tambahan lainnya.

Biaya Operasional

Salah satu hal yang menyebabkan peluang usaha limbah plastik belum banyak di lirik karena biaya operasionalnya cukup besar.  Dalam sebulan biaya yang harus Anda keluarkan kurang lebih 5 juta rupiah dimana dengan biaya itu Anda bisa sewa bangunan dan juga gudang, biaya listrik, gaji beberapa orang karyawan, pembelian karung, biaya air, biaya bbm, dan lain sebagainya.

Analisa Keuntungan

Tidak hanya peluang usaha limbah plastik saja yang wajib untuk Anda ketahui namun analisa keuntungan usaha dari bisnis ini juga wajib diketahui. Peluang usaha ini sangat menggiurkan karena memang keuntungan yang akan Anda dapatkan tidak sedikit. Untuk keuntungan yang didapatkan ini sangat tergantung dengan hasil dari banyaknya limbah plastik yang sudah di daur ulang tersebut.

Misalnya dalam sehari Anda bisa menghasilkan daur ulang 100 kg limbah plastik dengan  harga per kg 15 ribu maka dalam sehari keuntungan Anda adalah 1,5 juta rupiah. Kemudian dalam 1 bulan pendapatan Anda sebesar 45 juta rupiah. Dengan hasil ini Anda akan bisa menutup modal awal dan juga biaya operasional. Banyak pebisnis limbah plastik yang sukses mengungkapkan bahwa dalam satu hari produksi daur ulang limbah tersebut bisa mencapai 600 kg. Semakin banyak hasil daur ulang limbah plastik, akan semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Keuntungan dan Kekurangan Usaha Limbah Plastik

Meski peluang usaha limbah plastik ini sangat terbuka dengan lebar namun ada baiknya jika Anda tahu keuntungan dan kekurangan bisnis ini terlebih dahulu. Alasannya adalah setiap bisnis ini memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Keuntungan dari bisnis ini adalah bisa menjadi sarana pembersih lingkungan dan juga melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu saja Anda juga mengolah barang bekas atau sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan juga bernilai tinggi.

Kompetitor dari bisnis limbah plastik pun tidak banyak sehingga Anda bisa memenangkan persaingan bisnis. Kekurangannya adalah sering mendapatkan komplain dari masyarakat yang menganggap bahwa bisnis ini bau dan mengganggu kenyamanan masyarakat. Selain itu kelemahan lainnya adalah modal yang dikeluarkan cukup fantastis sehingga hanya yang memiliki modal banyak saja yang bisa menggeluti bisnis ini. Biaya operasionalnya juga tinggi sehingga kesalahan dalam pengelolaan keuangan menyebabkan operasional bisnis menjadi terhambat.

Tips Menjalankan Bisnis limbah Plastik

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat akan menggeluti bisnis limbah plastik ini. Tips yang pertama adalah memilih lahan yang tepat untuk digunakan sebagai gudang penyimpanan plastik bekas dan menyimpan hasil biji plastik. Selain itu siapkan modal dan hitung modal dengan saksama karena salah perhitungan membuat bisnis tidak berjalan lancar. Selanjutnya adalah Anda harus memiliki beberapa karyawan sekaligus dan Anda tidak bisa menggeluti bisnis ini seorang diri. Tips yang terakhir adalah Anda harus bekerja sama dengan pengepul sampah plastik dan bekerja sama dengan pemulung.

 

Demikianlah peluang usaha limbah plastik dan analisa usahanya yang menarik disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: daftar peluang usaha limbah plastik peluang usaha limbah plastik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar