Ini Dia 9 Keuntungan Investasi Berlian yang Menggiurkan!

Ada banyak keuntungan investasi berlian yang belum disadari banyak orang.  Berlian merupakan jenis batu atau logam mulia yang paling mahal, langka dan keras di dunia. Hal itulah yang membuat berlian menjadi instrumen investasi yang banyak dilirik dan menjadi alat bisnis yang potensial.  Meski terdengar mahal dan mewah, siapa saja juga bisa memulai Investasi berlian. Ada berbagai jenis berlian dengan harga terjangkau yang bisa Anda beli di toko emas atau berlian di sekitar tempat tinggal Anda.  Lantas apa saja keuntungan investasi berlian tersebut? Yuk simak di bawah ini:

keuntungan investasi berlian

Memiliki Harga Murni

Keuntungan investasi berlian pertama adalah memiliki harga murni. Berbeda dengan emas atau saham yang harganya sering dikontrol oleh pemerintah. Berlian bebas dari hal itu semua. Harga yang dibanderol murni sesuai dengan kualitas berlian itu sendiri dan hanya diatur oleh pihak penjual dan pembeli

Terus Meningkat

Jika Anda ingin investasi yang menguntungkan, investasi berlian yang satu ini bisa menjadi investasi yang tepat. Mengapa demikian? alasannya tentu saja karena harga atau nilainya akan terus mengalami peningkatan. Berlian memang kebal inflasi yang tidak mengalami perubahan atau penurunan harga saat krisis ekonomi itu terjadi. Harga berlian bisa meningkat jika jenisnya langka dan permintaan tinggi. Ditambah lagi jika berlian yang dimiliki sangat indah tentu nilai yang akan dimiliki berlian tersebut akan semakin meningkat dan bertambah.

Tidak Butuh Biaya Perawatan

Seperti batu dan logam mulia emas, berlian tidak membutuhkan perhatian khusus saat penyimpanan. Berlian menjadi batu mulia yang paling tahan banting di bumi. Berlian yang diletakkan di tempat yang sama dan dalam jangka waktu lama tidak akan merusak fisik maupun mempengaruhi harga berlian itu. Meski tempat penyimpanan lembab dan kotor berlian tidak mudah hancur atau tergores.

Baca juga:  Definisi dan Pengertian Investasi Yang Wajib Anda Pahami

Aman dari Inflasi

Yang membedakan berlian dengan emas adalah berlian ini aman dari inflasi. Harga dari berlian akan tetap sama, jadi Anda tidak perlu khawatir atau was-was memilih waktu yang tepat untuk menjual berlian Anda karena tidak sama dengan investasi properti.

Tidak Memakan Ruang Penyimpanan

Selain tahan lama, berlian tidak membutuhkan ruang yang besar dalam penyimpanannya. Berbeda dengan barang mewah lainnya seperti tas atau sepatu yang membutuhkan ruangan khusus. Anda bisa meletakkan di brankas kecil yang bisa menjadi tempat aman di rumah. Agar lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan penyimpanan safe deposit box sama seperti saat di bank

Tidak Sulit Memulai

Anda yang ingin investasi berlian tidak akan sulit untuk memulainya. Anda sebagai pemula bisa mulai Investasi kapan saja, berbeda dengan investasi lainnya yang harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Menjalankan investasi berlian juga cukup mudah berbeda dengan investasi saham yang teknik dan strategi yang Anda lakukan harus tepat. Salah dalam melakukan strategi akan membuat modal Anda menjadi hilang.

Rendah Resiko

Keuntungan investasi berlian selanjutnya adalah rendah resiko. Dibandingkan dengan saham dan investasi lainnya berlian tidak memiliki resiko sama sekali. Resiko yang mungkin terjadi adalah hilang atau dicuri. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menyimpan berlian tersebut di tempat yang benar-benar aman.

Multifungsi

Keuntungan investasi berlian selanjutnya adalah multifungsi. Anda tidak hanya bisa menjadikan berlian tersebut sebagai investasi saja namun juga bisa dijadikan sebagai perhiasan. Dengan menjadikan berlian sebagai perhiasan  akan membuat penampilan Anda menjadi lebih elegan dan mewah.

Baca juga : Investasi Emas atau Berlian, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bisa Diwariskan

Berlian bisa menjadi perhiasan yang bisa diwariskan.  Orang tua kerap meninggalkan warisan untuk anak dan cucu. Biasanya mereka akan mewariskan benda yang bisa dijadikan sebagai pegangan hidup di masa depan. Selain properti dan emas, berlian bisa menjadi warisan yang bernilai tinggi. Perhiasan berlian juga bisa digunakan secara turun temurun hingga generasi selanjutnya.

Baca juga:  Jangan Salah, Ini 6 Tips Mengenalkan Investasi Kepada Anak yang Tepat!

Membedakan Berlian yang Asli dan Palsu

Jangan mudah tergiur dengan harga berlian yang murah karena bisa jadi berlian tersebut palsu.  Anda harus tahu mana berlian yang asli dan mana yang palsu. Lalu bagaimana sih cara membedakan berlian palsu dan asli? Simak di bawah ini ya!

  1. Tidak Mudah Retak dan Tergores

Berlian yang palsu akan mudah retak dan tergores, begitu pula sebaliknya. Anda bisa mengecek keaslian berlian dengan menggores atau membantingnya. Jika berlian tersebut rusak dan tergores keasliannya patut dipertanyakan.

  1. Cek Sertifikat

Agar tidak rugi, Anda bisa mengecek keaslian berlian melalui sertifikat. Berlian yang asli biasanya memiliki sertifikat, selain itu ada beberapa lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut misalnya GIA, AGS, EGL dan sebagainya.

Baca juga : Kenali Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu

  1. Tidak Mengapung di Air

Yang terakhir, berlian tidak mengapung di air.  Supaya tidak tertipu Anda bisa mengetes berlian dengan memasukkannya ke dalam air. Jika berlian mengapung itu tandanya berlian tersebut palsu.

Banyak sekali keuntungan investasi berlian yang sangat sayang untuk Anda lewatkan, untuk keuangan atau financial yang lebih baik yuk mulai menata keuangan dengan mulai berinvestasi sekarang juga!

Tags: keuntungan dan kelemahan investasi berlian keuntungan investasi berlian mengapa harus investasi berlian

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Ini Dia 9 Keuntungan Investasi Berlian yang Menggiurkan!"