7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil, Mudah dan Tidak Ribet

Jiwa bisnis tidak lahir begitu saja. Ia harus terus dilatih dan juga diasah oleh pengalaman. Anda yang tertarik untuk berbisnis bisa memulainya dari skala yang paling kecil. Misalnya, mencoba ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ribet. Bisnis rumahan cenderung minim risiko namun tetap berpotensi mengalami perkembangan.

Bisnis Scrapbook

Bisnis Scrapbook

Sayangnya, tidak semua orang siap untuk memulai bisnis mereka. Kendalanya beragam, mulai dari ketersediaan modal, kurangnya wawasan atau tidak mau mengambil risiko. Mereka cenderung bermain aman dan memilih bekerja sebagai karyawan. Padahal, menjadi seorang karyawan tetap memiliki risikonya sendiri. Sebut saja kemungkinan mengalami PHK yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi pebisnis dan memulai usaha sendiri. Berikut kami berikan 7 ide bisnis yang bisa dimulai dari rumah.

Dropshipper

Dropship adalah pilihan usaha yang paling disarankan untuk pebisnis pemula . Dropship sendiri adalah sistem usaha yang menjual barang ke pelanggan tanpa harus memiliki stok barang. Seorang dropshipper cukup mempromosikan barang yang ingin dijual kepada konsumen di ritel-ritel online. Kemudian, dropshipper juga wajib mencatat data-data pembelian seperti nama, alamat dan juga nomor HP. Nantinya, barang dikirim oleh supplier yang namun menggunakan nama Anda sebagai pengirim.

Sistem seperti ini memudahkan Anda yang ingin berbisnis namun terkendala masalah modal. Sebab, Anda nyaris tidak mengeluarkan uang untuk modal produksi atau pun memikirkan biaya pengiriman. Meskipun minim modal, banyak orang berhasil sukses setelah menjalankan bisnis ini.

Bisnis Scrapbook

Ide bisnis rumahan modal kecil yang kedua adalah berjualan scrapbook. Scrapbook adalah seni menghias foto yang ditempelkan di atas media kertas. Kesenian ini punya nilai jual yang lumayan meskipun tidak memerlukan modal besar. Nantinya, scrapbook bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun, kado  wisuda, dan berbagai tujuan lainnya.

Bisnis scrapbook cocok dilakukan oleh kaum millennials. Sebab, bisnis ini hanya mengandalkan kreatifitas saja dan kemauan untuk memulainya. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berbisnis dan memasarkan produk kepada konsumen.

Freelance

Freelance adalah bisnis rumahan yang bisa dilakukan secara online. Secara umum, freelancer menawarkan suatu jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Jenis jasa yang ditawarkan tentu beragam, tergantung skill dan kemampuan. Contohnya, freelance writer, penerjemah, entry data, editing, dan lain-lain.

Bagaimana cara memulai usaha freelance? Anda bisa bergabung bersama platform yang menawarkan jasa freelance di internet. Platform ini menjembatani freelancer dengan konsumen untuk bekerja sama. Jika speakat, maka tinggal eksekusi pekerjaan dan hasil bisa didapat setelah projek selesai.

Cuci Sepatu

Jasa cuci sepatu cukup diminati oleh masyarakat. Meskipun sederhana, nyatanya banyak orang yang membutuhkan jasa ini karena bisa menghemat waktu dan tenaga mereka. Selain cuci sepatu, jasa ini meliputi reparasi, recolor dan lain-lain.

Jika tertarik dengan usaha cuci sepatu, ada beberapa barang yang harus disiapkan. Misalnya, cairan pembersih, sikat dan lap, pemutih, pewarna sepatu, parfum sepatu dan lain-lain. Alat-alat tersebut relatif murah dan bisa didapat di banyak tempat.

Jual Case HP Kreatif

Case HP kreatif sedang viral akhir-akhir ini. Banyak orang merasa bosan dengan desain case HP yang bentuknya itu-itu saja. Alhasil, case HP kreatif pun mulai diburu dan dicari oleh konsumen. Artinya,  peluang bisnis baru yang bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Anda bisa menjual case HP dengan pilihan desain yang cukup menarik. Atau, bisa juga menerapkan custom order dan membiarkan konsumen untuk memilih desain sendiri. Kemudian, cobalah untuk mempromosikan bisnis di internet lewat media sosial ataupun toko online.

Jasa Make Up

Ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuka jasa make up. Anda yang punya keahlian dalam merias wajah bisa mencoba bisnis yang satu ini. Jasa ini banyak dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, seperti wisuda, pernikahan, atau acara-acara penting lainnya.

Baca juga : Ide Bisnis 2020 Paling Potensial untuk Digeluti

Untuk mengoptimalkan bisnis ini, cobalah untuk melakukan promosi di media sosial. Misalnya, membuka akun Instagram dan mulai membangun feed semenarik mungkin. Pasang foto hasil make up terbaik untuk menarik perhatian para followers.

Bimbel Online

Terakhir, ada bisnis bimbel online yang bisa Anda mulai dari rumah. Bimbel tetap dibutuhkan oleh para siswa sebagai ilmu penunjang di sekolah mereka. Apalagi, semenjak pandemi berlangsung sangat sulit menemukan jasa bimbel yang bisa dikunjungi secara offline. Di sini ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan secara siapa saja.

Bimbel online patut dipertimbangkan sebagai Ide bisnis rumahan modal kecil yang terbaik. Sebab, bisnis ini hanya mengandalkan skill saja dan kemampuan Anda dalam mengajar. Di sisi lain, sistem online juga memungkinkan Anda untuk mulai mengajar dari rumah saja. Jadi, selain mudah bisnis ini juga tergolong murah untuk dilakukan.

 

Tags: Ide bisnis rumahan modal kecil Ide bisnis rumahan modal kecil terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar