5 Peluang Usaha di 2022 Paling Menjanjikan

Setelah dilanda pandemi selama 2 tahun, kondisi ekonomi Indonesia mulai mengalami perbaikan. Sektor bisnis yang awalnya tumbang kini mulai bangkit dan berjalan seperti normal. Momentum baik ini bisa Anda manfaatkan untuk mulai menjalankan bisnis sendiri. Apalagi, banyak peluang usaha di 2022 yang bisa Anda manfaatkan secara optimal.

Sebagian orang masih ragu untuk memulai bisnis di masa pandemi. Alasannya jelas, yaitu banyaknya pengetatan aturan yang bisa menghambat operasional bisnis. Padahal, jika bisnis dijalankan secara serius dan konsisten maka peluang meraih kesuksesan pun tetap terbuka lebar. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, berikut kami berikan 5 referensi ide usaha yang menjanjikan di tahun 2022.

Bisnis Kuliner

Kuliner adalah pilihan bisnis yang tak akan pernah mati. Usaha kuliner disukai oleh masyarakat, apalagi jika disertai dengan inovasi yang menarik. Hasilnya, kita bisa lihat bahwa banyak pelaku bisnis kuliner berhasil meraih kesuksesan setelah menjalankan usaha mereka. Yang terpenting adalah konsistensi dan terus berimprovisasi dalam menciptakan sesuatu yang kreatif.

Salah satu tantangan memulai usaha kuliner adalah keterbatasan modal. Banyak orang yang menganggap bahwa memulai bisnis kuliner memerlukan modal yang cukup besar. Faktanya, bisnis ini bisa Anda jalankan bahkan dengan modal yang terbatas. Misalnya, Anda bisa mulai menjual makanan ke orang-orang di sekitar lingkungan. Atau, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dalam memasarkan produk. Selama terus kreatif dalam menciptakan ide pasti ada jalan untuk meraih kesuksesan.

Beberapa ide usaha kuliner yang bisa Anda coba antara lain makanan ringan, frozen food, minuman kekinian, dan lain-lain. Kuliner tersebut tidak memerlukan resep yang rumit sehingga siapa pun bisa melakukannya. Tinggal pilih yang sesuai dan sesuaikan dengan potensi pasar yang Ada.

YouTuber

Peluang peluang usaha di 2022 selanjutnya adalah menjadi Youtuber. YouTube menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Miliaran orang menyaksikan video YouTube setiap hari dari berbagai genre dan kategori yang berbeda. Kondisi ini memberi banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan semua orang.

Ribuan orang di dunia berhasil mengubah nasib mereka setelah mengenal YouTube. Mereka mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta, atau bahkan miliaran rupiah setiap bulan. Sumber uang ini datang dari iklan yang tayang lalu ditonton oleh orang yang menonton video. Nah, jika ingin bernasib sama mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk menjadi seorang YouTuber.

Syarat utama menjadi YouTuber adalah memiliki kreativitas yang tidak terbatas. Anda hanya perlu menyiapkan konsep untuk membangun channel dari awal. Alat dan teknologi berperan sebagai penunjang saja. Ia tidak menjamin kesuksesan untuk memulai karier sebagai YouTuber. Nyatanya, banyak YouTuber sukses dan memiliki jutaan subscriber hanya bermodalkan smartphone saja.

Les Online

Meskipun kondisi mulai membaik, bukan berarti kita sepenuhnya terlepas dari pandemi. Banyak pembatasan yang masih diberlakukan seperti yang terjadi pada bidang pendidikan. Proses belajar mengajar masih dilakukan dari rumah atau dikenal dengan sistem study from home.

Di sisi lain, situasi ini justru memberi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satunya adalah usaha les online yang mengalami perkembangan cukup pesat. Les online dianggap efektif diterapkan di masa pandemi dan mendukung protokol jaga jarak. Nantinya, siswa dan guru bisa melakukan pembelajaran dari rumah masing-masing menggunakan jaringan internet.

Les online patut dipertimbangkan sebagai salah satu peluang usaha di 2022 yang paling menjanjikan. Sebab, tidak banyak modal yang diperlukan untuk mencoba bisnis yang satu ini. Secara umum, Anda hanya perlu menyiapkan kuota dan meningkatkan skill mengajar saja. Masalah pemasaran bisa mengandalkan sistem online yang tersedia.

Social Media Marketing

Peluang usaha yang sedang naik adalah sosial media marketing. Saat ini kebutuhan akan sosial media marketing terus mengalami kenaikan. Hal ini sejalan dengan bisnis digital yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga : 5 Tips Bisnis Sebagai Social Media Buzzer yang Sukses

Secara umum, tugas sosial media marketing adalah membuat konten, melakukan promosi, atau kebutuhan lainnya yang dilakukan secara online. Nantinya job desk akan disesuaikan dengan permintaan dari perusahaan yang menyewa Anda. Bila memiliki kemampuan di bidang marketing dan aktif di media sosial maka bisa mencoba profesi yang satu ini.

Jasa Content Writing

Ide usaha yang terakhir adalah jasa content writing. Profesi ini terasa lebih menyenangkan bagi Anda yang hobi menulis. Sebab, Anda bisa mendapatkan bayaran dari hobi yang dilakukan. Bayarannya pun relatif besar tergantung kualitas menulis yang Anda miliki.

Jasa content writing menjadi salah satu peluang usaha di 2022 yang menjanjikan. Sebab, kebutuhan artikel untuk internet terus meningkat sementara ketersediaan SDM nya sangat terbatas. Hanya saja, untuk bisa menjadi seorang content writer maka banyak hal yang harus dipelajari. Salah satunya adalah pengoptimalan SEO untuk memenangkan tulisan di halaman pertama google.

Tags: peluang usaha 2022 peluang usaha di 2022

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar