Ketahui 20 Daftar Istilah dalam Digital Marketing Berikut Ini

Daftar istilah dalam digital marketing – Seiring perkembangan teknologi, kegiatan pemasaran dan promosi  suatu brand atau produk perusahaan tidak hanya dilakukan melalui media cetak, radio, dan televisi. Kini, kegiatan pemasaran dan promosi produk dapat dilakukan melalui media digital dan internet atau biasa disebut dengan “digital marketing”.

Bisnis Digital Marketing

Bisnis Digital Marketing

Masalahnya, orang awam yang baru masuk ke dunia digital marketing pasti akan merasa bingung dengan beragam istilah dalam digital marketing. Apalagi digital marketing dibagi lagi dengan beberapa kategori, seperti: social media marketing, search engine, atau email marketing. Untuk itu, simak daftar istilah dalam

berikut ini:

Adsense Dan Adwords

Ini merupakan layanan pengiklanan konten pada platform Google. AdSense menyediakan berbagai jenis iklan mulai dari iklan untuk pencarian hingga iklan arahan untuk mempromosikan suatu produk atau brand.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau brand dari sebuah perusahaan. Jadi, pelanggan bukan hanya membeli tapi juga ikut mempromosikan produk tersebut.

Analytic

Analytic adalah sejumlah data dari suatu konten yang mencakup siapa saja yang tertarik dengan produk atau jasa di media sosial dan internet.

Autoresponder

Merupakan aplikasi yang dirancang untuk memberikan tanggapan secara otomatis. Bisa berupa pesan maupun komentar di sosial media, platform, maupun e-mail.

Backlink

Backlink merupakan tautan atau link yang bisa mengarahkan website kita ke website lain. Strategi ini dapat meningkatkan rank website menjadi lebih baik dan mudah ditemukan di mesin pencari.

Bpa (Biaya Per Akuisisi)

BPA adalah ukuran biaya untuk memperoleh pelanggan yang mengeklik tautan maupun melakukan aktivitas pembelian di media sosial maupun website bisnis Anda.

Selain BPA, ada pula biaya per impresi (BPI) dan biaya per klik (BPK) berdasarkan traffic konten.

Bulk Mail

Bulk mail cukup sering digunakan dalam daftar istilah dalam digital marketing. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan tentang e-mail biasanya dikirim ke banyak orang dari satu sumber. Contohnya newsletter, mailing, announcement, dan lain sebagainya.

Call To Action (Cta)

Call to Action adalah petunjuk atau perintah yang mendorong calon konsumen melakukan sebuah tindakan. CTA ini bisa berupa gambar atau teks di sebuah website.

Campaign

Dunia digital marketing tak jauh dengan istilah Campaign. Ini adalah berbagai aksi sebagai bentuk implementasi dari rencana marketing yang telah dirancang.

Conversion

Conversion merupakan target audiens yang biasanya sudah menjadi pelanggan berbayar sebuah produk atau perusahaan tertentu.

Conversion Rate Optimization (Cro)

Dalam digital marketing, CRO merupakan strategi yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan rate konsumen (conversion rate) pada bisnis website online.

CRO akan melakukan riset terhadap user website untuk memahami bagaimana perilaku mereka dan mencari cara agar trafik tinggi yang diikuti dengan conversion yang tinggi.

Cost Per Action (Cpa)

CPA merupakan daftar istilah dalam digital marketing yang cukup sering digunakan. CPA dapat diartikan sebagai biaya komisi pada publisher jika user yang ditargetkan melakukan action. Baik itu melakukan registrasi di landing page, mengisi formulir, membeli produk, atau hanya mendaftar sesuatu.

Impression

Impression adalah istilah yang dapat Anda lihat di beberapa media sosial. Ini adalah istilah yang dipakai untuk melihat berapa kali iklan ditayangkan pada iklan digital.

Inbound Dan Outbound Link

Inbound dan outbound link adalah istilah yang dipakai pada suatu aktivitas marketing yang umumnya bertujuan untuk menarik calon konsumen. Inbound link biasanya akan diarahkan ke dalam website produk/brand, sedangkan outbound link akan diarahkan ke website lain.

Landing Page

Landing page adalah laman sebuah website yang dibuat khusus untuk pemasaran produk atau brand. Umumnya, landing page akan muncul ketika calon konsumen mengklik CTA.

Lead

Lead merupakan istilah untuk para pelanggan yang memiliki potensi untuk melakukan transaksi apapun pada brand atau produk perusahaan.

Link Building

Saat Anda ingin meningkatkan kualitas website penting untuk melakukan link building. Caranya dengan membuat backlink sebanyak-banyaknya.

Multichannel Marketing

Ini adalah gabungan dua jenis marketing, yakni  marketing online dan marketing offline. Biasanya brand atau perusahaan akan mengandalkan dua transaksi, jadi tidak hanya mengandalkan platform online tapi juga kegiatan offline.

Baca juga : Pentingkah Kuliah Bagi Seorang Entrepreneur? Simak Penjelasannya Di Sini!

Search Engine

Search engine adalah mesin pencari, contohnya Yahoo, Bing, Never, dan Google. Dalam daftar istilah dalam digital marketing ada pula istilah Search Engine Marketing (SEM), Search Engine Optimization (SEO), dan Search Engine Result Page (SERP).

Unique Visitors

Unique Visitor adalah istilah untuk para pengunjung unik (bukan pengunjung lama) yang muncul beberapa kali pada data Analytics.

Itulah beberapa daftar istilah dalam digital marketing yang perlu Anda ketahui jika ingin memulai terjun ke dunia digital marketing.

Tags: Daftar istilah dalam digital marketing istilah dalam digital marketing

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar