5 Contoh Usaha Rumahan Paling Potensial yang Menjanjikan Profit Menggiurkan

Modal materi adalah aspek penting yang perlu Anda perhatikan untuk membangun usaha rumahan. Besar kecilnya modal materi untuk memulai usaha rumahan relatif bervariasi. Namun, selain modal masih ada aspek lain yang tidak kalah penting. Aspek lain yang dimaksud terdiri dari pengetahuan, perencanaan, keyakinan, keinginan dan sikap pantang menyerah.

Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan usaha rumahan Anda perlu mempersiapkan kedua aspek tersebut dengan matang. Berbicara mengenai bisnis rumahan sebetulnya ada banyak macamnya yang dapat Anda pilih. Berikut ini adalah lima contoh usaha rumahan paling potensial yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Berjualan Kue

Berjualan Kue

Keberadaan kue masih relatif istimewa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dikarenakan rata-rata dari mereka lumayan menyukai jenis camilan yang satu ini. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa berjualan kue di rumah mempunyai prospek cukup cerah. Terlebih lagi jika tempat tinggal Anda berada di lokasi yang strategis.

Terdapat beberapa jenis kue yang dapat Anda jual seperti brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles dll. Anda dapat berjualan kue di depan rumah dengan memasang displaynya agar menarik perhatian konsumen. Jangan lupa juga untuk memaksimalkan strategi promosi melalui keluarga, teman, tetangga hingga sosial media. Dalam berjualan kue, Anda juga bisa memanfaatkan momen penting untuk meningkatkan penjualan. Misalnya: acara ulang tahun, lebaran dan natal.

Membuka Jasa Laundry

Satu lagi contoh usaha rumahan paling potensial yang dapat Anda lakukan adalah membuka jasa laundry. Usaha laundry ini sangat cocok untuk dilaksanakan di sekitar area kampus, kost mahasiswa dan pekerja. Biasanya, sebagian besar dari mahasiswa maupun pekerja tidak mempunyai cukup waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka.

Membuka Jasa Laundry

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan mereka memilih menggunakan jasa laundry adalah karena hasil cucian lebih bersih, setrikaan rapi dan harganya terjangkau. Mengingat potensi bagus dari bisnis laundry ini, maka segala sesuatunya harus Anda persiapkan dengan matang. Dewasa ini, terdapat dua cara untuk memulai usaha laundry.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah memulai bisnis ini secara mandiri dengan merintis brand sendiri. Sementara itu, apabila Anda memilih cara kedua, maka usaha laundry bisa dimulai dengan menggunakan sistem waralaba (franchise). Khusus untuk cara yang kedua ini, Anda hanya perlu mempersiapkan sejumlah modal dan tempat sementara brand dan jaringan sudah terbangun.

Jualan Gorengan

Gorengan merupakan jenis makanan yang sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Hampir semua orang dari berbagai kalangan umur pasti menyukai kuliner yang satu ini. Kondisi ini tentu saja dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan. Caranya yaitu dengan berjualan gorengan di rumah yang Anda tinggali.

Jualan Gorengan

Jualan Gorengan

Ada beberapa macam gorengan yang lazimnya disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Diantaranya adalah pisang, tahu, tempe, bakwan, singkong dan juga ubi. Jika Anda mampu membuat variasi gorengan yang unik dari biasanya, maka potensi dagangan semakin laris dan sukses akan lebih besar.

Buka warung makan

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan potensi ini. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka warung makan. Jenis usaha bidang kuliner yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Ini dikarenakan Anda dapat mendesain rumah yang ditinggali sebagai warung makan.

Buka Warung makan

Buka Warung makan

Pada umumnya, orang yang berkunjung ke warung makan lebih menyukai jenis masakan rumahan. Alasanya adalah rasanya yang pas di lidah dan harganya relatif murah. Jadi, apabila Anda hendak membuka usaha warung makan, maka seusaikanlah dengan selera konsumen. Hanya dengan jalan inilah warung makan milik Anda dapat menjadi contoh usaha rumahan paling potensial.

Berbisnis Online

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan bisnis online semakin hari kian pesat. Terdapat tiga faktor kunci yang menyebabkan berkembangnya bisnis ini. Ketiga faktor tersebut adalah lebih mudah dijalankan, tersedia berbagai macam jenisnya dan biayanya relatif murah. Disamping itu, jika dibandingkan dengan usaha konvensional, maka berbisnis online lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Saat ini, ada beragam jenis bisnis online yang dapat Anda jalankan rumahan. Diantaranya adalah bisnis Multi Level Marketing (MLM) online, dropshipping, reseller, blogger, publisher, membuka online shop, menjual jasa dll. Pemilihan bidang usaha bisnis online sebaiknya disesuaikan dengan minat dan juga kemampuan Anda agar hasilnya optimal.

blogger discussion

blogger discussion

Sebelum memulai bisnis online, Anda harus belajar dan praktek dengan serius khususnya tentang strategi digital marketing. Kemudian, janganlah beranggapan bahwa Anda bisa cepat kaya ketika mejalankan bisnis online. Ini dikarenakan bisnis online tidak mampu menghasilkan kekayaan instan karena prosesnya harus dilakukan secara bertahap dan konsisten. Namun, bila dibandingkan dengan usaha konvensional, maka bisnis online memang relatif lebih cepat menghasilkan.

Ada banyak referensi tentang usaha rumahan yang menguntungkan. Deskripsi di atas adalah contoh usaha rumahan paling potensial yang dapat Anda jalankan. Pada intinya, apapun usaha rumahan yang Anda jalankan berpotensi untuk menjadi sukses. Baik itu usaha yang dimulai dengan modal kecil maupun besar. Asalkan Anda menjalankannya dengan fokus, tekun dan bekerja keras, maka hasilnya tentu akan optimal.

 

 

 

 

Загрузка...

Tags: contoh usaha rumahan contoh usaha rumahan paling potensial contoh usaha rumahan terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar