7 Cara Promosi Usaha Saat New Normal, Patut Dicoba!

Cara promosi usaha saat new normal – Era hidup new normal mengharuskan banyak orang  untuk lebih banyak beraktivitas secara online, termasuk juga berbelanja. Hal ini juga menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis dan usaha untuk mengubah strategi pemasaran mereka agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini.

jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021

Bagi Anda yang mungkin saat ini sedang berjuang untuk bisa tetap bertahan menjalankan bisnis atau usaha Anda di tengah pandemi ini, berikut adalah beberapa rekomendasi cara promosi usaha saat new normal:

Maksimalkan Media Sosial Sebagai Kanal Promosi

Salah satu cara promosi usaha saat new normal adalah dengan memanfaatkan kanal media sosial. Saat ini lebih banyak orang yang berbelanja secara online, alasannya karena selain dapat meminimalisir bertemu dengan orang banyak juga lebih mudah dan praktis. Pembeli tidak perlu beranjak dari rumah untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

Anda bisa menggunakan ini sebagai peluang promosi dengan modal dana yang cukup murah. Caranya adalah dengan membuat video atau konten promosi yang menarik lalu mempostingnya di sosial media Anda. Saat ini ada banyak jenis sosial media yang bisa Anda gunakan , seperti misalnya TikTok, Instagram, Facebook, Whatsapp, Twitter dan sebagainya.

Arahkan Konsumen ke Marketplace

Setelah Anda membuat video atau konten promosi melalui kanal media sosial, jangan lupa untuk mengarahkan konsumen Anda agar berbelanja melalui toko online Anda di marketplace. Umumnya orang-orang saat ini lebih senang berbelanja melalui marketplace, karena selain ada promo free ongkir, cashback, juga lebih terjamin keamanannya.

Jadi tujuan promosi melalui sosial media adalah untuk memperluas jaringan konsumen, sedangkan transaksi jual beli bisa diarahkan ke marketplace Anda.

Endorse Selebgram Jika Anda Memiliki Dana Lebih untuk Promosi

Cara promosi usaha saat new normal selanjutnya adalah dengan menggunakan jasa endorse selebgram. Cara ini tentunya bagi Anda yang memang memiliki dana atau budget lebih untuk promosi. Namun Anda tak perlu khawatir, saat ini ada banyak artis maupun selebgram yang memberikan jasa endorse gratis guna membantu pedagang-pedagang kecil dan UMKM agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi ini. Banyak juga artis dan selebgram yang memberikan spesial harga agar lebih terjangkau oleh lebih banyak pedagang dan UMKM.

Jika Anda jeli, Anda mungkin akan menemukan dan mendapatkan kesempatan untuk promosi gratis dengan jasa selebgram ini. Promosi dengan menggunakan jasa selebgram dinilai sangat efektif, karena umumnya mereka memiliki pengikut loyal yang akan mengikuti rekomendasi dari panutan mereka.

Menitipkan Produk di Toko Maupun di Gerai

Cara promosi usaha saat new normal yang satu ini juga bisa Anda coba. Jika biasanya Anda hanya memasarkan produk sendiri melalui toko atau rumah Anda, maka saat ini tak ada salahnya juga untuk mulai merambah ke toko dan gerai lainnya. Anda bisa menggunakan sistem titip barang, sehingga nantinya apabila produk Anda laku maka toko atau gerai yang menerima titipan bisa mendapatkan keuntungan juga dari selisih harga.

Melakukan Penawaran Langsung pada Calon Konsumen

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk strategi promosi saat new normal ini adalah dengan menawarkan secara langsung produk Anda ke calon target konsumen. Anda sebenarnya bisa memulainya dengan cara menawarkan langsung pada sahabat, kerabat, tetangga atau rekan kerja di kantor.

Saat melakukan penawaran produk ini Anda juga bisa memberikan sampel, sehingga mereka tertarik untuk mencobanya. Anda juga bisa meminta sahabat atau rekan Anda untuk ikut memberikan dan membagikan review produk Anda melalui sosial media mereka, sehingga nantinya bisa menjangkau lebih banyak orang.

Menggunakan Iklan Berbayar

Selain menggunakan beberapa cara promosi usaha saat new normal diatas, Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan melakukan iklan berbayar di sosial media. Dengan melakukan iklan berbayar di sosial media, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang untuk melihat produk Anda.

Semakin banyak orang yang melihat dan tertarik dengan produk Anda, maka akan semakin banyak pula orang yang akan membelinya. Untuk itu, pastikan Anda membuat konten yang benar-benar menarik dan berkualitas, sehingga dapat menarik perhatian dan minat calon konsumen Anda.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Website Deindex dan Penyebabnya, Pemula Wajib Tahu!

Bangun Website yang Profesional

Saat ini mulai banyak orang yang melakukan penjualan melalui website mereka sendiri. Website dibangun secara profesional, sehingga konsumen pun merasa yakin ketika akan membeli produk di website tersebut. Website ini juga bisa dikoneksikan dengan sosial dan juga marketplace, sehingga dapat memberikan kemudahan pilihan bagi para calon konsumen Anda.

Selain bisa dijadikan sebagai media jual beli, website juga bisa digunakan sebagai katalog online sekaligus wadah untuk membangun hubungan antara produsen dan konsumen.

Berbisnis di era new normal memang menuntut Anda untuk lebih kreatif dalam mencari strategi pemasaran yang tepat sasaran. Beberapa cara promosi usaha saat new normal diatas dapat anda coba praktekkan supaya promosi Anda lebih maksimal.

Tags: Cara promosi usaha saat new normal daftar Cara promosi usaha saat new normal

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar