8 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga – Menjadi ibu rumah tangga tak selalu berarti tidak dapat berkarya atau produktif. Seorang ibu rumah tangga juga bisa tetap produktif, misalnya dengan menjalankan bisnis rumahan dari rumah. Saat ini ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga dari rumah, tanpa harus meninggalkan anak-anak maupun pekerjaan rumah lainnya.

Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

Ide bisnis ini juga tidak selalu harus memakan modal yang banyak, ada juga beberapa ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang dapat dimulai dengan modal yang cukup kecil. Kira-kira apa saja ide bisnis rumahan yang bisa dikerjakan para ibu rumah tangga?

Usaha Catering Masakan Rumahan

Untuk para ibu rumah tangga yang jago masak aneka masakan rumahan, Anda bisa memanfaatkan bakat ini untuk ide bisnis. Anda bisa memulai bisnis catering makanan rumahan untuk para karyawan, atau bisa juga untuk pesanan saat ada acara keluarga, arisan dan sebagainya.

Bisnis catering masakan rumahan ini bisa jadi ide bisnis rumahan yang bermodal cukup kecil, apalagi jika Anda sudah punya peralatan dapur yang lengkap. Konsumen pun umumnya akan membayarkan uang DP, sehingga Anda sudah punya modal untuk berbelanja.

Jika Punya Bakat Menjahit, Menjadi Penjahit Juga Ide yang Bagus

Banyak ibu rumah tangga yang hobi atau memiliki bakat menjahit. Jika Anda juga memiliki bakat ini, maka Anda bisa mulai menjalankan bisnis menjahit ini. Anda bisa memulainya dengan sistem PO atau Pre Order baju sesuai desain yang Anda buat. Atau bisa juga dengan membuat berbagai baju lalu menjualnya kepada orang terdekat maupun secara online.

Usaha Kerajinan Tangan

Salah satu ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba adalah usaha kerajinan tangan. Untuk Anda yang punya bakat merajut, membuat kerajinan aksesoris dan sebagainya, maka ini bisa jadi ide bisnis bermodal kecil yang bisa dijalankan dari rumah.

Anda bisa memasarkan produk kerajinan Anda melalui sosial media maupun marketplace agar jangkauannya pun lebih luas lagi.

Usaha Laundry

Jasa laundry hingga kini masih sangat berpotensi untuk dikembangkan karena peminatnya juga akan selalu ada. Bisnis laundry ini sangat bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga hanya dengan modal yang kecil.

Nantinya saat usaha laundry Anda sudah memiliki banyak pelanggan setia, Anda juga bisa mempekerjakan tetangga atau ibu rumah tangga di sekitar Anda. Sehingga tak hanya menjadi peluang bisnis bagi Anda, namun juga bisa membuka lowongan pekerjaan bagi lainnya.

Membuka Layanan Bimbingan Belajar di Rumah

Jika Anda senang ketika mengajar anak-anak namun tidak bisa mengajar di sekolah, Anda juga bisa membuka layanan bimbingan belajar di rumah Anda. Bisa dimulai dari anak-anak yang ada di lingkungan sekitar rumah. Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ini juga bisa Anda kembangkan lebih luas, misalnya dengan memasang iklan dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Ada banyak contoh bimbingan belajar yang bermula dari rumah dan bisa berjalan dengan lancar dan terus berkembang.

Membuka Toko Kelontong

Kalau Anda punya ruangan atau bagian rumah yang bisa dijadikan toko kelontong, maka bisnis ini juga bisa Anda jalankan. Hanya saja untuk membuka toko kelontong memang Anda akan membutuhkan modal untuk stok barang.

Tapi jangan khawatir, saat ini banyak pihak yang memberikan akses untuk para ibu rumah tangga untuk dapat membuka toko tanpa harus bermodal barang. Mereka hanya perlu menyediakan tempat sedangkan barang sudah tersedia dari pihak penyedia.

Baca juga : Ini Dia 7 Tips Memulai Usaha Rumahan yang Sukses dan Berhasil

Bisnis Camilan Kekinian

Saat ini ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yaitu berupa camilan makanan kekinian masih ramai peminat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai ide bisnis rumahan. Beberapa contoh ide bisnis camilan yang bisa Anda jalankan diantaranya corn dog, donat kepang Korea, keripik, salad, dessert box dan banyak lagi lainnya.

Selain membuka gerai di rumah, Anda juga bisa menjualnya secara online melalui media sosial atau bisa juga bergabung dengan Gojek, Grab dan lainnya.

Bekerja Sebagai Penulis Lepas

Jika Anda tidak punya bakat dalam berbisnis Anda sebenarnya juga bisa tetap produktif di rumah, apalagi jika Anda memiliki bakat menulis misalnya. Saat ini banyak job penulis lepas yang bisa dikerjakan oleh siapa saja dan dimana saja. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tetap produktif dan menghasilkan dari rumah.

Menjadi ibu rumah tangga memang tidak berarti Anda tidak bekerja. Meski begitu banyak ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif, selain untuk menjaga diri agar tetap aktif juga sebagai penghasilan tambahan. Beberapa ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga diatas dapat Anda coba realisasikan di rumah sesuai bidang bakat Anda.

Tags: contoh Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar