Cara Pindah Faskes BPJS Online Dengan Aplikasi Paling Efektif

Cara pindah faskes bpjs online kini bisa diterapkan dengan metode yang paling efektif. Faskes ini biasanya akan dipilih oleh peserta pada saat pertama kali mengajukan pendaftaran BPJS. Dalam hal ini, pihak BPJS akan meminta kepada peserta untuk memilih faskes yang paling dekat dengan tujuannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pada saat berobat nantinya. Jadi ketika ingin berobat, pasien hanya tinggal menunjukan kartu BPJS ke faskes terkait.  Pasien tidak bisa tiba-tiba datang ke rumah sakit begitu saja untuk berobat secara gratis. Harus melalui faskes terlebih dahulu.

Cara pindah faskes bpjs online

Cara pindah faskes bpjs online

Bagi Anda yang ingin pindah faskes BPJS, maka tak perlu cemas karena semua itu akan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Simak panduannya berikut ini:

1. Unduh Aplikasi Mobile JKN di Google Play

Tahap awal yang bisa Anda lakukan dalam cara pindah faskes bpjs online adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN yang tersedia di Google Play. Bagi Anda pengguna Smartphone dengan OS lainnya, silahkan mengunduhnya di App Store yang tersedia, misalnya App Store untuk iPhone. Dengan memiliki aplikasi terkait, maka akan memudahkan Anda untuk mengoptimalkan penggunaanya.

2. Lakukan Pendaftaran Terlebih Dahulu

Setelah memiliki aplikasi JKN tersebut, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukan beberapa informasi yang dibutuhkan, mulai dari nomor kartu BPJS, KTP, Email, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda tinggal memanfaatkan nomor kartu BPJS yang sudah terdaftar itu sendiri.

3. Lakukan Konfigurasi Ubah Data Peserta

Tahapan selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam cara pindah faskes bpjs online ini adalah mengeset ulang atau mengkonfigurasi ulang data peserta yang ada di dalamnya. Masuk saja ke Menu Ubah Data Peserta yang bisa Anda temukan dengan mudah pada tampilan utama aplikasi JKN satu ini. Setelah itu, yang bisa Anda lakukan adalah tinggal mengganti data kepesertaan. Dari sini Anda bisa memilih pada bagian pilihan Faskes 1.

4. Atur Faskes Yang Diinginkan

Jika sudah, maka Anda akan melihat adanya Pop Up yang muncul. Pop Up tersebut akan meminta Anda untuk memilih provinsi, kabupaten dan juga pilihan faskes yang diinginkan. Apabila sudah dipilih, maka Anda nantinya akan bisa mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan lewat email atau nomor ponsel yang tertera. Lakukan proses verifikasi data tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan.

5. Muncul Konfirmasi Perubahan Data

Setelah itu, Anda akan melihat munculnya konfirmasi terkait perubahan data yang Anda lakukan. Di sinilah cara pindah faskes bpjs online bisa diterapkan dengan sangat mudah. Anda bisa melihat perubahan data dari faskes yang sebelumnya menjadi faskes yang baru. Informasi yang ada di dalamnya juga mencakup lengkap dengan kapan waktu berlakunya perubahan data tersebut.

6. Biasanya Mulai Berlaku Per Tanggal 1 Pada Bulan Berikutnya

Satu hal yang perlu Anda pahami dalam proses penggantian ini adalah biasanya semua itu baru bisa diberlakukan per tanggal 1 pada setiap bulannya. Jadi sambil menunggu faskes yang baru aktif, sementara waktu Anda dipersilahkan untuk menggunakan faskes yang lama terlebih dahulu.

Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Pindah Faskes

Tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika Anda memutuskan untuk melakukan pemindahan faskes. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda untuk mendapatkan solusi dan yang diperlukan dengan mudah. Satu hal yang pasti, Anda setidaknya sudah harus menjadi peserta BPJS kurang lebih tigal bulan sebelumnya untuk bisa  melakukan pemindahan Faskes tersebut. Beberapa dokumen yang diperlukan antara lain untuk cara pindah faskes bpjs online adalah sebagai berikut:

  • Siapkan identitas diri anda, berupa KTP
  • Sertakan pula karu Peserta BPJS Kesehatan yang Anda miliki
  • Sediakan Kartu Keluarga dan daftar kolektif gaji untuk PNS, TNI, Polri dan PPNPN
  • Siapkan pula bukti bayar sampai bulan pelaporan
  • Fotokopikan buku rekening jika ingin melakukan perubahan dari kelas 3 menjadi kelas 2 atau kelas 1
  • Siapkan pula surat keterangan domisili untuk yang kuliah atau bekerja di luar wilayah
  • Dan, yang tak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan bahwa Faskes baru tersebut memang bisa memberikan layanan terbaik bagi Anda.

Ternyata tidak sulit untuk berpindah Faskes BPJS selama Anda taat dan patuh pada prosedur yang berlaku. Dari sinilah Anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk meraih semua yang diinginkan dengan mudah. Dalam hal ini, semuanya jelas akan bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ribet.

Tak lupa bahwa persiapan dokumen adalah hal penting untuk melakukan ini. Anda disarankan jauh-jauh hari sudah mempersiapkan semua itu supaya bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Demikian ulasan mengenai cara pindah faskes bpjs online, semoga menambah wawasan Anda.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara pindah faskes bpjs online cara pindah faskes bpjs online tips pindah faskes bpjs online

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar