Bagus Mana Asuransi Vs BPJS? Ini Penjelasannya

Bagus mana asuransi vs bpjs adalah sebuah pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh masyarakat. Banyak yang mengira bahwa program asuransi yang dipayungi oleh pemerintah ini mampu menggusur keberadaan dari asuransi kesehatan swasta yang terdapat di Indonesia. Tapi apakah benar demikian?

Asuransi Vs BPJS

Asuransi Vs BPJS

Nyatanya peminat asuransi kesehatan swasta juga masih banyak. Bahkan ada juga yang menggunakan layanan asuransi kesehatan BPJS dan swasta sekaligus. Lalu mana yang sebaiknya dipilih? Apakah asuransi swasta atau asuransi BPJS? Selengkapnya bisa anda simak pada penjelasan berikut ini:

1. Perbedaan Terkait Besaran Premi

Perbedaan yang mencolok dalam bagus mana asuransi vs bpjs akan bisa anda lihat dari besaran premi yang dibayarkan. Sebagaimana diketahui, biaya premi untuk asuransi swasta tergolong mahal dan juga sulit dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Peserta asuransi kesehatan juga harus membayar premi hingga ratusan ribu per bulan. Semakin tua usia, maki besaran premi yang dibayarkan akan semakin mahal. Beda dengan iuran BPJS yang tersedia dengan biaya yang terjangkau. Program yang satu ini memang banyak digunakan untuk pekerja non formal, freelance, fakir miskin, veteran dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Dari Segi Manfaat

Dari segi besaran premi memang terlihat ada perbedaan yang cukup signifikan. Lalu bagaimana jika diamati dari segi manfaat yang terdapat didalamnya? Mayoritas untuk asuransi kesehatan swasta memberikan berbagai macam fasilitas asuransi yang signifikan untuk operasi, ambulan, obat, jaminan kematian dan sebagainya. Biasanya asuransi swasta kesehatan tidak memberikan fasilitas untuk kehamilan, optik dan juga gigi. Sementara BPJS bisa dikatakan sebagai asuransi dengan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Mulai dari rawat inap, rawat jalan, optik, gigi, kehamilan, dan lain sebagainya.

3. Plafon Yang Tersedia

Faktor lain dari bagus mana asuransi vs bpjs bisa juga dilihat dari plafon yang tersedia didalamnya. Bagi asuransi kesehatan swasta maka nantinya akan terkena limit manfaat. Inilah yang kemudian disebut sebagai batasan biaya yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Sementara untuk plafon BPJS tidak ada batasan terkait plafon yang digunakan. Semua biaya akan ditanggung oleh BPJS dan pesertanya hanya perlu mengikuti sejumlah prosedur yang telah ditentukan. BPJS akan membayar segala biaya pengobatan pasien sampai sembuh benar.

4. History Penyakit Bawaan

Jika anda memilih layanan asuransi kesehatan swasta, biasanya pihak layanan asuransi terkait akan melakukan Check Up secara menyeluruh kepada anda dan keluarga. Apabila ternyata ada calon pesreta asuransi yang menderita penyakit bawaan. Maka penyakit tersebut tidak akan ditanggung oleh asuransi kesehatan swasta. Sementara untuk layanan asuransi BPJS, semua penyakit bawaan dan juga penyakit baru akan ditanggung oleh BPJS. Tidak ada diskriminasi dalam perawatan yang nantinya akan tersedia didalamnya.

5. Pelayanan Yang Diberikan

Bagus mana asuransi vs bpjs? Hal ini bisa diamati dari segi pelayanan yang diberikan. Peserta asuransi swasta bisa langsung membawa dirinya ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang dibutuhkan. Pasalnya, hampir semua rumah sakit menerima asuransi kesehatan swasta sehingga prosesnya tidak sulit dan berbelit-belit.

Lalu terkait asuransi BPJS, maka akan diterapkan layanan berjenjang. Jadi untuk bisa mendapatkan layanan yang dibutuhkan, peserta harus datang Faskes I terlebih dahulu. Belum lagi, jumlah rumah sakit yang menjadi mitra BPJS masih sedikit dibandingkan yang sudah bermitra dengan  asuransi kesehatan swasta.

6. Pilihan Rumah Sakit Yang Tersedia

Pemilihan rumah sakit juga menjadi pertimbangan tersendiri dalam memilih antara BPJS dan asuransi swasta. Dari sini, asuransi kesehatan swasta akan memberikan kemudahan bagi peserta berobat langsung ke rumah sakit manapun. Asalkan Rumah Sakit terkait menjalin kerja sama dengan asuransi yang anda pergunakan. Asuransi kesehatan swasta akan menanggung beban biaya tersebut sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan, untuk BPJS, anda hanya diperbolehkan untuk berobat ke Rumah Sakit apabila mendapatkan surat rujukan dari Faskes terkait. Anda bahkan harus menunggu kurang lebih tiga bulan jika ingin mengubah rumah sakit rujukan yang diinginkan.

7. Asuransi Jiwa

Poin selanjutnya pada bagus mana asuransi vs bpjs, jika anda menggunakan layanan asuransi kesehatan swasta, maka anda akan memperoleh kemudahan terkait fasilitas asuransi jiwa. Jadi apabila ada risiko meninggal dunia yang terjadi, pihak ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan akan bisa memperoleh dana asuransi kematian. Sedangkan bagi layanan BPJS, anda tidak akan mendapatkannya.

8. Batas Wilayah

Asuransi BPJS hanya berlaku untuk skala nasional, artinya anda hanya bisa menggunakannya di Indonesia saja. Jika ingin berobat ke luar negeri, maka anda harus menyiapkan dana sendiri. Beda dengan asuransi kesehatan swasta yang biasanya sudah termasuk fasilitas menanggung beban biaya pengobatan pesertanya saat berobat ke luar negeri.

Sudah paham tentang perbedaanya? Menurut Anda bagus mana asuransi vs bpjs?

 

Загрузка...

Tags: bagus mana asuransi vs bpjs bagus mana asuransi vs bpjs 2019

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar