Cara Mengurus Asuransi Mobil yang Bermasalah Step By Step

Cara mengurus asuransi mobil – Mobil Anda akan terasa aman jika telah terlindungi oleh asuransi. Asuransi bisa men cover biaya perawatan dan perbaikan mobil yang diakibatkan oleh  hal-hal yang sudah tercantum dalam polis. Nasabah yang mengalami masalah dengan mobil nya bisa langsung mengurus asuransi nya ke perusahaan asuransi terkait. Sayang nya tidak semua nasabah asuransi mobil tahu bagaimana cara nya mengurus asuransi tersebut. Jika nasabah tidak tahu bagaimana cara nya mengurus asuransi mobil yang mengalami masalah misalnya karena sehabis kecelakaan, nasabah bisa ditolak oleh pihak asuransi saat mengajukan klaim. Oleh sebab itu meski sudah mengikuti asuransi penting bagi nasabah untuk mengikuti prosedur yang diberlakukan oleh pihak asuransi.

Prosedur Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Klaim Asuransi Mobil

Klaim Asuransi Mobil

Cara mengurus asuransi mobil yang bermasalah haruslah sesuai dengan prosedur yang sudah diberlakukan oleh perusahaan asuransi terkait. Berikut ini adalah prosedur yang benar saat mengajukan klaim asuransi mobil:

Pahami Jenis Asuransi Mobil Anda

Cara mengurus asuransi mobil yang pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus paham benar dengan jenis asuransi mobil yang Anda pilih. Asuransi TLO berbeda dengan asuransi jenis All Risk. Jika mobil Anda mengalami kecelakaan dan hanya menimbulkan lecet di badan mobil Anda dan jenis asuransi Anda adalah TLO, pengajuan klaim Anda akan ditolak oleh pihak asuransi. Jika asuransi Anda jenis nya adalah TLO Anda bisa mengajukan klaim jika mobil Anda mengalami kerusakan parah hampir 75% atau mobil Anda hilang.

Foto Mobil

foto mobil Klaim Asuransi Mobil

foto mobil Klaim Asuransi Mobil

Anda harus mengambil foto bagian mobil yang mengalami kerusakan. Foto harus sejelas mungkin. Foto ini nanti nya akan dijadikan sebagai bukti dan syarat administrasi. Khusus asuransi All Risk Anda bisa mengambil foto bagian mobil yang rusak sekecil apapun. Jika mobil Anda mengalami kerusakan berat dan tidak bisa jalan, Anda bisa menghubungi pihak asuransi untuk mengirimkan bantuan mobil derek. Penting sekali saat Anda mengambil asuransi Anda mempertimbangkan asuransi dengan fasilitas atau fitur mobil derek nya, sehingga saat genting Anda bisa menggunakan fitur tersebut.

Saat terjadi kecelakaan, Anda harus mengingat di mana Anda mengalami kecelakaan misalnya saja di jalan apa, selain itu catat jam saat terjadi nya Anda kecelakaan dan semua detail saat Anda mengalami kecelakaan sebaik nya Anda catat.

Dokumen Pendukung

Jangan meremehkan syarat administrasi, syarat administrasi ini akan sangat membantu Anda dan menentukan apakah klaim Anda diterima atau tidak. Administrasi identik dengan dokumen-dokumen pendukung. Dokumen-dokumen tersebut harus Anda bawa dan siapkan ketika akan memperbaiki mobil Anda di mobil. Berkas yang harus Anda siapkan dan bawa di bengkel adalah fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan juga STNK sedangkan syarat terakhir adalah surat keterangan dari polisi. Surat keterangan tersebut dibutuhkan jika mobil Anda mengalami kerusakan yang berat dan juga parah.

Bengkel Rekanan

Bengkel Rekanan mobil

Bengkel Rekanan mobil

Cara mengurus asuransi mobil yang bermasalah salah satu nya adalah menghubungi bengkel rekanan. Nasabah tidak boleh melakukan service dan perbaikan di bengkel yang bukan menjadi rekanan perusahaan asuransi tersebut. Jika nasabah melakukan service di bukan bengkel rekanan, biaya servis tersebut akan ditanggung oleh nasabah itu sendiri. Oleh sebab itulah memilih asuransi dengan jumlah bengkel rekanan yang banyak akan sangat membantu Anda dalam memilih bengkel terbaik untuk memperbaiki mobil Anda. Prosedur saat Anda mendatangi bengkel rekanan adalah Anda sudah membawa berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu Anda bilang ke bengkel rekanan jika Anda ingin mengajukan klaim asuransi. Bengkel Rekanan akan menghubungi oleh pihak asuransi dan melakukan survei kerusakan terhadap mobil Anda.

Jika Anda mengalami kecelakaan di luar kota, langkah yang harus Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi kemudian Anda meminta nomor wakil dari perusahaan asuransi yang ada di daerah Anda mengalami kecelakaan. Anda ceritakan kronologis kejadian yang menimpa Anda dan mobil Anda secara detail. Mintalah petunjuk kepada wakil tersebut bagaimana cara nya melakukan atau mengajukan klaim di daerah tersebut. Jangan pernah menunda untuk menghubungi asuransi terkait hal itu dikarenakan Anda harus membuat laporan sebelum 3 hari setelah Anda mengalami kecelakaan.

Pengisian Formulir

pengisian formulir asuransi

pengisian formulir asuransi

Ketika Anda berada di bengkel rekanan, pihak bengkel akan memberikan formulir yang berisi tentang pernyataan klaim. Anda harus mengisi formulir tersebut dengan jelas, jujur, jangan melebih-lebihkan. Jangan pernah berbohong kepada pihak asuransi hal itu dikarenakan pihak asuransi akan mengecek nya sehingga jika Anda berbohong pasti akan ketahuan. Kerugian lain nya yang bisa Anda dapatkan jika Anda berbohong adalah pihak asuransi akan menolak pengajuan klaim Anda dikarenakan data yang Anda laporkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Perbaikan

Jika pengajuan klaim Anda sudah disetujui, bengkel rekanan akan melakukan perbaikan terhadap kerusakan mobil Anda.  Jika kerusakan mobil Anda tidak terlalu parah maka mobil Anda akan selesai dalam waktu 2 sampai dengan 3 hari. Paling lama mobil Anda akan kelar dalam waktu 7 hari.

Jika kerusakan mobil parah biasanya mobil Anda akan jadi dalam waktu 2 minggu lama nya bahkan bisa sampai satu bulan. Jika asuransi Anda memiliki fitur mobil pengganti, selama mobil Anda berada di bengkel pihak asuransi akan meminjamkan mobil pengganti yang tipe nya sama dengan mobil Anda sehingga Anda bisa menggunakan mobil pengganti tersebut. Di mobil tersebut akan ada stiker yang menjadi tanda bahwa mobil tersebut milik perusahaan asuransi tersebut. Bantuan mobil pengganti itu akan datang setelah 5 hari mobil Anda masuk ke bengkel.

Yang harus Anda perhatikan saat perbaikan mobil Anda membutuhkan spare part yang mengharuskan pihak bengkel melakukan order terlebih dahulu, Anda harus menanyakan kepada pihak bengkel kapan kendaraan Anda selesai untuk diperbaiki. Pihak bengkel bisa menghitung estimasi waktu kapan orderan spare part tersebut akan datang ke bengkel itu.

Penyebab Klaim Mobil Ditolak

asuransi mobil ditolak

asuransi mobil ditolak

Jika Anda sudah membayar premi secara rutin, namun klaim Anda ditolak tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan klaim Anda ditolak. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa klaim Anda ditolak:

Mobil Modifikasi

Cara mengklaim asuransi mobil sebaiknya Anda memperhatikan apakah desain dari mobil Anda merupakan hasil dari modifikasi. Jika mobil Anda merupakan mobil modifikasi maka pihak asuransi akan menolak klaim Anda karena kondisi mobil tidak sesuai dengan yang tercantum di BPKB atau STNK mobil. Jika memang melakukan modifikasi sebaik nya langsung dilaporkan ke pihak asuransi.

Kecelakaan di Sengaja

Asuransi memiliki dasar yang kuat untuk menolak pengajuan klaim terhadap kejadian kecelakaan yang disengaja. Kecelakaan yang di sengaja itu mencakup beberapa hal diantara nya adalah menyetir dalam keadaan mabuk, tidak memiliki SIM, menyetir dengan ugal-ugalan dan lain sebagai nya. Jika kondisi nya seperti itu maka pengajuan klaim pasti ditolak.

Hilang Karena Hipnotis

Asuransi itu untuk meminimalisir kerugian bukan untuk mencari keuntungan. Sehingga jika Anda melaporkan mobil hilang akibat terkena hipnotis asuransi akan memiliki alasan menolak klaim dikarenakan bisa saja Anda bekerja sama kepada pelaku hipnotis untuk menghilangkan mobil Anda.

Demikianlah cara mengurus asuransi mobil yang bermasalah dengan benar, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

asuransi ditolak apakah derek bisa di cover -Cara mengurus asuranai mo -cara mengurus asuransi mbl -di daerah manakah bengkel asuransi untuk mambetulkan mobil -maslah bengkel rekanan asuransi mobil -mengatasi asuransi mobil yang di tolak com -trik klaim asuransi mobil lecet ditabrak lari -

Tags: bagaimana Cara mengurus asuransi mobil Cara mengurus asuransi mobil 2017 Cara mengurus asuransi mobil dengan benar Cara mengurus asuransi mobil terbaru seperti apa Cara mengurus asuransi mobil tutorial Cara mengurus asuransi mobil

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Mengurus Asuransi Mobil yang Bermasalah Step By Step"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan