Cara Menghitung Harga Jual Emas Perhiasan Supaya Tidak Dihargai Murah

Cara menghitung harga jual emas perhiasan perlu diterapkan dengan tepat supaya emas atau logam mulia yang dijual tidak dibanderol dengan harga terlampau murah. Satu yang perlu Anda jadikan sebagai catatan, perhiasan emas sebetulnya tidak bisa dijadikan sebagai investasi karena nilai jual belinya tidak memiliki standard sebagaimana yang diberlakukan pada emas batangan. Perhiasan emas umumnya hanya dijadikan sebagai aksesoris semata. Terlepas dari itu semua, harga emas memiliki nilai yang stabil, bahkan cenderung naik setiap tahunnya.

Harga emas

Harga emas

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk menghitung harga jual emas tersebut? Tentu yang harus Anda lakukan adalah dengan menaksir harganya saat ini. Supaya tidak salah langkah, simak penerapan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1. Selalu Update Harga Emas Murni Terbaru

Tahapan awal dalam cara menghitung harga jual emas perhiasan yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu mengupdate harga emas murni yang terbaru. Dengan cara ini maka Anda tidak akan sampai ketinggalan berita tentang kenaikan atau penurunan harga emas yang terjadi. Dalam hal ini, Anda bisa mengorek informasi mengenai update harga emas yang dikeluarkan oleh antam. Contohnya berdasarkan harga emas pada tahun 2018 silam, nilainya mencapai Rp 699 ribu per gramnya. Bagaimana dengan harga saat ini? Perkiraaan harga tersebut bisa menjadi patokan awal Anda untuk menghitung berapa perkiraan harga emas saat ini.

2.  Kadar Kemurnian Emas Di Perhiasan

Berapakah kemurnian dari kadar emas yang Anda miliki? Hal ini akan berpengaruh pada perhitungan harga jual emas terkait. Misalnya Anda memiliki emas dengan kadar kemurnian 80 persen, maka berapakah nilai jualnya? Hal ini bisa mengacu pada rumus: harga logam mulia x persen kadar emas.

Misalnya emas murni saat ini memiliki harga Rp 669 ribu, maka untuk menjual emas Anda yang berkadar 80 persen tersebut, maka tinggal hitung saja: Rp 669 ribu x 80 persen. Maka harga jual dari emas Anda tersebut nantinya akan menjadi Rp 535 ribu. Jadi, jika Anda hendak memiliki emas, maka carilah yang memiliki kadar kemurnian tertinggi sehingga nilai jualnya pun juga akan semakin besar.

3. Selektif Dalam Memilih Toko Emas

Dalam penerapan cara menghitung harga jual emas perhiasan ini, Anda juga harus selektif dalam memilih toko emas yang menaksir harga perhiasan emas. Anda mungkin akan terheran-heran ketika melihat ada satu toko emas yang menaksir harga emas lebih tinggi ketimbang tempat lainnya. Pada dasarnya ini adalah hal yang biasa terjadi. Apabila Anda ingin mendapatkan toko perhiasan yang terbaik, sudah pasti selektif adalah jawabannya.

Anda mungkin akan menggebu-gebu ketika berurusan dengan membeli emas atau menjual emas. Tapi pertimbangkan juga bagaimana cara mereka menaksir harga emas Anda. Bisa jadi harga yang diberikan malah lebih murah atau lebih mahal dari estimasi. Inilah faktor penting lainnya yang juga perlu Anda jadikan sebagai acuan atau pertimbangan di dalamnya.

4. Ketahui Cara Toko Emas Mengambil Keuntungan

Hal lainnya dalam cara menghitung harga jual emas perhiasan yang perlu dipahami adalah seperti apa penerapan sistem toko emas dalam mengambil keunungan dari Anda. Biasanya toko emas tersebut akan mengejar 3 persen sampai dengan 5 persen dari emas yang Anda jual. Jadi jangan heran apabila Anda hendak menjual emas dengan kadar 80 persen, maka toko emas akan mencoba menawarnya dengan harga menjadi 75 persen. Selisihnya tersebut nanti akan dipakai sebagai keuntungan bagi mereka.

Kapan Anda Harus Menjual Emas?

Dalam penerapannya, Anda memang harus cerdas ketika berurusan dengan jual beli emas tersebut. Jika memang Anda berniat menjadikannya sebagai langkah investasi, maka penerapan yang harus dilakukan adalah dengan melakukannya dalam jangka waktu yang lama. Jadi Anda akan bisa merasakan keuntungannya. Misalnya Anda membeli emas ketika berusia 20 tahun, kemudian pada 10 tahun ke depan, yaitu ketika Anda berusia 30, emas tersebut Anda jual. Maka keuntungan yang didapatkan akan sangat luar biasa sekali.

  • Misalnya saja emas tersebut 10 tahun yang lalu harganya masih 200 ribu.
  • Saat ini harga emas sudah mencapai 600 ribu.
  • Maka total keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi emas tersebut adalah sebesar 300 persen besarnya.

Inilah jumlah yang sangat signifikan bagi Anda untuk bisa merasakan keuntungan dari hasil penjualan emas yang Anda lakukan tersebut. Jika memang sejak awal berniat untuk melakukan investasi, maka sudah pasti yang harus dilakukan adalah dengan bersabar menunggu sampai kurun waktu tertentu.

Tak lupa pula, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan melakukan beberapa saran yang dilakukan di atas. Dari sinilah Anda pun akan mampu mendapatkan solusi dan penerapan yang terbaik. Melalui cara menghitung harga jual emas perhiasan, Anda akan bisa menjadi penjual emas yang cerdas.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara menghitung harga jual emas perhiasan cara menghitung harga jual emas perhiasan tips Belajar buat startup

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar