4 Cara Mengecek Limit BPJS Ketenagakerjaan Paling Mudah

Cara mengecek limit BPJS – Setelah sebelumnya membahas tentang BPJS kesehatan dan juga kelasnya, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara mengecek limit atau saldo BPJS.   BPJS kesehatan dan juga ketenagakerjaan ini menjadi dua sisi yang tidak bisa dipisahkan karena sangat lekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Meski begitu masih banyak peserta BPJS ketenagakerjaan yang tidak bisa mengetahui limit atau saldo BPJS ketenagakerjaan yang mereka miliki. Hal tersebut wajar karena masih sedikit informasi yang mereka terima tentang bagaimana pengecekan saldo tersebut.  Bahkan jika dicari di mesin pencarian pun belum banyak sumber yang menjelaskan tentang bagaimana pengecekan limit BPJS yang dimiliki tersebut. Bagi yang masih bingung, berikut ini adalah beberapa cara mengecek limit BPJS yang mudah dilakukan berikut ini:

Melalui Website

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek limit BPJS adalah melalui website. Anda bisa membuka website resmi BPJS ketenagakerjaan kemudian menggeser atau scrolling website sampai ke bagian bawah, kemudian Anda bisa memilih layanan Peserta tenaga kerja, kemudian pilihlah tombol masuk. Anda bisa memilih BPJSTKU, kemudian silahkan buat akun, setelah selesai Anda bisa mencari tahu informasi tentang besarnya saldo BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Melalui SMS

Tidak hanya melalui website saja, namun cara mengecek limit BPJS ini bisa dilakukan dengan melalui SMS. Cara ini menjadi yang termudah karena Anda hanya cukup mengirimkan pesan SMS dan juga menunggu balasannya berupa informasi limit atau saldo BPJS yang Anda miliki. Untuk melakukan pengecekan ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui SMS caranya dengan mengirimkan pesan dengan format DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#Tanggal lahir (DD-MM-YYYY)#No Peserta#email (jika ada) setelah itu Anda  tinggal mengirimkannya ke 2725. Jika Anda sudah terdaftar, Anda bisa mengirimkan pesan untuk mengetahui berapa saldo BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki dengan format yaitu SALDO<Nomor Peserta> kemudian silahkan kirim ke 2757.

Aplikasi

Di zaman yang serba modern ini melakukan segala sesuatunya menjadi lebih mudah berkat teknologi yang semakin canggih. Saat ini Anda bisa mengecek limit atau saldo BPJS melalui aplikasi BPJSTKU Mobile yang bisa dengan mudah Anda unduh di Play Store atau App Store. Setelah itu silahkan instal aplikasi tersebut sampai prosesnya selesai, setelah itu Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu atau login dengan menggunakan akun Gmail yang Anda miliki. Setelah pendaftaran, Anda akan disuruh untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda, masukkan PIN aktivasi tersebut untuk masuk ke aplikasi ini, setelah itu buat PIN. Masukkan nama sesuai dengan yang tercantum di KTP, masukkan nomor KTP, masukkan nomor KPJ atau kepesertaan BPJS ketenagakerjaan, masukkan nomor handphone yang Anda miliki, masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Setelah semua hal tersebut dilakukan, Anda sudah bisa melakukan cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Di Kantor BPJS

Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek limit BPJS yang terakhir adalah di kantor BPJS. Meski terkesan kaku dan kuno, namun mengecek saldo atau limit BPJS ketenagakerjaan di kantor ini masih menjadi andalan setiap orang. Caranya pun sangat mudah yaitu Anda bisa mendatangi kantornya langsung, jangan lupa bawa kartu BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki. Di kantor tersebut Anda bisa bertemu dengan petugas BPJS untuk melakukan pengecekan saldo dengan cara menunjukkan kartu BPJS yang Anda miliki. Petugas akan membantu Anda untuk mengecek saldo yang Anda miliki.

Keuntungan Memiliki BPJS Ketenagakerjaan

Bagi yang belum mengerti sepenuhnya tentang BPJS ketenagakerjaan ini banyak yang merasa bingung apa manfaatnya dan iuran yang dibebankan kepadanya tersebut untuk apa. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak beberapa keuntungan memiliki BPJS ketenagakerjaan yang penting untuk diketahui berikut ini:

  1. Jaminan Keselamatan Kerja atau JKK

Keuntungan yang pertama adalah bisa mendapatkan jaminan berupa keselamatan kerja. Pekerja berhak untuk bisa mendapatkan kompensasi jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan saat melakukan pekerjaan. JKK ini dibayar oleh perusahaan berdasarkan dengan kelompok jenis usaha yang dilakukan dimana semakin tinggi risiko kecelakaannya maka iurannya juga akan semakin tinggi.

  1. Jaminan Hari Tua

Dengan memiliki BPJS ketenagakerjaan ini Anda akan mendapatkan jaminan hari tua atau JHT. JHT ini digunakan sebagai pengganti penghasilan tenaga kerja yang terputus dikarenakan meninggal, cacat, dan juga hari tua. Prosedur jaminan yang ditetapkan pun berupa bentuk tabungan hari tua di BPJS ketenagakerjaan, nanti dana yang sudah terkumpul akan diberikan ke masing-masing pekerja saat sudah masa pensiun.

  1. Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun

Jaminan kematian dan jaminan pensiun ini akan diterima oleh peserta BPJS ketenagakerjaan. Jaminan kematian akan diberikan ke ahli waris dimana jika peserta meninggal bukan dikarenakan kecelakaan kerja, sedangkan untuk jaminan pensiun ini akan diberikan kepada ahli waris jika pekerja sudah memasuki usia pensiun dan mengalami cacat total, cacat permanen atau meninggal dunia.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengecek limit BPJS tersebut. Karena Anda bisa melakukan berbagai macam cara mengecek limit BPJS yang telah disebutkan di atas yang mana terbukti sangat mudah, simpel, dan juga tidak terlalu membuang waktu atau tenaga.

Загрузка...

Tags: Bagaimana cara mengecek limit BPJS Cara mengecek limit BPJS Tips mengecek limit BPJS

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar