Cara Bisnis Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android

Banyak yang menjadi kaya mendadak dikarenakan menggeluti bisnis pembuatan aplikasi. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika dunia digital saat ini sedang meradang, tidak hanya para eksekutif saja namun juga dengan adanya keterkaitan antara kehidupan dengan dunia digital. Buktinya adalah sudah banyak masyarakat yang memiliki smartphone yang sudah berbasis android. Melihat peluang tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk menggeluti bisnis aplikasi.  Bagi yang sudah memiliki skill dalam bidang IT maka bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika mengubah trend yang berlaku di masyarakat tersebut menjadi sebuah peluang untuk berbisnis dan juga berinvestasi. Aplikasi yang banyak di unduh di play store akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi developernya dan juga investor yang menanamkan modal di aplikasi tersebut. Lalu bagaimana cara menggeluti bisnis pembuatan aplikasi?, simak caranya berikut ini:

Rencanakan Aplikasi yang Akan Dibuat

Rencana ini sangat bermanfaat untuk bisnis. Seperti yang sudah Anda ketahui jika persaingan dalam aplikasi ini sangat ketat sehingga Anda harus bisa bersaing dengan pembuat aplikasi lainnya untuk bisa memenangkan persaingan. Salah satu caranya adalah dengan merencanakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen atau masyarakat. Misalnya saat ini masyarakat banyak yang suka bermain game maka Anda bisa membuat berbagai macam game yang menarik dan diminati.

Buat Tim yang Kuat

Anda mungkin bisa saja membuat aplikasi itu sendiri, namun di sini dibutuhkan tim yang kuat untuk bisa membuat aplikasi tersebut menjadi lebih baik. Minimal ajak satu atau dua orang teman Anda yang memiliki satu visi misi dengan Anda. Dengan begitu kalian akan memiliki tujuan yang sama. Mengerjakan bisnis dengan orang yang memiliki satu visi misi ini lebih mudah dibandingkan dengan yang tidak memiliki satu visi misi. Tidak hanya itu saja project aplikasi yang akan dibuat jadi lebih mudah selesai dibandingkan yang dikerjakan secara individual.

Bagi Tugas

Aplikasi ini memerlukan pemrograman yang mana prosesnya tidak semudah membalik telapak tangan. Oleh sebab itu pembagian tugas di sini sangat diperlukan. Bagilah tugas dengan memberikan deskripsi job masing-masing. Pembagian tugas programming ini ada dua pendekatan yaitu bagi per fitur dan bagi per layer. Pembagian fitur ini mulai dari tampilan lengkap sampai dengan database sehingga lebih mudah melakukan monitoring. Sedangkan untuk pembagian per layer ini dibagi menjadi 3 yaitu UI atau user interface, diimplementasikan dalam proses bisnis, dan yang terakhir adalah mengakses ke sumber data. Jika semuanya dikerjakan secara team energi dan pikiran menjadi tidak mudah terkuras berbeda jika semuanya dikerjakan secara sendirian.

Hitung Biaya yang Diperlukan

Perputaran uang

Perputaran uang

Untuk bisa menggeluti bisnis pembuatan aplikasi ini Anda membutuhkan software khusus. Ada yang gratisan namun ada juga yang berbayar. Jika Anda membutuhkan software yang berbayar maka biaya tersebut harus Anda pikirkan karena semakin lengkap fiturnya harganya akan semakin mahal. Untuk pembuatan aplikasi mobile berbasis android Anda bisa menggunakan software atau tools eclipse IDE + android + development tools yang gratis, ada juga phonegap gratis. Sedangkan yang berbayar ada game maker studio android dengan harga 299 US$, sencha touch bundle 695 US$, dan corona SDK pro 599 US$ per tahun.

Aplikasi Atau Game Tester

Sebelum diluncurkan ke play store, Anda bersama tim bisa mencobanya ke aplikasi tester atau game tester yang mana sudah berpengalaman dalam mencoba dan menjalankan game atau aplikasi. Tester tersebut akan mengecek apakah masih ada bug dalam aplikasi atau game. Namun jika Anda takut aplikasi atau game Anda bocor, bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan bug tersebut. jika Anda menggunakan bahasa pemrograman java Anda bisa menggunakan FindBugs.

Membuat Akun Google Play Developer Console

Cara menggeluti bisnis pembuatan aplikasi selanjutnya adalah mendaftar di akun Google Play Developer Console. Untuk bisa mendaftarkan diri Anda ke akun ini silahkan masuk ke dalam accept developer agreement kemudian berikan tanda checklist di box persetujuan. Jika Anda setuju dengan term and service diberlakukan biaya administrasi $25 bisa melalui VCC dan hanya akan dikenakan satu kali saja. Opsi pembayaran lain dapat menggunakan kartu kredit.

Upload aplikasi

Anda bisa melakukan klik tombol publish an android app on play store yang mana ada di halaman utama Google Play Developer Console.  Pastikan jika aplikasi yang Anda buat ini telah sempurna dan tidak ada bug di dalamnya. Setelah itu pilih default language dan isikan judul aplikasi yang diinginkan. Kemudian upload aplikasi Anda dengan melakukan klik tombol upload Apk dan tunggu proses upload selesai. Jika sudah selesai masuk ke store listing dimana Anda akan menemukan informasi aplikasi lebih detail, kemudian seting apakah aplikasi gratisan atau berbayar. Jika sudah dilabeli gratis selamanya aplikasi itu akan gratis dan tidak bisa diubah menjadi berbayar.

Banyak yang sudah meraih sukses dari aplikasi yang dibuatnya. Hal itu dikarenakan aplikasi memiliki nilai pengunduhan yang tinggi. Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki skill dalam bidang IT, bisnis pembuatan aplikasi ini sangat menarik untuk digeluti.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

peluang jadi pembuat aplikasi android -contoh membuat usaha dengan berbasis android -cara menjadi jasa pembuat aplikasi -cara memulai bisnis aplikasi android -Bisns aplikasi obii -bisnis pembuatan aplikasi -bisnis melalui membuat aplikasi -bisnis berbasis android -bisnis aplikasi mobile -usaha buat game anfroid -

Tags: Bisnis Jasa Pembuatan Aplikasi Bisnis Pembuatan Aplikasi Bisnis Pembuatan Aplikasi Android

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Bisnis Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan