7 Cara Menghilangkan Sifat Gengsi Untuk Menghindari Kemisikanan

Cara menghilangkan sifat gengsi bukan hal yang susah untuk diterapkan asalkan anda tahu bagaimana penerapannya. Sifat yang satu ini muncul ketika anda enggan untuk mengatakan sesuatu yang sebetulnya ingin diungkapkan. Dalam hal ini, tentu anda akan terjerumus pada melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan keinginan sendiri. Anda juga akan kesulitan dalam menunjukan keadaan yang sebenarnya pada orang-orang di sekitar. Lambat laun, anda akan terkesan memaksakan dan menyiksa diri sendiri apabila terus menerus diselimuti sikap gengsi tersebut. Bahkan anda sendiri yang akan merugi nantinya. Lalu bagaimana supaya bisa menghilangkan sifat yang satu ini?

1. Selalu Berinisiatif Meminta Maaf Duluan

Inisiatif minta maaf

Inisiatif minta maaf

Hal utama yang bisa anda terapkan dalam cara menghilangkan sifat gengsi ini adalah dengan berinisiatif meminta maaf duluan. Ketika anda meminta maaf duluan maka hal tersebut akan bisa memberikan kepada anda perasaan lega dalam diri. Terkadang orang tidak mau meminta maaf duluan karena mereka merasa gengsi dengan harga diri yang dimilikinya. Selain itu, biasanya orang yang semacam ini pikirannya selalu diselimuti dengan prasangka yang tiada habisnya. Anda harus segera membinasakan sifat yang satu ini secara perlahan.

2. Percaya Bahwa Apa Yang Dilakukan Tidak Memalukan

Berkaca bahwa hal itu tidak memalukan

Berkaca bahwa hal itu tidak memalukan

Gengsi itu awal mulanya terjadi karena anda malu. Jadi supaya sifat ini bisa anda buang jauh-jauh, maka jadilah sosok yang percaya diri. Tapi percaya diri yang dimaksud di sini adalah pada tindakan yang positif atau benar-benar tidak merugikan orang lain. Selama apa yang anda lakukan tersebut tidak merugikan orang lain, kenapa harus gengsi? Jadi anda harus benar-benar tahu penerapan tentang hal ini. Secara sederhana, anda bisa memasang mindset Just Be Yourself (Jadilah Dirimu Sendiri). Dengan cara inilah, maka anda pun akan bisa Take Action (dari sudut pandang positif) tanpa merasa malu lagi.

3. Berkaca Dari Sudut Pandang Orang Lain

Cara menghilangkan sifat gengsi juga bisa anda lakukan dengan berkaca dari sudut pandang orang lain. Pada saat anda berkaca dari sudut pandang orang lain tersebut, sudah pasti hal ini akan membuat anda lebih tentram dalam bertindak. Jadi anda akan tetap menjaga sikap ketika berada di tempat dan situasi apapun. Ini juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Hal serupa juga bisa diterapkan dengan pasangan anda. Mungkin di awal-awal akan banyak sekali kesan buruk yang terjadi. Tapi lambat laun semua itu bisa diperbaiki. Jangan karena anda terlalu gengsi, maka kelihatan baik di awal. Tapi di saat akhir, anda mulai memperlihatkan sifat negatif yang sesungguhnya.

4. Jadikan Kritik Sebagai Motivasi

Memang tak ada yang sempurna di dunia ini. Dimana pun anda berada pasti ada orang yang mengkritik apapun yang anda lakukan. Dari sinilah sangat penting untuk menjadikan kritik yang masuk tersebut sebagai lahan untuk memotivasi diri. Dengan cara inilah maka ke depannya nanti anda akan bisa menjadi lebih baik lagi.

5. Hilangkan Sikap Keras Kepala

Tahap selanjutnya dalam cara menghilangkan sifat gengsi adalah dengan menjauhkan diri dari sikap keras kepala. Bagaimanapun juga sikap keras kepala hanya akan membuat anda semakin gengsi dalam melakukan sesuatu. Anda akan tetap bersikukuh dengan pendirian yang dimiliki saat ini. Anda juga nantinya akan gengsi untuk berinisiatif atau bersikap lebih dahulu. Dari sinilah anda akan bisa melihat bahwa keras kepala memang bukan solusi atas segala hal yang terjadi. Tapi malah memperkeruhnya dan membuat sikap gengsi semakin menonjol.

6. Jangan Pilih-Pilih Teman

Ada kalanya anda hanya berteman dengan orang-orang tertentu karena anda gengsi. Pada dasarnya, jika ingin menghilangkan jauh sikap yang satu ini, anda harus memulainya dari diri sendiri, yaitu dengan tidak pandang bulu dalam memilih teman. Meskipun anda berteman dengan orang biasa, orang kaya, atau siapapun itu, percayalah bahwa anda melakukannya karena ingin menambah wawasan tentang berbagai karakter orang yang ada di dunia ini. Lambat laun, anda juga akan berhasil menghilangkan sikap gengsi tersebut dengan siapa saja anda bergaul.

7. Berpikir Selangkah Ke Depan

Orang yang gengsi biasanya akan kesulitan dalam berpikir selangkah ke depan. Mereka akan terbuai dengan kepercayaan yang kaku dalam dirinya. Jadi tidak bisa fleksibel dalam mengambil keputusan dan bertindak. Pada akhirnya orang semacam ini terus menerus memupuk rasa gengsi dalam dirinya. Dengan berpikir selangkah ke depan, sikap gengsi tersebut akan bisa ditekan dan di masa mendatang menguntungkan bagi diri anda. Misalnya anda tidak gengsi bepergian dengan sepeda, maka tubuh anda akan sehat dan menghemat uang transportasi. Atau anda tidak gengsi untuk membawa bekal makanan di kantor atau sekolah, sehingga anda punya peluang untuk menabung.

Yuk, terapkan cara menghilangkan sifat gengsi di atas.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Gengsi Cara Menghilangkan Sifat Gengsi tips menghilangkan Sifat Gengsi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar