7 Cara Menghemat Uang Secara Ekstrim Agar Tidak Cepat Habis

Cara menghemat uang terdengar cukup mudah dilakukan. Tentu bila anda memikirkan cara menabung yang biasa. Tapi bagaimana jika yang dijelaskan kali ini adalah panduan menabung secara ekstrim. Ya, dari sini anda akan belajar untuk menghemat uang yang dimiliki dengan metode yang tak biasa. Bahkan terkesan sangat out of the box. Namun, tidak ada salahnya mencoba karena bagaimanapun juga hidup ini adalah perjuangan. Lebih baik berjuang untuk menghemat uang daripada berjuang untuk mencari uang. Kenapa? Karena berjuang untuk mencari uang terkadang cukup sulit daripada menghemat itu sendiri. Mau tahu seperti apa panduan berhemat secara ekstrim? Berikut selengkapnya:

1. Rajin Puasa

Rajin puasa

Rajin puasa

Tahap awal yang bisa anda lakukan adalah rajin puasa. Dengan rajin berpuasa maka anda pun akan mampu berhemat dengan baik. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan dan minum di pagi sampai sore hari. Tentu saja ini adalah sebuah metode yang tepat pula bagi anda yang sekalian ingin berdiet. Jadi selain mendapatkan tubuh yang sehat, menghemat uang, anda pun juga bisa memperoleh pahala. Pilihan puasa yang umum dilakukan biasanya adalah puasa Senin-Kamis.

Tetapi, ada kalanya anda sendiri yang mengatur puasa itu sendiri. Misalnya puasa asupan kalori, dan berbagai puasa-puasa lainnya yang bisa disesuaikan dengan rencana anda. Coba hitung pengeluaran anda dalam seminggu ketika anda berpuasa dan tidak berpuasa. Pastinya lebih sedikit pengeluaran ketika anda berpuasa.

2. Makan Yang Banyak Sebelum Nge-Mall

Cara menghemat uang yang berikutnya adalah dengan makan sekenyang mungkin ketika anda ke Mall. Bagaimanapun juga camilan dan makanan yang menggoda di Mall akan membuat anda mengeluarkan uang secara tidak sadar. Apabila hal ini dibiarkan maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa anda nantinya akan bersikap boros secara tidak sadar. Dengan mengenyangkan perut, maka anda tidak akan mudah tergoda membeli camilan atau makanan di Mall. Anda bisa fokus pada jalan-jalan, nongkrong dengan teman, atau berbelanja yang sesuai kebutuhan saja.

3. Utamakan Bersepeda dan Jalan Kaki

Hal lainnya yang perlu anda utamakan adalah bersepeda atau berjalan kaki. Memang di era modern ini sudah ada transportasi online. Tapi jika jarak untuk bepergian tidak terlalu jauh, utamakan untuk melakukannya dengan berjalan kaki. Selain menyehatkan, ini juga akan bisa menekan biaya yang tak perlu untuk transportasi. Anda pun juga bisa berkontribusi untuk mengurangi polusi di udara.

4. Utamakan Mencicil daripada Cash

Cara menghemat uang yang berikutnya adalah dengan mengutamakan membeli sesuatu dengan mencicil ketimbang langsung cash. Misalnya anda ingin membeli gadget baru, maka coba untuk memilih pembayaran melalui cicilan. Kalau anda membelinya secara cash, maka besar kemungkinan uang yang dikeluarkan akan banyak sekali. Jadi jika pihak toko menyediakan sistem pembayaran yang satu ini, anda bisa mencoba untuk menggunakannya.

5. Coba Kesempatan Menjadi Quiz Hunter

Penghasilan tambahan juga akan bisa anda dapatkan dengan menjadi Quiz Hunter. Sebagaimana diketahui, bagi anda yang memiliki karakter bersikap gigih dan pantang menyerah, anda bisa mengikuti Quiz yang diberikan oleh provider pulsa, paket kebutuhan dapur, aksesoris, fashion dan lain sebagainya. Anda juga bisa rajin mengecek social media untuk menemukan informasi tentang Quiz atau Sayembara tersebut. Lumayan, jika anda berkesempatan mendapatkan produk kesukaan atau hadiah dengan gratis, bukan?

6. Bawa Bekal Sendiri Kemanapun Anda Pergi

Bawa bekal makan

Bawa bekal makan

Cara menghemat uang juga sangat mudah dilakukan pada saat anda membawa bekal sendiri ketika kemanapun anda pergi. Terlepas dari apakah bekal tersebut anda sendiri yang membuatnya atau anggota keluarga anda yang membuatnya. Hal ini memang sangat sederhana, tapi sering diabaikan oleh orang-orang. Anda akan menyadari betapa makanan bekal sendiri akan menjadi penyelamat finansial anda yang sangat luar biasa.

7. Hidup Secara Tradisional

Hidup secara tradisional yang dimaksud di sini adalah tidak terpancing untuk membeli barang-barang yang trending saat ini. Jika ponsel 2 tahun yang lalu sampai sekarang masih berfungsi, jangan pernah berpikir untuk membeli Smartphone yang baru. Apabila tas dan celana masih belum sobek, jangan beli tas dan celana yang baru. Apabila baju yang lama masih banyak, jangan pernah berpikir untuk membeli baju yang baru. Hiduplah apa adanya dan jangan terpengaruh untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu anda pentingkan saat ini.

Nah, itulah beberapa panduan yang bisa anda terapkan untuk menghemat uang secara ekstrim. Pada dasarnya ini memang tidak sulit dilakukan, jika anda benar-benar serius dan niat melakukannya dalam hati. Anda pun akan memperoleh keamanan finansial yang dibutuhkan. Coba aplikasikan cara menghemat uang di atas dan lihat betapa banyaknya uang yang ada di rekening anda.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana menghemat uang ekstrim cara menghemat uang menghemat uang

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar