7 Cara Mengajarkan Anak Menabung yang Dijamin Berhasil

Penting sekali untuk mengajarkan anak menabung sejak dini. Dengan mengajarkan menabung ini anak bisa bersikap bijak dengan keuangan yang dimilikinya. Mengapa anak harus menabung sejak dini? Hal itu dikarenakan anak-anak kepribadiannya masih mudah untuk dibentuk. Namun jika sudah besar kemungkinan susah untuk membentuk kepribadiannya. Tidak hanya itu saja, menabung juga akan membuat kehidupan anak lebih baik lagi terutama di masa depan. Saat anak sudah terbiasa menabung sejak kecil saat dewasa dia juga akan menjadi gemar menabung dan memiliki manajemen keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak pernah diajarkan menabung.

Sayangnya menabung ini bukanlah hal yang mudah. Untuk membuat anak bisa rajin menabung harus diberikan contoh terlebih dahulu yaitu orang tua juga harus rajin menabung terlebih dulu sehingga anak akan meniru perilaku orang tua tersebut. Berikut ini ada beberapa cara mengajarkan anak menabung yang bisa dilakukan orang tua:

Mengenalkan Uang

Boy at the table counts money

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah kenalkan uang kepada anak. Masih ada anak yang belum mengenal uang dan juga nominalnya. Memang bagi orang tua yang belum paham pentingnya mengajarkan menabung sejak dini banyak yang menganggap bahwa mengenalkan uang kepada anak adalah materialistis, namun pemikiran tersebut tidaklah benar karena mengenalkan uang merupakan langkah awal supaya anak gemar menabung. Orang tua juga harus mengajarkan bagaimana cara menghitung nominal uang yang dimiliki. Cara ini bisa dilakukan saat balita dimana anak sangat menyukai hal-hal yang baru.

Fungsi Uang

Fungsi uang

Fungsi uang

Cara selanjutnya adalah kenalkan seperti apa fungsi uang, lakukan secara bertahap. Untuk anak yang masih balita kenalkan fungsi uang sebagai media pembayaran yaitu untuk membeli sesuatu harus menggunakan uang tersebut. Semakin bertambah usia anak maka kenalkanlah fungsi uang lebih kompleks beserta dengan contohnya.

Kenalkan dengan Tujuan Keuangan

Upaya sederhana yang bisa dilakukan orang tua agar anak gemar menabung adalah mengenalkan tujuan keuangan kepada anak. Orang tua bisa memberikan contoh sederhana apa yang bisa anak dapatkan dengan menabung sehingga hal ini akan membuatnya semakin keras dan disiplin dalam menabung. Sebagai contohnya dengan tabungan tersebut anak bisa membeli barang yang diinginkan dengan uangnya sendiri. Barang yang dibeli dengan hasil jerih payah anak dengan dibelikan orang tua tentu rasanya akan berbeda. Selain itu dengan mengenalkan tujuan keuangan anak akan tahu bagaimana mengatur uang yang dimilikinya

Menabung dan Belanja

Menabung dan belanja

Menabung dan belanja

Yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak menabung adalah kenalkan perbedaan antara menabung dengan belanja. Hal itu dikarenakan menabung dengan belanja adalah kedua hal yang berbeda dan masih ada anak yang belum mengetahui perbedaannya secara signifikan. Beri pengertian kepada anak tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan menabung, setelah itu juga berikan pengertian jika uang yang dimiliki atau ditabung akan segera habis jika anak membelanjakannya secara berlebihan. Setelah mendengarkan pengertian tersebut anak akan bisa berpikir apakah akan menabung seluruh uang yang dimilikinya, menyimpan uangnya sendiri atau masih tetap ingin membelanjakannya. Jika anak tetap suka membelanjakan uangnya untuk membeli barang yang disukai, jangan memarahinya namun berikanlah pengertian secara perlahan-lahan.

Uang Jajan Bulanan

Trik yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anak gemar menabung adalah berikanlah jatah uang bulanan, jangan setiap hari diberikan uang jajan. Hal ini sudah menjadi trik turun temurun untuk melihat seberapa bisa anak mengatur dan memanajemen uang yang dimilikinya. Anak yang memiliki manajemen keuangan buruk sebelum sebulan uang jajan yang dimilikinya habis, sedangkan anak dengan manajemen keuangan bagus akan bisa membuat uang tersebut cukup sebulan bahkan ada uang sisa yang tidak dibelanjakannya. Setiap anak bisa menyisihkan uangnya berikan reward khusus supaya anak tetap semangat untuk menyisihkan uangnya untuk ditabung.

Ajak Anak ke Bank

Jika uang anak telah terkumpul cukup banyak atau sudah memasuki bangku sekolah orang tua bisa membukakan rekening tabungan untuk anaknya. Berikan pengertian dan pemahaman tentang apa itu fungsi bank dan keuntungan yang bisa didapatkan jika rajin menabung di bank. Jika memungkinkan orang tua bisa mengenalkan berbagai macam produk yang dimiliki oleh perbankan dan fasilitas yang dimiliki oleh produk tersebut.

Mencatat Pengeluaran

Langkah terakhir untuk mengajarkan anak menabung adalah ajarkan untuk mencatat pengeluaran yang dikeluarkannya.  Hal ini bermanfaat untuk anak supaya bisa mencermati apakah pengeluaran setiap harinya berlebihan atau tidak. Catatan keuangan ini juga berpengaruh terhadap konsistensi anak menabung. Jika pengeluarannya berlebihan setiap harinya maka sulit bagi anak untuk konsisten dalam menabung karena semuanya habis dibelanjakan.

Memberikan pengertian dan mengajak anak untuk menabung memang tidak mudah. Namun jika diajarkan sejak dini anak akan familiar dan suka dengan menabung. Untuk mengajarkan anak menabung harus dilakukan dengan cara yang halus dan penuh kasih, jangan memaksakan kehendak karena semakin keras orang tua menyuruh menabung maka semakin keras anak akan menolaknya.

 

 

Загрузка...

Tags: bagaimana mengajarkan anak menabung cara mengajarkan anak menabung mengajarkan anak menabung tips mengajarkan anak menabung

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Mengajarkan Anak Menabung yang Dijamin Berhasil"

    8 Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis
    Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis –
    Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah
    Seiring dengan efektivitas yang dijanjikan, banyak orang
    7 Bank dengan Suku Bunga KPR Paling Rendah Terbaru
    Bank dengan suku bunga KPR paling rendah
    7 Strategi Jika Tidak Mampu Membayar Cicilan KPR Tepat Waktu
    Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR

    Tinggalkan Balasan