6 Cara Mengajari Anak Investasi Sejak Dini

Mengajari anak investasi – Sejak masih dini jangan hanya mengajarkan anak untuk tidak gemar menabung saja, namun ajarkanlah kepada anak caranya investasi.  Anak yang diajarkan bagaimana caranya berinvestasi akan lebih bisa menghargai uang, sehingga tidak akan mudah untuk boros dan menghamburkan uang. Sejak usia 3 tahun anak sudah harus dikenalkan tentang keuangan, sebab tidak ada kata terlalu cepat bagi sang anak untuk tahu tentang keuangan. Jika mulai usia 3 tahun sang anak sudah diajari tentang keuangan seperti investasi, nantinya bisa tumbuh menjadi generasi yang cerdas dalam hal finansial. Lalu pertanyaannya saat ini adalah bagaimana cara mengajari anak investasi?. Bagi orang tua yang ingin memberikan edukasi anak tentang investasi simak caranya berikut ini:

Komunikasi dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

komunikasi dengan anak

komunikasi dengan anak

Cara mengajari anak investasi yang pertama adalah berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Meski investasi adalah topik pembicaraan orang dewasa namun anak pun tetap akan bisa mengerti jika orang tua berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka. Agar anak menjadi tertarik untuk berinvestasi bisa memulainya dengan menceritakan kepada anak bahwa investasi bisa menghasilkan uang dari sejumlah uang. Misalnya saja menjelaskan kepada anak berinvestasi dengan nominal 100 ribu, uang tersebut bisa menjadi bertambah dalam waktu sekian tahun.

Cerita

biarkan anak bercerita

biarkan anak bercerita

Anak sangat suka sekali dengan cerita. Orang tua bisa menceritakan kepada anak tentang kisah Inspiratif orang yang sudah sukses dengan investasi mereka. Selain menjadikan orang lain sebagai sumber inspirasi, orang tua juga bisa menceritakan pengalaman pribadi dengan investasi tersebut. Orang tua pun bisa memberikan harapan untuk masa depan anak, misalnya saja ingin agar anak memiliki pendidikan yang tinggi maka bisa diraih dengan cara ikut investasi.

Cara yang Efektif

gambar investasi

gambar investasi

Daya tangkap anak satu dengan yang lainnya berbeda sehingga orang tua harus tahu bagaimana cara tangkap sang anak tersebut. Apakah anak bisa menangkap apa yang dibicarakan oleh orang tua hanya dengan mendengarkan, atau perlu ditambahkan visualisasi agar anak bisa memiliki gambaran tentang investasi tersebut. Buatlah cara pembelajaran yang efektif agar apa yang orang tua ingin sampaikan kepada anak menjadi tercapai. Akan lebih baik jika orang tua menggabungkan antara mendengar dan melihat, sehingga jangan hanya bercerita saja namun bisa juga dengan memberikan video atau gambar yang ada hubungannya dengan investasi.

Membuat Penasaran

anak saham boeing

anak saham boeing

Jika anak tidak penasaran dengan apa yang orang tua bicarakan maka anak akan malas untuk menanggapi apa yang orang tua bicarakan. Anak juga akan tidak tertarik dengan apa yang akan dibahas oleh orang tua selanjutnya. Mungkin anak bisa saja memasang muka serius, namun apa yang orang tua bicarakan tidak masuk ke dalam pikirannya. Untuk membuat anak tertarik dengan investasi buatlah menjadi semakin penasaran. Cara membuat anak penasaran ini adalah bisa dengan menunjukkan kepada anak bagaimana cara memeriksa saham. Orang tua juga harus memiliki pemahaman tentang saham yang baik sehingga ketika anak bertanya orang tua bisa menjawabnya. Anak akan menjadi lebih penasaran ke investasi jika orang tuanya memiliki saham di perusahaan yang anaknya minati. Jika anak tertarik dengan pesawat orang tua bisa menanam saham di Boeing dan lain sebagainya.

Permainan

Mengajari anak investasi bisa menggunakan permainan saham secara online khusus untuk yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Ketika bermain permainan tersebut orang tua bisa mengikuti pergerakan saham pada permainan itu. Luangkan waktu bersama anak untuk bermain bersama, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika bermain bersama misalnya saja membuat quality time menjadi lebih terasa menyenangkan dan anak bisa paham bagaimana hukum investasi.

Mengajari Beramal

Jangan lupa untuk mengajari anak sikap dermawan sejak kecil. Sebagian uang yang didapatkan, di dalamnya terdapat haknya orang lain. Oleh sebab itu anak menjadi sadar bahwa ada orang di dunia ini yang hidupnya kurang kecukupan sehingga tidak boleh menghamburkan uang.

Mencetak generasi yang cerdas tidak bisa secara instan, namun harus dimulai sejak masih di dalam kandungan. Begitu pula dengan membentuk anak yang cerdas dalam hal finansial bisa dilakukan dengan beberapa hal salah satunya adalah berinvestasi. Orang tua bisa mengajari anak investasi dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas agar sejak dini anak menjadi cerdas dalam hal finansial.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara berinvestasi sejak dini -investasi sejak -langkah langkah agar tercapainya investasi dalam anak usia dini -mengajari anak investasi -mengajarkan investasi sejak dini -

Tags: bagaimana Mengajari anak investasi cara Mengajari anak investasi Mengajari anak investasi dengan mudah tips Mengajari anak investasi trik Mengajari anak investasi tutorial Mengajari anak investasi

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Cara Mengajari Anak Investasi Sejak Dini"

    Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan
    Bisnis cetak foto digital memang menjadi salah
    7 Hal yang Menyebabkan Usaha Bangkrut Internal dan Eksternal
    Hal yang menyebabkan usaha bangkrut harus dihindari.
    6 Tips Menghindari Kerugian dalam Berbisnis Paling Ampuh
    Tips menghindari kerugian dalam berbisnis – Kerugian

    Tinggalkan Balasan