6 Cara Bisnis Kembang Api Agar Safety

Sebenarnya bisnis kembang api cukup menggiurkan. Meski begitu Anda tidak boleh sembarangan dalam membangun bisnis ini, pasalnya sangat berisiko tinggi seperti meledak dan menghilangkan nyawa pekerja. Seperti baru-baru ini pabrik kembang api di Kosambi Tangerang meledak dan menewaskan puluhan pekerjanya. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi takut untuk berbisnis kembang api. Padahal bisnis ini sangat menggiurkan sebab bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar terutama di saat-saat tertentu seperti pergantian tahun baru, pebisnis kembang api bisa meraup ratusan juta rupiah. Agar tidak bernasib sama dengan pabrik kembang api yang adi di Kosambi, simak cara mendirikan bisnis kembang api agar aman berikut ini:

Legalitas

Legalitas

Legalitas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah legalitas. Dikarenakan kembang api ini sangat berisiko tinggi maka akan sedikit rumit untuk mendapatkan izin ini. Mulai dari SITU, IMB dan berbagai macam persyaratannya pun harus dipenuhi dengan baik. Legalitas tersebut harus mendapatkan izin dari dinas setempat. Nantinya dinas akan meninjau apakah bisnis tersebut telah memenuhi standar atau tidak.

SDM Ahli

pabrik kembang api

pabrik kembang api

Cara selanjutnya adalah menggunakan SDM ahli, minimal SDM tersebut harus memilki sertifikat di bidang listrik. Pengetahuannya terhadap listrik akan membantunya dalam merakit bisnis kembang api tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan pabrik kembang api di Kosambi tersebut meledak dikarenakan kurangnya tenaga ahli dan tidak bersertifikat. Di rumah sakit juga ditemukan korban yang mengalami luka bakar dengan usia di bawah umur. Oleh sebab itu pekerjakanlah SDM yang benar-benar ahli dan kompeten.

Bahan Baku Berkualitas

Bahan Baku kembang api

Bahan Baku kembang api

Cara untuk membangun bisnis kembang api yang harus diperhatikan adalah memilih bahan baku yang berkualitas. Memang saat ini bahan baku kembang api produksi lokal belum terlalu bagus. Bahan baku kembang api yang bagus  adalah produksi dari negara Jerman dan juga China sehingga harus diimpor dari kedua negara tersebut. Anda harus memilih bahan baku yang benar-benar berkualitas agar tidak menimbulkan masalah ke depannya.

Pisahkan Bahan yang Mudah Terbakar dari Listrik

Untuk mendirikan bisnis kembang api ini sangat disarankan untuk sangat mengedepankan safety. Cara untuk membuat safety adalah pisahkan bahan-bahan perakitan kembang api yang mudah terbakar dari listrik. Tujuannya agar ketika terjadi hubungan arus pendek atau korsleting tidak menyebabkan percikan api dari listrik tersebut membakar bahan yang mudah terbakar. Jika hal tersebut terjadi maka api akan mudah sekali membakar seluruh ruangan. Selain itu ledakan dari bahan tersebut bisa membuat kebakaran semakin bertambah dengan parah.

Cek Listrik Setiap Hari

listrik rumah

listrik rumah

Sebelum di operasionalkan, tenaga listrik harus mengecek peralatan atau sambungan listrik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan listrik di dalam pabrik. Jangan menunggu sampai ada masalah dahulu baru dicek. Pengontrolan listrik yang tidak terjadwal akan membuat korsleting lebih mudah terjadi. SDM yang ahli dalam kelistrikan juga sangat membantu operasional di dalam pabrik, sebab ketika ada listrik yang korsleting bisa langsung tahu sehingga lebih cepat diatasi.

Pintu Darurat

Agar safety Anda harus memberikan pintu darurat yang bisa mudah diakses oleh karyawan yang ada di dalam pabrik. Lakukanlah simulasi setiap bulannya untuk mengajarkan karyawan bagaimana cara menyelamatkan diri mereka ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu lengkapilah pabrik dengan alarm tanda bahaya dan fire extinguisher harus ada di sudut-sudut pabrik.

Kisah Pebisnis Sukses Perakit Kembang Api

Perakit Kembang Api

Perakit Kembang Api

Pebisnis yang sudah sukses dengan perakitan kembang api adalah Fransiskus Dodi Henrico. Fransiskus sangat suka sekali melihat pesta kembang api yang meriah, kemudian dari kesukaannya ini dia berkecimpung dalam bisnis kembang api. Dalam mencari pengalaman dia bergabung dengan usaha yang menata kembang api di Bali. Lewat usaha tersebut dia belajar bagaimana caranya menata kembang api dan berbagai hal yang berkaitan dengan kembang api.

Setelah 6 tahun merasa cukup ilmu dan pengalaman, dia mulai berbisnis kembang api dengan nama Elang Entertainment di tahun 2010. Jasanya banyak disewa untuk pesta pernikahan, ulang tahun, pembukaan hotel dan lain sebagainya. Dalam setahun Fransiskus bisa mengantongi omzet sebesar 900 juta, sedangkan laba bersihnya adalah 300 juta sampai dengan 400 juta.

Demikianlah cara mendirikan bisnis kembang api agar safety yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Bisnis kembang api -tips jualan kembang api -Jualan kembang api -Usaha kembang api -keuntungan jualan mercon & kembang api -cara jualan petasan -jualan kmbang api -cara bisnis kembang api -peluang bisnis kembang api -cara berjualan kembang api -

Tags: bagaimana Cara mengembangkan bisnis waralaba Cara mengembangkan bisnis waralaba Cara mengembangkan bisnis waralaba 2017 Cara mengembangkan bisnis waralaba 2018 Cara mengembangkan bisnis waralaba terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Cara Bisnis Kembang Api Agar Safety"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    1. author

      Peluang Usaha Agen Eco Racing Penghemat BBM1 tahun agoBalas

      selain bisnis yg ada di artikel ini.. bisnis eco racing penghemat bbm juga sedang booming lhooo… pangsa pasarnya juga sangat besar. karena setiap hari motor dan mobil pun tambah banyak

    Tinggalkan Balasan