Pengertian ERP dan Manfaatnya Bagi Perkembangan Sebuah Perusahaan

Bagi yang sedang mengembangkan sebuah perusahaan, tentunya pengertian ERP dan manfaatnya ini sangat penting bagi Anda. Pasalnya, Anda membutuhkan sebuah sistem perencanaan untuk membantu perkembangan Anda. Anda wajib memahami apa itu ERP dan apa saja manfaat yang akan didapatkan dengan menggunakan ERP pada perusahaan Anda.

Pengertian Mengenai ERP

ERP

ERP

Berbicara tentang pengertian ERP, ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning merupakan sistem perangkat lunak modular yang dirancang dengan fungsi untuk mengintegrasikan dari area fungsional utama dari bisnis suatu perusahaan ke dalam satu sistem yang terpadu. ERP akan menstandarisasi, menyederhanakan dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis seperti keuangan, SDM, pengadaan, distribusi dan departemen lainnya.

Dengan menggunakan ERP ini, sebuah perusahaan akan lebih mudah dalam mengatur bisnis yang mereka miliki. Sehingga sebuah perusahaan tidak kesulitan dalam mengatur pemasukan dan berbagai sumber daya yang mereka miliki dari bisnis yang dijalankan. Pengertian ERP sendiri pertama kali dicanangkan oleh Gartner dengan tujuan untuk mendeskripsikan evolusi pada perencanaan kebutuhan material (MRP) dan juga untuk perencanaan sumber daya manufaktur pada tahun 1990.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem ERP ini, karena tidak mau mengalami kesulitan dalam mengatur perencanaan sumber daya di perusahaan mereka. Ada banyak manfaat yang di berikan oleh sistem ERP ini untuk perkembangan usaha Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat ERP yang akan sangat berguna bagi perusahaan Anda.

Manfaat Penggunaan Sistem ERP di Perusahaan

Peranan ERP

Peranan ERP

Bagi Anda yang sedang kesulitan dalam mengelola sebuah perusahaan yang sedang berkembang, mungkin sistem ERP ini bisa Anda gunakan di perusahaan Anda, karena memiliki banyak keuntungan.

  1. Memperlancar Komunikasi

ERP berperan sebagai pusat data si sebuah perusahaan. ERO tentunya menyimpan berbagai informasi yang sangat penting di sebuah perusahaan. Dengan begitu, baik pemilik perusahaan maupun karyawannya bisa mengetahui permasalahan apa saja yang sedang dialami oleh perusahaan Anda. Hal tersebut sangat penting sehingga tidak ada penghambat yang mempengaruhi perkembangan perusahaan Anda.

Dengan mengetahui semua masalah yang dialami oleh kantor, tentunya semua pihak akan sigap dan dan terbuka untuk segera mengatasi semua masalah tersebut.

  1. Memiliki Efisiensi Yang Lebih Besar

Manfaat dari sistem ERP adalah mampu mengeffisiensikan waktu sehingga mampub menambah produksi pada sebuah perusahaan. Selain mampu mengefisienkan waktu dari sebuah perusahaan, sistem kreatif dan inovatif dari ERP ini mampu meningkatkan komunikasi dan juga melaksanakan berbagai tugas dengan meminimalisir kesalahan. ERP juga mampu memprediksi berbagai data bisnis dalam jumlah yang lumayan besar yang tentunya akan mempermudah pemilik perusahaan beserta timnya dalam melakukan perumusan strategi pemasaran yang update dan kreatif.

  1. Menghemat Pengeluaran

Sistem ERP sudah terbukti mampu melakukan banyak fungsi pekerjaan dan sekaligus menghemat waktu dengan sangat effisien. Dengan begitu, Anda harus mengeluarkan biaya yang tinggi karena sistem ERP ini bisa dikatakan memiliki harga yang sangat murah baik dalam melakukan pengnstalan maupun dalam hal pemeliharaannya. Di era modern ini sudah banyak perusahaan yang memiliki sistem pekerjaan berbeda-beda sehingga harus menjalani proses yang sangat rumit seperti harus melalui proses analisis dahulu lantas kemudian diperbaharui. Dengan menggunakan teknologi ERP ini, semua masalah tersebut bisa teratasi sehingga menghemat banyak pengeluaran.

Tentunya dengan menghemat pengeluaran, Anda tidak akan bingung lagi. Anda bisa memutarkan biaya untuk pengelolaan bisnis ke sektor bisnis lainnya jika Anda menggunakan sistem informasi ERP ini.

  1. Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan

Sebuah perusahaan bisa disebut berhasil ketika mereka mampu melayani pelanggannya dengan baik. Dengan semakin baik pelayanan pada pelanggan, maka pemenuhan kebutuhan pelanggan pun semakin meningkat. Dengan menggunakan sistem ERP ini akan mampu meningkatkan efisiensi karena melakukan pengelolaanya dengan sangat baik. Hal tersebut akan membuat para pelanggan menerima produk  dan jasa yang diinginkan tepat waktu.

ERP sendiri bisa menjadi salah satu faktor yang membantu perkembangan perusahaan Anda dengan cepat. Namun, Anda tetap harus memahami pengertian ERP agar Anda bisa mengoprasikan sistem informasi ini dengan sangat baik. Untuk mendapatkan sistem informasi ERP ini, Anda bisa menghubungi berbagai developer sistem informasi. Sudah banyak produk ERP yang dijual dipasaran dengan berbagai kualitas. Jangan sampai Anda salah menggunakan sistem informasi karena tidak memahami pengertian ERP  selalu cari informasi yang akurat sebelum Anda memutuskan menggunakan sistem informasi ini.

Gunakan ERP untuk memudahkan Anda membuat berbagai perencanaan bisnis, mengelola bisnis dan mengelola berbagai sumber daya yang Anda miliki. Seperti pengertian ERP yang sebelumnya dijelaskan, bahwa sistem informasi ini dibuat untuk memudahkan para pebisnis untuk membuat berbagai kebutuhan bisnisnya mulai dari komunikasi hingga keuangan, jadi sudah pasti sistem informasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang belum berpengalaman dalam mengurus perusahaan.

 

Загрузка...

Tags: pengertian ERP pengertian ERP dan manfaatnya

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar