5 Tips Bisnis Keluarga Agar Berjalan Lancar Tanpa Perselisihan

Tips bisnis keluarga – Berbisnis tidak hanya bisa dilakukan bersama dengan teman saja, namun bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Memang banyak yang enggan untuk berpartner bersama dengan anggota keluarga dikarenakan akan banyak drama di dalamnya. Ketidak cocokkan visi dan misi dalam berbisnis justru membuat hubungan keluarga menjadi terganggu. Selain mendirikan bisnis bersama dengan keluarga, ada juga bisnis warisan keluarga yang harus terus dikelola karena sifatnya yang turun temurun. Jika tidak tahu bagaimana cara mengelolanya, bisnis tersebut akan tutup atau gulung tikar dikarenakan visi dan misi yang tidak sejalan. Akan sangat disayangkan jika bisnis warisan orang tua tidak dilanjutkan karena perbedaan visi dan misi. Oleh sebab itu agar bisnis tetap berjalan dengan lancar, simak tips bisnis keluarga agar bisa bertahan berikut ini:

Bersikap Profesional

bisnis keluarga

bisnis keluarga

Tips bisnis keluarga yang pertama adalah harus bersikap profesional. Sebelum memulai menjalankan bisnis keluarga buatlah pertemuan intern yang membahas tentang masalah apa saja yang bisa dihadapi ketika berbisnis nanti. Tidak hanya itu saja, harus ditegaskan bahwa urusan bisnis harus dipisahkan dengan urusan keluarga. Sikap profesional sangat diperlukan untuk membuat bisnis berjalan dengan lancar. Selain itu ketika ada urusan atau pertemuan keluarga jangan bahas bisnis. Bahaslah bisnis pada waktu yang tepat. Membahas bisnis di pertemuan keluarga bisa memicu konflik yang menyebabkan perpecahan.

Jasa Konsultan Bisnis

Ketika menjalankan bisnis keluarga banyak yang menganggap pendapatnya adalah yang terbaik, padahal belum tentu semua pendapat tersebut bagus. Ego memang menjadi ancaman yang  bisa membuat bisnis tidak bisa berjalan dengan baik, oleh sebab itu sebagai jalan tengahnya bisa menyewa jasa konsultan bisnis yang sudah professional di dalamnya. Jasa ini justru diperlukan ketika bisnis berkembang dengan pesat.

bisnis consultant

bisnis consultant

Saat bisnis berkembang dengan pesat setiap anggota keluarga memiliki pemikirannya masing-masing, misalnya si A ingin bisnisnya begini, si B begini dan si C ingin begini. Semakin banyak keinginan, maka akan kesulitan untuk mencapai mufakat. Oleh sebab itulah diperlukan konsultan bisnis yang berguna untuk merencanakan masa depan bisnis yang lebih baik. Nantinya konsultan tersebut berfungsi sebagai mediator jika perselisihan terjadi di antara anggota keluarga.

Menentukan Peran

bisnis keluarga

bisnis keluarga

Agar bisnis keluarga bisa berjalan sesuai dengan rencana sebaiknya setiap anggota keluarga yang terlibat dalam bisnis memiliki peran masing-masing. Setiap peran tersebut memiliki job desk sehingga jangan ada anggota keluarga yang memiliki peran yang sama. Tips untuk membagi peran anggota keluarga dalam bisnis adalah harus memiliki minat dan juga keahlian di bidangnya. Contohnya saja ada anggota keluarga lulusan akuntansi, maka dia bisa ditempatkan di bagian keuangan.

Jangan Libatkan Semua Anggota Keluarga

pilih anggota keluarga

pilih anggota keluarga

Tips bisnis keluarga agar bisa berjalan dengan lancar adalah tidak perlu melibatkan semua anggota keluarga. Jika keluarganya besar maka akan kesulitan untuk mengoperasionalkan bisnis tersebut, dan kesulitan membagi job desknya.  Pilihlah anggota keluarga yang memiliki minat terhadap bisnis tersebut. Memaksa anggota keluarga untuk ikut dalam bisnis tapi tidak ada minat maka tidak akan ada kontribusi yang bisa mereka berikan. Banyak yang tidak memiliki passion yang kuat untuk membuat bisnis menjadi maju dan berkembang sehingga jika dipaksakan bisnis justru menjadi tidak sehat.

Sesuaikan dengan Pengalaman

Cara terakhir untuk membuat bisnis keluarga bisa maju dan berkembang dengan pesat adalah sesuaikan dengan pengalaman.  Anggota keluarga yang belum memiliki pengalaman atau baru saja lulus dari kuliah tidak boleh langsung ditempatkan di posisi supervisor atau manager meskipun memiliki kepandaian yang di atas rata-rata. Pengalaman adalah guru terbaik oleh sebab itu biarkan dia menempati posisi terbawah terlebih dahulu dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Barulah setelah dirasa mampu bisa ditempatkan di posisi diatasnya setahap demi setahap.

sesuaikan pengalaman

sesuaikan pengalaman

Mengelola bisnis keluarga susah-susah gampang, hal itu dikarenakan anggota keluarga harus memiliki visi dan misi yang sama. Keuntungan berpartner dengan anggota keluarga adalah akan menyenangkan karena sudah mengenalnya lama. Selain itu anggota keluarga juga menjadi orang yang bisa dipercaya. Lakukanlah beberapa tips bisnis keluarga yang telah disebutkan di atas agar bisa bertahan lama dan terhindar dari perselisihan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

https://carainvestasibisnis com/5-tips-bisnis-keluarga-agar-berjalan-lancar-tanpa-perselisihan/ -5 cara untuk usaha keluarga -bisnis keluarga -cara bisnis agar lancar -perselisihan usaha -tips usaha agar lancar -tips usaha pakai anggita -

Tags: bagaimana Tips bisnis keluarga Tips bisnis keluarga Tips bisnis keluarga paling ampuh Tips bisnis keluarga terbaru Tips mengelola bisnis keluarga Tips sukses bisnis keluarga

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Tips Bisnis Keluarga Agar Berjalan Lancar Tanpa Perselisihan"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

    Tinggalkan pesan "5 Tips Bisnis Keluarga Agar Berjalan Lancar Tanpa Perselisihan"