5 Tips Menyewa Ruko Untuk Usaha yang Benar

Tips menyewa ruko untuk usaha – Ruko menjadi salah satu alternatif bagi pebisnis yang ingin membuka bisnis offline atau memiliki bangunan fisik. Selain itu bagi pebisnis yang terkendala modal bisa memilih ruko sebagai tempat operasional bisnis. Hal itu dikarenakan harga sewa ruko jauh lebih murah dibandingkan dengan menyewa bangunan biasa. Ruko ini minimal terdiri dari dua lantai dan bahkan bisa mencapai empat lantai dimana bagian lantai pertama bisa digunakan untuk melayani konsumen atau pelanggan, sedangkan lantai atasnya digunakan untuk bagian manajemen perusahaan sehingga lokasinya bisa terpisah.

Sayangnya memilih ruko untuk dijadikan sebagai tempat usaha ini tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan tips dan juga triknya.  Ada beberapa aspek dari ruko tersebut yang harus dicermati dengan jelas. Bagi Anda yang berniat untuk membeli ruko untuk usaha, simak beberapa tips menyewa ruko untuk usaha yang penting diperhatikan berikut ini:

Legalitas

Legalitas

Cara memilih  ruko untuk usaha yang pertama adalah perhatikan legalitasnya. Tentunya Anda tidak ingin jika ke depannya tersandung risiko gara-gara menyewa ruko yang ilegal.  Selain bisa menyebabkan reputasi bisnis menjadi menurun, menyewa ruko yang ilegal akan merugikan Anda dikarenakan biaya sewa bisa hilang di tengah jalan jika nantinya ruko tersebut harus digusur. Pastikan ruko yang akan Anda sewa tersebut memiliki hak guna bangunan atau sertifikat hak milik. Jika statusnya masih hak guna bangunan perhatikan masa berlakunya. Legalitas lainnya juga ditunjukkan dengan adanya izin mendirikan bangunan yang mana menjadi bukti tertulis jika ruko tersebut bisa digunakan sebagai tempat usaha. Jika pemilik ruko saat ditanya hal tersebut jawabannya berbeli-belit, sebaiknya urungkan niat Anda untuk menyewa ruko tersebut.

Lokasi

Lokasi ruko

Aspek kedua yang harus Anda perhatikan bagi yang ingin menyewa ruko adalah lokasinya. Lokasi ini sangat penting karena berhubungan dengan kelangsungan usaha yang akan Anda lakukan. Anda harus menyesuaikan lokasinya dengan jenis bisnis yang digeluti. Misalnya saja adalah Anda bergerak di bidang kuliner, maka lokasi yang pas adalah gedung perkantoran, sekolah, ataupun perumahan. Berbeda lagi jika usaha atau bisnis yang Anda geluti tersebut adalah otomotif ataupun sembako, Anda harus mencari lokasi ruko yang lokasinya ada di pinggir jalan raya atau jalan utama. Namun jika tujuan menyewa ruko itu untuk kantor suatu usaha, sebaiknya pilihlah ruko yang memiliki kemudahan akses yang tinggi termasuk bisa dilalui kendaraan roda empat.

Harga

Tips menyewa ruko untuk usaha selanjutnya adalah sesuaikanlah dengan harga atau budget yang dimiliki. Selain itu membandingkan harga ruko tersebut juga penting, Anda bisa mencari berapa harga standar untuk ruko tersebut. Jika harga sewa yang ditawarkan di atas rata-rata dari harga yang normal Anda perlu mempertimbangkan lagi apakah akan menyewa ruko tersebut atau tidak. Carilah tahu apa yang membuat harga tersebut berbeda dengan ruko yang lainnya yang mana memiliki tipe atau luas bangunan sama.

Kondisi

Untuk menyewa properti dan juga bangunan lainnya Anda harus memperhatikan kondisinya. Dengan menyewa ruko yang memiliki kondisi interior maupun eksterior yang masih bagus hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda dikarenakan tidak harus memerlukan biaya lagi untuk melakukan renovasi. Jika ruko yang akan disewa tersebut juga pernah dipakai sebaiknya cek fasilitas yang ada di ruko tersebut apakah semuanya masih dalam kondisi bagus atau sudah ada yang rusak. Bagian yang harus di cek adalah lantai kamar mandi, saluran air, atap, kondisi dindingnya bagaimana dan masih banyak lagi lainnya.

Fasilitas

Untuk dijadikan di tempat usaha, silahkan membuat daftar fasilitas apa saja yang Anda perlukan untuk menjalankan operasional bisnis tersebut. Jika bisnis Anda berhubungan dengan penerimaan banyak barang-barang yang masuk maka fasilitas berupa area parkir yang luas ini sangat diperlukan dimana bisa memudahkan angkutan yang membawa barang tersebut masuk ke area depan ruko. Jika bisnis Anda membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi maka pilihlah ruko yang memiliki kapasitas daya listrik yang tinggi pula. Selain itu perhatikan beberapa fasilitas tambahan yang Anda butuhkan dari sebuah ruko yang akan dijadikan sebagai tempat usaha.

Fasilitas ruko

Fasilitas ruko

Tidak hanya cukup sampai disitu saja, namun penting bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah Anda membutuhkan ruko yang benar-benar kosong atau sudah terisi dengan perabotan. Dengan membeli ruko yang sudah ada perabotan di dalamnya Anda tidak perlu repot-repot untuk mengisinya dengan berbagai macam perabotan dan Anda tinggal menggunakannya. Namun harga sewa dari ruko yang sudah ada perabotannya ini cukup tinggi dibandingkan dengan ruko yang non furnished.

Memilih ruko untuk disewa ini memang susah-susah gampang, sehingga Anda tidak boleh buru-buru dalam mengambil keputusan yang mana akan menyebabkan Anda kecewa di tengah jalan. Dengan mengetahui tips menyewa ruko untuk usaha seperti yang disebutkan di atas, diharapkan Anda akan semakin mudah untuk menemukan ruko sesuai dengan usaha Anda.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

apakah cara usaha dengan sewa tempat itu benar ? -cara menyewa dengan benar -tips dan trik sewa tempat usaha di pinggir jalan raya -Yang diperlukan saat mau menyewa ruko -

Tags: tips menyewa ruko untuk usaha tips menyewa ruko untuk usaha 2018 tips menyewa ruko untuk usaha terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Tips Menyewa Ruko Untuk Usaha yang Benar"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan