5 Tips Menghindari Penipuan Bitcoin Paling Efektif

Tips menghindari penipuan Bitcoin – Pemain Bitcoin di Indonesia dari waktu ke waktu selalu meningkat. Selain itu, pemain Bitcoin di dunia pun semakin banyak. Hal itu membuat nilai Bitcoin terus merangkak naik. Secara teori Bitcoin memang bisa turun, namun jika dilihat angka pergerakannya selama ini Bitcoin terus merangkak naik. Oleh sebab itulah ada beberapa oknum yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Salah satu penipuan yang sering dialami oleh pemain Bitcoin adalah SCAM. SCAM ada banyak sekali bentuknya mulai dari Bitcoin Exchange palsu, Bitcoin wallet palsu, phishing dan cloud mining. Kerugian akibat SCAM ini bisa mencapai ratusan ribu dollar. Jika Anda tidak ingin terjebak dalam SCAM, simak tips menghindari penipuan Bitcoin berikut ini:

Mengenali Bentuk Penipuan Bitcoin

Bentuk Penipuan Bitcoin

Bentuk Penipuan Bitcoin

Tips menghindari penipuan Bitcoin yang pertama adalah Anda harus mengenali modus dari penipuan Bitcoin tersebut. Selama peminat Bitcoin masih ada dan terus bertambah maka penipuan tersebut akan terus ada. Mengenali modus penipuan Bitcoin bermanfaat untuk melakukan langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan. Dengan mengetahui modus penipuan Bitcoin, Anda akan tahu bagaimana mempersenjatai diri Anda sesuai dengan jenis modus penipuannya. Sebagai contohnya adalah modus penipuan phishing. Phishing adalah penipuan untuk menipu target agar akun target beralih menjadi miliknya dengan cara mencuri informasi penting dalam akun tersebut sehingga akunnya bisa digunakan untuk keuntungan si penipu tersebut.

Supaya bisa menghindari penipuan dengan modus phishing Anda disarankan untuk tidak membuka link yang sifatnya mencurigakan. Baik itu link yang dikirimkan melalui email, melalui BBM maupun WhatsApp. Jika Anda melakukan klik pada link tersebut akibatnya akun Anda akan mudah di retas. Selain itu ada penipuan sifatnya adalah Ponzi yang akan menawarkan keuntungan dengan waktu yang singkat. Anda disuruh melakukan deposit rupiah ke rekening pelaku SCAM dengan iming-iming uang Anda akan meningkat dengan tajam. Untuk menyikapinya jangan pernah tertipu dengan iming-iming yang menawarkan keuntungan besar.

Hindari Link Aneh

scam link

scam link

Penipuan Bitcoin saat ini semakin beragam. Salah satu penipuan yang paling banyak menjerat korban adalah melalui link. Link tersebut bukan hanya berisi iklan biasa, namun para SCAMMER saat ini lebih canggih untuk menjerat korbannya. Misalnya saja dengan menyertakan kalimat seolah-olah kenal dekat dan memojokkan seperti memberitahukan jika foto Anda telah di edit oleh orang yang tidak bertanggung jawab kemudian dia memberikan link berisi SCAM ke email, BBM atau media sosial Anda. Karena Anda penasaran dengan foto yang di edit tersebut maka Anda bisa saja melakukan klik pada link tersebut, padahal itu sifatnya hanya SCAM. Kalau sudah begitu akun Anda bisa dengan mudah di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Situs Resmi

Agar terhindar dari penipuan Bitcoin yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui situs penyedia Bitcoin resmi dan juga penyedia wallet yang resmi. Yang resmi sudah banyak digunakan orang karena terpercaya. Hindari membeli Bitcoin maupun membuat wallet di situs yang abal-abal dan tidak terpercaya.

Penyedia Layanan yang Transparan

penyedia layanan bitcoin terpercaya

penyedia layanan bitcoin terpercaya

Tanda bahwa penyedia layanan Bitcoin transparan dengan layanan mereka adalah akan terbuka tentang operasionalnya, terdapat bukti audit dari kriptografi serta adanya informasi tentang verifikasi yang membuktikan bahwa layanan Bitcoin tersebut aman. Jika layanan sifatnya hanyalah SCAM maka semuanya tampak abu-abu seperti bagaimana layanannya, identitas perusahaan tersebut seperti apa dan dimana alamat kantornya. Ciri khas layanan SCAM adalah dia tidak akan mudah untuk dihubungi dan CS tidak profesional.

Mengecek Reputasi

Tips menghindari penipuan Bitcoin selanjutnya adalah mengecek reputasi penyedia layanan Bitcoin tersebut. Bitcoin Exchange yang palsu akan sangat terkenal di pengguna Bitcoin, terlebih lagi saat ini ada forum Bitcoin yang bisa digunakan untuk berbagi informasi dan pengalaman. Sehingga jika ada Bitcoin Exchange yang mencurigakan Anda bisa bertanya di forum Bitcoin tersebut. Bagi korban yang telah terkena penipuan pun akan berkeluh kesah di forum tersebut sehingga akan menambah informasi dan pengetahuan Anda tentang Bitcoin Exchange yang palsu.

Demikianlah beberapa tips menghindari penipuan Bitcoin yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

penipuan bitcoin -bitcoin indonesia penipuan -apakah bitcoin penipuan -bitcoin penipuan atau bukan -Penipuan bit -Bitcoin penipu -bitcoin penipuan -bitcoin adalah penipuan -wallet bitcoin penipu -bio coin penipu -

Tags: bagaimana menghindari penipuan Bitcoin bagaimana Tips menghindari penipuan Bitcoin cara menghindari penipuan Bitcoin kiat kiat menghindari penipuan Bitcoin Tips menghindari penipuan Bitcoin trik menghindari penipuan Bitcoin tutorial menghindari penipuan Bitcoin

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Tips Menghindari Penipuan Bitcoin Paling Efektif"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan