5 Tipe Orang Yang Mudah Berhutang Yang Perlu Diwaspadai

Setiap orang memiliki kebutuhan hidup masing-masing, ada yang merasa selalu cukup namun ada pula yang selalu merasa kurang. Saat penghasilan tidak dapat lagi membiayai kebutuhan hidupnya, ada beberapa tindakan yang dilakukan misalnya dengan mencari penghasilan tambahan, mengatur ulang semua pengeluaran, dan sebagian lagi ada tipe orang yang mudah berhutang / meminjam uang pada orang lain.

Tipe orang yang mudah berhutang tentunya ingin Anda hindari dalam pergaulan sehari-hari karena sangat mengganggu kehidupan Anda, hal itu wajar saja karena sebagian besar orang yang berhutang seringkali sulit untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Tipe Orang Yang Mudah Berhutang Pada Orang Lain Yang Perlu Diwaspadai

Secara garis besar, setidaknya ada 5 tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain, yaitu:

Bergaya Konsumtif

Gaya konsumtif harus dihindari karena termasuk tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain bahkan bila kita tidak kuat maka kita pun bisa terbawa pengaruh buruk mereka untuk ikut-ikutan bergaya konsumtif. Tipe ini sering kali menggunakan kartu kredit untuk belanja barang-barang yang sebetulnya tidak diperlukan. Kebiasaan ini akan sangat berbahaya saat dia tak mampu lagi membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo.

Orang Yang Tidak Mau Kalah

Orang semacam ini termasuk tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain karena dia selalu merasa “panas” dan iri hati saat melihat ada orang lain yang melebihi dia. Misalnya bila ada teman yang membeli tas baru maka dia pun segera membeli tas baru pula walaupun sebetulnya dia masih memiliki tas yang bagus.

Orang yang Tidak Bisa Realistis

Siapa sih yang tidak ingin memiliki barang-barang mewah, rumah mewah, mobil keren, liburan ke luar negeri? Memang sebaiknya impian ini dijadikan motivasi agar kita semakin giat bekerja untuk meningkatkan penghasilan dan berinvestasi untuk masa depan. Namun nyatanya bagi sebagian orang yang tidak dapat realistis, mereka sengaja berhutang untuk segera memenuhi impiannya itu tanpa memperhitungkan besarnya penghasilannya. Inilah pemikiran yang membuat orang semacam ini termasuk tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain.

Baca juga: Ternyata Ini Loh Cara Cepat Kaya Menjadi Jutawan

Tidak Memiliki Rincian Anggaran

Membuat rincian anggaran bulanan sangat penting dalam perencanaan keuangan sehingga membuat kita mengetahui pos-pos penting pengeluaran agar tidak melebihi penghasilan. Orang yang tidak pernah membuat anggaran termasuk tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain karena dia termasuk orang yang mudah membelanjakan uang pendapatannya tanpa memikirkan prioritas pengeluaran.

Tidak Memiliki Tabungan

Orang yang tak memililki tabungan juga termasuk tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain. Pada kondisi darurat saat kebutuhan mendesak, orang biasanya menggunakan tabungan untuk memenuhi kebutuhannya, karena tipe orang ini tak memiliki tabungan maka dia pun harus meminjam pada orang lain.

Itulah 5 tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain yang perlu diwaspadai. Apakah ada teman Anda yang termasuk tipe tsb? Atau apakah Anda sendiri? Bila iya segeralah introspeksi dan lakukan perbaikan untuk menghindari hutang sekarang juga karena perlu Anda ketahui kebanyakan masalah sosial yang terjadi saat ini berawal dari hutang.

Baca juga: 9 Tips Menghindari Jeratan Hutang

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara agar tidak mudah berhutang -tipe orang yg sering berhutang -

Tags: Kartu Kredit Pengelolaan Hutang Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Tipe Orang Yang Mudah Berhutang Yang Perlu Diwaspadai"

7 Cara Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif untuk Akhir Bulan
Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif –
4 Cara Membeli Rumah Bekas Dengan KPR yang Benar
Cara membeli rumah bekas dengan KPR –
6 Cara Beli Rumah Dengan Gaji Kecil Minimal 3 Juta
Cara beli rumah dengan gaji kecil –

Tinggalkan Balasan