5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana

Bisakah KTA dibatalkan?, lalu bagaimana cara membatalkan KTA tersebut?. Selama ini masyarakat baru tahu prosedur pengajuan KTA saja namun banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membatalkan pengajuan KTA Tersebut. Sebenarnya untuk membatalkan KTA ini nasabah harus memikirkan dengan matang apakah aplikasi KTA yang diajukan ke bank akan dibatalkan, jika memang sudah mantap untuk membatalkan KTA tersebut nasabah harus bertindak cepat sebab bank bisa saja menolak pembatalan aplikasi KTA yang telah disetujui. Ketika KTA sudah disetujui nasabah harus menanggung konsekuensinya, namun tenang saja tidak semua pembatalan KTA tersebut memiliki konsekuensi yang berat. Berikut ini adalah beberapa cara membatalkan KTA yang bisa dilakukan:

Cara Membatalkan KTA Sebelum Menerima Pinjaman

Cara Membatalkan KTA

Cara Membatalkan KTA

Memang bank tidak akan menjelaskan secara rinci tentang pembatalan kredit ini namun nasabah lah yang dituntut untuk bisa mencari semua informasi yang diperlukan. Nasabah juga dituntut untuk bersikap aktif untuk bertanya tentang cara, syarat maupun konsekuensi yang akan diterima oleh nasabah yang membatalkan kreditnya tersebut. Pada dasarnya pembatalan KTA tersebut terbagi menjadi dua yaitu setelah pemberian dana dan sebelum pemberian dana. Pembatalan KTA ini harus melewati prosedur yang baku. Sebelum dana KTA dicarikan hal ini akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan yang sesudah dana cair.

Bank memiliki waktu untuk pencairan dana KTA masing-masing, mulai dari 2 hari sampai yang terlama adalah 14 hari. Alasan lebih mudah dikarenakan dana tersebut belum masuk ke rekening nasabah sehingga posisi dari peminjam tersebut akan lebih kuat jika terjadi pembatalan KTA. Meski begitu pembatalan ini tidak akan terjadi begitu saja, namun ada beberapa syarat administrasi yang harus diselesaikan oleh nasabah. Nasabah perlu melakukan konfirmasi kepada bank jika ingin melakukan pembatalan KTA. Berikut ini adalah cara membatalkan KTA yang harus dilakukan oleh nasabah:

Menyerahkan Surat Pernyataan

Cara membatalkan KTA yang pertama adalah dengan cara menyerahkan surat pernyataan. Surat pernyataan ini biasanya harus disertakan ketika akan membatalkan KTA. Surat pernyataan tersebut juga sudah bermeterai dan sudah ditangani oleh nasabah kemudian menyerahkan surat pernyataan tersebut kepada pihak bank.  Isi dari surat pernyataan itu adalah tentang pembatalan KTA yang dilakukan oleh nasabah. Bank akan memeriksa dan meneliti surat pernyataan yang diterimanya.

Meminta Identitas Secara Lengkap

Cara membatalkan KTA yang tidak boleh dilewatkan oleh nasabah adalah meminta identitas pegawai bank tersebut. Mintalah nama, nomor petugas dan kalau perlu disertai dengan fotonya. Hal ini dijadikan sebagai senjata bagi nasabah jika sewaktu-waktu bank telah mencairkan dana KTA tersebut ke rekeningnya. Jangan tinggalkan bank jika petugas bank yang menangani pembatalan kredit tanpa agunan belum memberikan identitasnya. Tanyakan pula jabatannya agar lebih mudah mencarinya ketika nanti ada masalah terkait dengan pembatalan KTA ini.

Waktu dan Hari Surat Pernyataan

Nasabah bisa meminta kepada petugas bank tentang surat penerimaan pembatalan kredit tersebut. Di dalam surat penerimaan pembatalan kredit harus ada isian tentang waktu dan hari surat pernyataan tersebut.

Stempel atau Cap

Langkah terakhir dari cara membatalkan KTA yang dananya belum disetujui adalah dengan menerima stempel atau cap. Stempel atau cap tersebut akan menjadi tanda bahwa pembatalan KTA telah disyahkan dan disetujui sehingga jangan sampai kelupaan untuk meminta cap tersebut. Dalam surat penerimaan yang diberikan oleh bank harus ada capnya sebagai tanda kelegalan surat tersebut.

Pembatalan KTA Setelah Dana Cair

Cara membatalkan KTA setelah dana cair lebih rumit lagi bahkan bank terpaksa memberikan konsekuensi kepada nasabah yang mau membatalkan pinjaman KTAnya tersebut. Jika dana sudah ditransfer ke rekening itu tandanya pihak bank sudah menyetujui pinjaman yang diajukan oleh nasabah tersebut dengan begitu nasabah sudah paham jika konsekuensinya adalah tunduk dan patuh terhadap peraturan bank tersebut dalam arti KTA tidak bisa dibatalkan. Bank dan nasabah sudah diikat dengan peraturan yang diberlakukan dalam pinjaman KTA. Peraturan yang harus dipatuhi oleh nasabah tentang tenor waktu pinjaman yang telah disetujui antara pihak bank dengan nasabah, suku bunga per tahun yang telah disepakati oleh nasabah, biaya keterlambatan cicilan, biaya administrasi dan beberapa biaya lainnya.

setelah dana cair

setelah dana cair

Jika bank tidak mau menyetujui pembatalan KTA tersebut maka sebagai nasabah harus melaksanakan kewajibannya yaitu menerima utang tersebut dan mencicilnya. Namun ada juga cara untuk terhindar dari hutang tersebut yaitu dengan cara percepatan pelunasan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika percepatan pelunasan ini nantinya akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh nasabah. Biaya percepatan pelunasan kredit tersebut akan dikalikan dengan sisa pinjaman, misalnya saja adalah jika biaya percepatan pelunasan sebesar 5%, maka akan dikalikan dengan sisa pinjaman.

Faktor Pembatalan KTA

pembatalan KTA

pembatalan KTA

Saat akan melakukan cara membatalkan KTA sebaiknya Anda tahu faktor pembatalan apa saja yang diterima oleh bank. Jika faktor alasannya tidak disetujui oleh bank akibatnya adalah meski dana tersebut belum dicairkan atau dikirimkan ke rekening nasabah maka nasabah tetap harus menerimanya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa diterima bank terkait dengan pembatalan KTA tersebut:

Dana yang Dibutuhkan Telah Tersedia

Alasan pertama yang bisa diterima oleh bank dan membuat seseorang untuk membatalkan KTA yang diajukannya adalah dana yang tadinya dibutuhkan sudah ada. Memang ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut mulai dari pinjam teman, pinjam saudara, atau bisa juga menggadai barang berharga.

Pinjaman yang Lebih Cepat

Jika nasabah memiliki pinjaman yang pencairannya lebih cepat maka nasabah bisa membatalkan KTA tersebut. Ketika benar-benar membutuhkan dana yang mendesak tentu saja sebagai nasabah menginginkan dana yang bisa diterimanya terlebih dahulu. Oleh sebab itu dia berhak membatalkan KTA yang diajukan ke bank  yang dananya belum cair. Selama bank tersebut belum mencairkan dananya maka bisa saja pembatalan tersebut dilakukan karena posisi peminjam lebih kuat.

Dana yang Lebih Rendah

Dana yang didapatkan pada KTA memang tidak besar hal itu dikarenakan tanpa agunan oleh sebab itulah banyak yang merasa plafon kredit yang diberikan kurang memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itulah nasabah berhak untuk melakukan pembatalan di bank yang plafon kreditnya lebih rendah.

Kondisi Keuangan Sudah Stabil

Alasan terakhir pembatalan KTA adalah kondisi keuangan yang sudah stabil. KTA ini bisa digunakan untuk modal bisnis dan berbagai macam kebutuhan keuangan lainnya. Jika keuangan sudah stabil maka nasabah berhak untuk membatalkan pengajuan KTA yang diajukan ke bank. Jika dana belum dicairkan atau dikirimkan ke rekening nasabah berhak untuk melakukan pembatalan.

Sebelum mengajukan KTA ada baiknya jika menanyakan lebih detail tentang bagaimana pembatalan KTA ini sebab jika sewaktu-waktu berubah pikiran nasabah bisa langsung tahu apa saja yang harus dilakukannya. Tanyakan pula konsekuensinya yang bisa diterima oleh nasabah. Cara membatalkan KTA ini sebaiknya dilakukan secara langsung jangan melalui customer service sebab hasilnya tidak akan maksimal.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membatalkan pinjaman online -cara membatalkan pinjaman uang di akulaku -cara membatalkan pinjaman di akulaku -cara membatalkan pengajuan kredit di akulaku -Cara membatalkan pinjaman di kredit pintar -cara membatalkan kredit -cara membatalkan pinjaman tangbul -cara membatalkan pinjaman di tunaiku -cara membatalkan pinjaman diakulaku -apakah bisa pinjaman ke bank di batalkan tapi sudah cair -

Tags: bagaimana cara membatalkan KTA cara membatalkan KTA cara membatalkan KTA dengan cepat kiat cara membatalkan KTA tips cara membatalkan KTA trik cara membatalkan KTA

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan pesan "5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana"