Ini Dia 8 Tips Memulai Bisnis untuk Anak Muda di Era Digital

Tips memulai bisnis untuk anak muda – Saat ini banyak anak muda yang lebih memilih berbisnis dibandingkan dengan menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Selain lebih fleksibel, memiliki usaha sendiri memungkinkan anak muda untuk bisa menjalankan pekerjaan sesuai dengan hobi maupun kegemaran. Para pakar juga meyakini bahwa banyak generasi millennial lebih memilih untuk mendirikan bisnis sendiri.

Angka anak muda yang ingin mendirikan bisnis adalah 16 sampai dengan 30 tahun. Konsep memulai bisnis menyenangkan namun saat sudah menjalaninya bisa membingungkan dan juga membuat kewalahan.

Banyak yang terburu-buru memulai bisnis membuat rencana bisnis tersebut belum matang sehingga hasil bisnis menjadi tidak maksimal. Penting sekali bagi Anda maupun anak muda lainnya yang ingin menggeluti bisnis ini untuk tahu bagaimana cara memulai bisnis yang tepat. Simak beberapa tips memulai bisnis untuk anak muda yang bisa dilakukan berikut ini:

Mengumpulkan Modal

Tips yang bisa dilakukan pertama adalah Anda harus mengumpulkan modal terlebih dahulu. Anda bisa menabung dari gaji Anda dan sebagainya.  Anda juga sebaiknya memiliki sejumlah uang di dalam tabungan Anda. Ide bisnis Anda tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa tabungan atau modal yang cukup bisnis Ada bisa berhenti di tengah jalan.

Mendapatkan Tambahan Dana

Jika Anda kekurangan dana maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mendapatkan tambahan dana. Anda bisa meminjam ke bank atau ke lembaga pendanaan lainnya. Hanya saja cara ini sulit dilakukan oleh pebisnis baru. Bisnis Anda harus menghasilkan terlebih dahulu baru bisa mengajukan dana ke bank maupun lembaga pembiayaan.

Mengajukan ke bank lebih sulit dibandingkan dengan lembaga pembiayaan. Untuk pebisnis muda bisa memanfaatkan fintech P2P untuk mencari investor yang mau menanamkan modalnya ke bisnis Anda. Hanya saja bisnis yang Anda buat ini harus menarik dan juga memiliki visi yang bagus dan dipercaya kedepannya bisa mendatangkan profit tidak hanya untuk Anda namun juga investor.

Buat Rencana Bisnis yang Bagus

Tips memulai bisnis untuk anak muda yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda bisa membuat rencana bisnis yang bagus.  Rencana bisnis ini yang akan membuat bisnis Anda berjalan dengan lancar. Tanpa rencana bisnis yang jelas bisnis yang Anda buat tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas.

Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Tips memulai bisnis untuk anak muda yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda bisa menentukan visi dan misi bisnis yang jelas. Dengan visi dan misi ini Anda jadi tahu apa yang akan bisnis Anda lakukan kedepannya. Visi misi yang menarik inilah yang akan dilihat oleh mitra, klien maupun investor.

Memulai Bisnis yang Disukai

Agar bisnis mendatangkan keuntungan yang lumayan untuk Anda ada baiknya jika menggeluti bisnis yang Anda sukai. Banyak anak muda yang menjadikan hobinya sebagai bisnis. Banyak dari mereka berhasil dengan bisnis berasal dari hobi tersebut. Dengan menggeluti bisnis yang disukai ini Anda tidak akan mudah bosan melakukannya meski berkali-kali berkutat dengan hal yang sama.

Misalnya saja adalah Anda menyukai dunia musik, maka Anda bisa membuka bisnis dengan hobi Anda tersebut. Anda bisa membuka les privat untuk menjadi guru seni musik baik itu vokal maupun alat musik. Selain dalam bidang jasa Anda juga bisa menjual alat musik. Pengetahuan Anda dalam alat musik tersebut bisa Anda jadikan modal untuk mendirikan bisnis yang potensial.

Pelajari Ilmu Bisnis

Supaya Anda bisa menjalankan bisnis dengan maksimal Anda bisa mempelajari ilmu bisnis yang disesuaikan dengan minat Anda. Untuk membangun bisnis ini tidak mudah, ada banyak tantangan maupun hambatan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis.

Hambatan tersebut jangan dijadikan sebagai beban maupun  ketakutan karena semuanya bisa diatasi dengan ilmu. Ilmu bisnis ini tidak hanya bisa didapatkan dari sebuah buku saja namun juga bisa didapatkan dari seminar, training bisnis dan juga bisa didapatkan dari komunitas.

Setiap orang menyukai teknik pembelajaran yang berbeda-beda, Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan Anda. Ada pebisnis yang menyukai belajar ilmu bisnis dari seminar namun ada juga yang belajar dari buku dan sebagainya.

Fokus

Tips yang bisa dilakukan selanjutnya adalah fokus. Jangan pernah Anda tidak fokus dengan apa yang Anda lakukan. Untuk memudahkan fokus Anda maka penting untuk menjalani satu bisnis terlebih dahulu. Bisnis yang baru dibangun dan dirintis membutuhkan fokus dan juga perhatian yang lebih. Jika pikiran Anda banyak cabang dan tidak fokus akan membuat bisnis Anda menjadi rugi dan tidak bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : 5 Contoh Bisnis di Era Digital yang Paling Potensial

Media Promosi Online dan Offline

Tips yang bisa Anda lakukan terakhir adalah membangun media promosi online dan juga offline.  Melakukan promosi saat ini bisa lebih efektif dengan memanfaatkan media pendukung baik secara online maupun offline. Untuk offline Anda bisa membuat selebaran, spanduk dan juga stand banner. Untuk online Anda bisa melakukan promosi di sosial media seperti Facebook, Instagram bahkan Anda bisa promosi di TikTok.

Demikianlah beberapa tips memulai bisnis untuk anak muda yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tags: cara memulai bisnis untuk anak muda Tips memulai bisnis untuk anak muda

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar