11 Tips Memilih Supplier Tepat Bagi Penjual Sistem Dropship

Dalam menjalankan bisnis jual-beli online, ada baiknya jika Anda mempelajari tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship. Seperti kita ketahui, sistem dropship memang tidak lepas dari yang namanya supplier. Dengan adanya peran dari supplier, ketersediaan barang yang akan dijual pada customer dapat terpenuhi dengan baik. Jika Anda mendapatkan supplier yang tepat, dapat dipastikan bisnis Anda akan semakin berkembang. Sebaliknya, jika Anda salah dalam memilih supplier, resiko yang akan timbul adalah barang yang dikirim tidak sesuai pesanan sehingga Anda akan terkena komplain dari customer.

Karena itulah, Anda harus memastikan bahwa supplier yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan bisa dipercaya.  Berikut adalah beberapa tips yang dapat  Anda coba untuk memilih supplier yang tepat pada bisnis dengan sistem dropship:

1.     Cari Informasi dari Sumber-Sumber Terpercaya

Tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship yang pertama kali Anda lakukan adalah mencari informasi tentang supplier yang berkualitas dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti misalnya forum jual beli, komunitas, marketlace, dan lain sebagainya. Anda dapat menggumpulkan informasi tersebut dengan melihat pada komentar orang-orang yang telah membeli produk di toko online tersebut. Di situ Anda dapat melihat apakah para customer merasa puas atau tidak. Setelah itu, Anda dapat menyimpulkan apakah online shop tersebut dapat dijadikan seller yang tepat ataukah tidak.

2.     Dapatkan Contact Person

Untuk membuat Anda merasa yakin dengan toko online yang akan dijadikan sebagai supplier dropship, terlebih dulu Anda perlu membeli barang di toko tersebut agar bisa mendapat contact person seller tersebut. Pastikan seller tersebut dapat dihubungi saat Anda membutuhkan barang.

3.     Cari Tahu Kebijakan dalam Pengembalian Barang

Sebelum menjalin kerjasama dengan supplier tertentu, Anda perlu mencari tahu bagaimana kebijakan yang diberlakukan oleh supplier tersebut dalam menangani masalah pengembalian barang dari pembeli. Dalam kasus tertentu, bisa saja pembeli ingin mengembalikan barang yang kualitasnya kurang baik ataupun ukurannya tidak sesuai. Karena itulah, Anda harus memastikan bahwa supplier yang akan Anda ajak kerja sama memiliki kebijakan terkait persoalan ini.

4.     Pastikan Produk yang Dijual Berkualitas Baik

Sebagai reseller, Anda harus memastikan produk yang dijual oleh supplier tersebut memiliki kualitas produk yang bagus. Caranya adalah dengan membeli terlebih dahulu produk tersebut dari calon supplier. Jika produk tersebut memang memiliki kualitas yang baik, maka Anda dapat mencoba bekerja sama dengan supplier tersebut.

5.     Perhatikan Kualitas Pelayanan yang Diberikan

Tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh calon supplier. Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk memesan produk dalam jumlah kecil sebagai ujicoba untuk melihat bagaimana kecepatan responnya saat Anda hubungi atau bagaimana cara mereka menangani keluhan customer.

6.     Pilih Supplier yang Selalu Aktif

Anda harus memilih supplier yang selalu aktif di dunia online. Salah satu tanda bahwa mereka selalu aktif adalah seringnya mereka mengupdate produk-produk secara berkala di akun jual-beli online mereka.

7.     Pastikan Calon Supplier Menggunakan Teknologi yang Menunjang Kerjasama

Anda harus bisa memastikan bahwa supplier dropsip tersebut telah memiliki teknologi atau sistem yang dapat menunjang kerjasama dengan para reseller. Sayangnya, tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship yang satu ini sering kali tak begitu diperhatikan oleh para pemula. Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk memastikan apakah supplier dropship tersebut sudah memiliki sistem seperti database maupun website untuk memudahkan proses pemesanan dan pengiriman barang atau belum. Jika sudah, maka Anda dapat mencoba untuk bekerjasama dengan supplier tersebut.

8.     Pastikan Waktu Pengiriman Barang Dilakukan dengan Cepat

Sebagai reseller, Anda tak punya keleluasaan untuk mengirimkan barang yang dipesan oleh para customer. Hal tersebut menjadi wewenang dari pihak supplier dropship. Untuk menjaga kredibilitas Anda di mata para customer, pastikan sistem pengiriman standar dari supplier memiliki waktu pengiriman yang paling cepat.

9.     Pilih Supplier yang Mau Melakukan Custom Kemasan Produk

Pilihlan supplier yang mau melakukan custom kemasan produk. Artinya, barang yang dikirim ke customer dari supplier tetap dikemas sebagai produk dari toko online Anda bukan dari toko milik supplier. Untuk itu, pastikan supplier memiliki fitur custom kemasan agar mereka bisa mencantumkan nama toko Anda pada setiap produk yang dikirimkan pada customer.

10. Pilih Supplier yang Berpengalaman

Pengalaman dari supplier sangat berpengaruh pada kualitas produk dan pelayanan yang mereka berikan. Karena itu, cari tahu apakah supplier tersebut sudah berpengalaman dalam menangani para customer ataukah belum. Untuk itu, Anda perlu melihat testimoni dari orang-orang yang pernah membeli produk di sana. Jika testimoninya bagus, Anda dapat bekerjasama dengan supplier tersebut.

11. Pastikan Biaya Pre-Order yang Terlalu Tinggi

Anda harus memastikan bahwa biaya pre-order yang dibebankan pada Anda tidak terlalu tinggi. Pasalnya, jika harga yang dipatok dari supplier sudah tinggi, maka Anda akan kesulitan dalam mencari keuntungan dari penjualan barang tersebut.

Itulah beberapa tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship. Dengan menerapkan tips tersebut diharapkan Anda akan mendapatkan supplier dropship yang benar-benar terpercaya.

 

Загрузка...

Tags: cara memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship tips memilih supplier tepat bagi penjual sistem dropship

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar