Pengertian Asuransi Dwiguna Sebagai Proteksi Masa Depan

Pengertian asuransi dwiguna bisa menjadi referensi tambahan yang dapat anda pelajari sebelum memilih layanan asuransi. Asuransi yang satu ini termasuk dalam kategori asuransi yang bersifat tetap. Dimana didalamnya terdapat dua elemen proteksi yang bisa didapatkan, yaitu proteksi jiwa dan proteksi tabungan. Proteksi jiwa itu sendiri memberikan cakupan perlindungan mulai dari cacat tetap total, kematian, dan lain sebagainya.

Asuransi dwiguna ini memiliki elemen tabungan yang lebih tinggi didalamnya dibandingkan pilihan asuransi jiwa yang lain. Karena memang diterapkan sesuai dengan tujuan awalnya, yaitu mengakumulasikan kekayaan. Perlindungan polis itu sendiri berlaku untuk jangka waktu tertentu, antara lain 10 tahun. Namun, bisa juga diberlakukan sampai usia tertentu, misalnya 60 tahun dan seterusnya. Jika sudah melewati jangka waktu tersebut, maka polis tersebut nantinya akan disebut sebagai jatuh tempo.

Manfaat Dari Asuransi Dwiguna

Pengertian Asuransi Dwiguna

Pengertian Asuransi Dwiguna

Setelah mengetahui pengertian asuransi dwiguna, kini anda pasti ingin mengetahui apa saja manfaat atau keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan asuransi yang satu ini? Simak berikut untuk selengkapnya:

  • Manfaat pembayaran akan dibayarkan dalam kondisi tertanggung mengalami cacat tetap total atau meninggal dalam kondisi polis yang masih aktif.
  • Manfaat pembayaran bisa diperoleh ketika tertanggung masih hidup pada tanggal polis tersebut jatuh tempo.
  • Pihak tertanggung juga bisa mendapatkan manfaat dengan menebus polisnya supaya bisa mendapatkan uang tunai.

Sebagaimana polis asuransi jiwa seumur hidup, pengertian asuransi dwiguna juga erat kaitannya dengan pemberian fasilitas perlindungan yang lebih luas. Piliihan yang bisa diberikan antara lain fitur pinjaman polis, serta non forfeiture. Dikarenakan elemen tabungan yang signifikan, premi polis asuransi jiwa dwiguna ini umumnya lebih tinggi daripada polis asuransi jiwa berjangka dan juga polis asuransi jiwa tipe seumur hidup.

Jenis Polis Asuransi Dwiguna

Klaim Asuransi

Polis Asuransi

Tahapan selanjutnya dari pengertian asuransi dwiguna ini adalah memahami jens-jenis polis apa saja yang bisa anda pilih. Hal ini akan bisa menentukan seperti apakah nantinya pilihan polis asuransi yang ingin anda pergunakan untuk jangka ke depan.

  1. Asuransi Dwiguna Murni

Asuransi yang dikenal dengan sebutan Pure Endowment Insurance ini akan memberikan pembayaran atas suatu nilai tunai tertentu apabila memenuhi syarat. Yaitu apabila pihak tertanggung masih hidup hingga akhir jangka waktu tersebut. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Apabila pihak tertanggung meninggal selama polis berlangsung, maka tidak ada pembayaran yang akan dilakukan.
  • Saat tertanggung meninggal dunia, maka yang diterima nantinya hanyalah uang pertanggungan tanpa nilai tunai.
  • Pilihan polis dwigurna murni ini biasanya diberikan dalam kasus sub standar dimana pihak underwriter melakukan evaluasi terhadap polis terkait karena alasan tertentu. Misalnya melihat sejarah kesehatan dari tertanggung itu sendiri.
  1. Asuransi Dwiguna Terantisipasi

Memiliki nama lain Anticipated Endowment Insurance, pengertian asuransi dwiguna yang satu ini memiliki perbedaan dasar yang signifikan. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari bagaimana polis asuransi terkait akan memberikan pembayaran secara tunai dalam jangka waktu tertentu. Bisa 2 tahun – 3 tahun selama masa aktif polis asuransi terkait. Berikut poin-poin penting dari asuransi dwiguna terantisipasi yang perlu diperhatikan:

  • Untuk pilihan polis yang satu ini, manfaat meninggal tidak akan dipengaruhi pembayaran tunai yang dilakukan secara berkala.
  • Apabila pihak tertanggung meninggal usai mendapatkan pembayaran nilai tunai, maka uang tersebut akan tetap bisa diterima oleh ahli waris.
  • Asuransi ini memiliki sejumlah fitur, salah satunya adalah nilai tunai yang bisa disimpan di perusahaan asuransi terkait. Prosesnya yaitu dengan mengakumulasikan bunga yang bisa meningkatkan nilai tunai polis pada saat jatuh tempo.

Siapa Yang Cocok Menggunakan Asuransi Dwiguna?

Tahapan selanjutnya adalah mengetahui siapa saja yang cocok menggunakan asuransi jenis yang satu ini. Pihak yang cocok untuk menggunakan asuransi yang satu ini antara lain sebagai berikut:

  • Pihak yang memerlukan dana bagi pendidikan anak di masa mendatang bisa menjadi calon pemegang polis asuransi ini.
  • Pihak yang meninginkan untuk memiliki sejumlah dana yang signifikan bagi persiapan kebutuhannya di masa depan.
  • Pihak yang meninginkan supaya memiliki dana pensiun dengan jumlah tertentu sehingga nasib di masa tua lebih terjamin.

Bagaimanapun juga menggunakan layanan asuransi merupakan sebuah hal yang penting. Pasalnya, anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Adanya asuransi akan mampu memberikan perlindungan yang signifikan apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak terduga. Inilah yang nantinya akan bisa diantisipasi dengan menggunakan layanan asuransi terkait. Selektif dalam memilih asuransi juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Khususnya, bagi anda untuk menentukan pilihan asuransi yang terbaik bagi keluarga di masa mendatang. Pemahaman mengenai pengertian asuransi dwiguna bisa menjadi referensi penting.

Загрузка...

Tags: apa itu Asuransi Dwiguna Asuransi Dwiguna manfaat Asuransi Dwiguna Pengertian Asuransi Dwiguna

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar